Ide Bisnis Kerajinan dari Kaleng Bekas yang Anti Mainstream


Plus | Jum'at, 21 Oktober 2022 08:00
Editor : Iwan Tantomi

Kapanlagi.com - Kaleng bekas memang hanya akan menjadi seonggok sampah jika tidak dimanfaatkan. Namun, belakangan sudah banyak orang yang mampu membuat kerajinan dari kaleng bekas. Tak sekadar bernilai seni, tetapi karya tersebut juga mampu mendatangkan keuntungan ekonomi.

Terlebih jika proses pemasarannya bagus dan dijalankan secara berkelompok dalam skala besar, bukan tak mungkin mendatangkan prospek ekonomi yang lebih besar pula. Misalnya, dijadikan produk oleh-oleh khas untuk menunjang pariwisata daerah. Bukan tak mungkin idenya didapatkan dari memanfaatkan sampah kaleng bekas, bukan?


Asal dilandasi kreativitas yang tinggi, barang-barang yang semula tampak tak berguna, dapat disulap menjadi barang seni yang bisa bernilai jual tinggi. Itulah kenapa jangan mengira segala yang sudah tak terpakai, tak bisa didaur ulang kembali menjadi barang baru yang lebih berguna. Termasuk di antaranya, kaleng bekas ini. Berikut ide menariknya!

Cara Menyeleksi Kaleng Bekas untuk Kerajinan

Credit: Shutterstock.com

Sebelum memulai membuat kerajinan dari kaleng bekas, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan kaleng bekas seperti apa saja yang masih bisa dimanfaatkan. Perlu jeli menyeleksinya, seperti kaleng tersebut belum begitu berkarat. Selain itu, kondisinya juga masih bagus, tidak bocor maupun terlalu penyok.

Idealnya, kaleng bekas yang bisa disulap menjadi kerajinan ini berukuran tidak terlalu kecil maupun besar. Akan tetapi, ukurannya sedang, sehingga akan lebih mudah bila dikreasikan maupun dihias dengan beragam pernak-pernik yang menarik. Di samping itu, apabila dijadikan hiasan, hasil karya dari kaleng bekas dengan ukuran sedang ini pun jadi tak memakan tempat, tetapi tetap estetik dilihat.

Beberapa jenis kaleng bekas yang cocok dijadikan sebagai bahan utama untuk kerajinan, antara lain bekas produk buah kalengan, kaleng bekas minuman soda atau minuman ringan, kaleng bekas cat dan sebagainya. Selain itu, kaleng bekas yang masih bagus dengan beragam jenis dan bentuk, juga bisa didapatkan dari pengepul.

Ragam Kerajinan dari Kaleng Bekas yang Anti Mainstream

Credit: Shutterstock.com

Supaya terlihat menarik, kaleng bekas yang dibikin kerajinan perlu memiliki keunikan tersendiri. Ambil contoh membuat karya dari kaleng bekas yang anti mainstream, seperti celengan unik dari kelang bekas. Seperti diketahui, ada banyak jenis celengan yang berasal dari kaleng bekas.

Bahkan, sejak dulu celengan dari kaleng bekas ini sudah dimanfaatkan untuk menabung. Demi memacu semangat untuk menabung, orang-orang pun menghiasnya sesuai kreativitas masing-masing. Ada yang dibungkus dengan kertas bermotif, dicat warna-warni, atau dimodifikasi menjadi kreasi-kreasi unik lainnya.

Beberapa langkah tersebut hanyalah gambaran sederhana saja, tentang bagaimana kaleng bekas bisa disulap menjadi barang yang lebih berguna. Supaya lebih terlihat unik dari lainnya, membuat celengan dari kaleng bekas di masa kini pun perlu sentuhan berbeda. Baik itu secara bentuk, desain hingga kemasannya, bilamana produk tersebut berencana dikomersilkan.

Adapun beberapa ragam karya dari kaleng bekas yang dapat dijadikan ide untuk berkreasi, di samping disulap menjadi celengan unik dari kaleng bekas, antara lain:

1. Jam Dinding yang Bisa Dijadikan Hadiah

Jangan salah, ada banyak kreasi jam dinding yang bisa dibuat dari barang-barang bekas. Salah satunya dari kaleng bekas. Ada banyak inspirasinya di internet. Kaleng bekas bisa dipotong dan dibentuk serupa lingkaran. Kemudian bisa dihias sesuai kreasi dan imajinasi. Baru setelah jadi, ditambahkan mesin jam dan jam dinding dari kaleng bekas ini pun bisa dijadikan sebagai penghias ruang atau hadiah ke orang lain.

2. Lentera Menarik yang Bikin Kamar Eksotik

Di samping itu, kaleng bekas juga bisa disulap menjadi sebuah lentera yang menarik. Biasanya, jenis kaleng bekas yang dimanfaatkan adalah yang tak terlalu tebal. Lubangi kecil-kecil bagian di sekitar kaleng, agar saat diberi lampu ada cahayanya mampu menembus keluar dan memberikan kesan eksotik. Sementara untuk memperindah bagian luarnya, lukislah dengan beragam hiasan yang sesuai dengan kreativitas maupun imajinasi masing-masing.

3. Bunga Hias yang Menarik dan Tahan Lama

Beberapa orang mungkin tidak menyangka jika kaleng bekas, ternyata juga bisa disulap menjadi kerajinan bunga hias. Apabila ingin mencobanya, pilihlah bekas kaleng susu kental manis. Setelah dicuci bersih, kemudian bentuklah menjadi pola-pola yang unik sesuai imajinasi dan kreativitas dengan cara memotongnya. Setelah itu, warnai dengan beragam cat. Keuntungan dari bunga hias dari kaleng bekas ini pun tak hanya beda dari lainnya, tetapi juga lebih awet dan tahan lama.

4. Gantungan Kunci Sebagai Cendera Mata

Biasanya jenis kaleng yang bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan dari kaleng bekas satu ini adalah bekas kaleng soda atau minuman ringan. Bahan yang tipis, membuat kaleng bekas minuman ringan maupun soda ini jadi gampang dibentuk menjadi beragam pola. Bentuklah sebagai gitar, miniatur mobil dan masih banyak lagi lainnya. Jika sukses, kerajinan ini pun bisa dijadikan produk cendera mata yang bernilai seni dan ekonomi.

5. Wadah Serbaguna yang Banyak Fungsinya

Kaleng bekas juga dapat disulap menjadi wadah serbaguna. Sesuai namanya, wadah ini bisa berupa tempat pensil warna, peralatan kantor, maupun tempat sendok di dapur. Jenis kaleng bekas yang bisa dipilih untuk wadah serbaguna dapat disesuaikan untuk fungsinya. Yang pasti, pilihlah yang tebal bahannya, seperti kaleng cat. Tujuannya, agar tak mudah tumpah saat digunakan. Sesuaikan desainnya berdasarkan fungsi dan mau ditempatkan di mana wadah yang dikreasikan dari kaleng bekas ini. Jadi, bisa tetap menarik dipandang.

Peralatan yang Dibutuhkan untuk Bikin Kerajinan dari Kaleng Bekas

Adapun peralatan yang dibutuhkan untuk membuat karya dari kaleng bekas ini amatlah beragam. Di samping kaleng bekasnya sendiri sebagai bahan utama, siapkan pula bahan-bahan pendukung lainnya, seperti cat, lem, kertas bekas, kain perca, tang, dan gunting khusus untuk memotong kaleng bekas yang tipis.

Mengingat karya dari kaleng bekas ini bakal kotor-kotoran, akan lebih baik jika dilakukan di tempat yang tak perlu repot-repot untuk membersihkannya setiap hari, seperti gudang. Selain itu, sediakan celemek pula, agar saat menghias atau mengecat kaleng dengan beragam warna cat, tak sampai menodai pakaian.

Tak sampai di situ, apabila ingin berkreasi dengan pola-pola yang detail dan runcing, berhati-hatilah saat memotong kaleng-kaleng bekas ini. Kendati mungkin bahannya tipis, tetapi kalau tidak teliti dan berhati-hati, tak menutup kemungkinan dapat melukai kulit. Demi keamanan, bisa pula menggunakan sarung tangan karet atau yang berbahan kulit, agar tak mudah tertusuk potongan kaleng bekas saat asyik berkreativitas.

Keterampilan Tambahan untuk Membuat Kerajinan dari Kaleng Bekas

Credit: Shutterstock.com/Akhmad Dody Firmansyah

Beberapa orang mungkin bertanya, apakah berkreasi dengan kaleng bekas ini cukup mudah? Apakah tak menuntut keterampilan lain? Ingatlah, segala hal tak akan pernah tahu sungguhan sulit atau tidak, bila tidak pernah mencobanya sendiri. Begitu juga dengan kerajinan dari kaleng bekas ini.

Sebenarnya tidak perlu tambahan keterampilan khusus untuk merealisasikannya. Tinggal gabungkan keterampilan menggambar desain atau pola yang baik, cara mewarnai menggunakan cat yang menarik, serta cara menggabungkannya satu sama lain dengan lem. Di samping itu, pastikan untuk ulet dan jeli dalam melakukan setiap tahapan maupun prosesnya, agar hasilnya bisa memuaskan.

Sisanya tinggal terus mencoba lagi dan lagi. Jangan mudah berpuas diri dengan keberhasilan pertama. Teruslah mengasah diri agar bisa menghasilkan kreativitas yang lebih baik lagi. Apabila sudah jadi, evaluasi lagi, apakah detailnya sudah tampak nyata. Begitu juga detail pewarnaannya, apakah sudah terlihat mendetail dan sesuai konsep yang diinginkan.

Untuk mendapatkan masukan dari banyak orang, agar bisa menghasilkan karya yang lebih baik lagi, unggah saja karya dari kaleng bekas tersebut ke berbagai platform di internet. Dari situ nanti, bisa diketahui pula, apakah kerajinan yang dibuat sudah sesuai ekspektasi orang lain atau belum. Begitu juga dengan fungsinya, apakah orang tertarik memilikinya? Jika mendapatkan penerimaan yang bagus, itu tandanya bisa dijadikan produk usaha.

Trik Menjadikan Kerajinan dari Kaleng Bekas Bisnis Utama

Akhmad Dody Firmansyah

Tahapan berikutnya adalah bagaimana menjadikan karya dari kaleng bekas tersebut bisa bernilai ekonomi, hingga menjadi bisnis utama di kemudian hari. Tentunya, perlu strategi yang matang, agar produk ini benar-benar layak jual, baik itu pada tahapan pembuatannya hingga proses pemasarannya. Berikut beberapa trik yang bisa dicoba:

1. Risetlah Agar Produknya Unik dan Berbeda

Ketika sudah serius menjadikan karya dari kaleng bekas ini tak sekadar hobi, melainkan sebagai sebuah produk usaha, maka harus dibuat dengan konsep yang matang. Bukan sekadar menggambar pola dan mengecatnya begitu saja. Sebab, jika hanya seperti itu, jangan harap untuk laku dijual.

Sebaliknya, lakukan riset pasar terlebih. Layaknya produk usaha lainnya, para pembuat karya dari kaleng bekas ini tentunya sudah ada banyak di berbagai kota maupun negara. Tinggal pelajari, desain seperti apa yang paling banyak dibeli. Kemudian, padukan dengan kreativitas yang dimiliki, hingga sukses menjadi produk yang terlihat unik, berbeda, bernilai seni dan punya daya tarik untuk pembeli.

2. Perhatikan Kualitasnya Secara Keseluruhan

Sebelum benar-benar membeli, orang mungkin akan berpikir dua kali atau bahkan berkali-kali untuk membeli sebuah produk yang dibuat dari kaleng bekas. Kecuali, desainnya benar-benar luar biasa menarik, hingga orang yang melihatnya tak menyadari jika produk tersebut ternyata dibuat dari kaleng bekas. Di sinilah pentingnya memperhatikan kualitas produk dari segala aspeknya.

Dari aspek desain, bahan-bahan baku yang digunakan untuk membuat kerajinan, sampai pengemasannya sangat perlu diperhatikan kualitasnya. Terlebih pembeli biasanya akan terkesan atau tidak sejak kali pertama melihat kemasannya. Apabila kemasannya menarik, pembeli akan dibikin penasaran dengan kualitas barangnya hingga kegunaannya. Jika aspek-aspek tersebut terpenuhi, pembeli pun dapat merasakan kepuasaan hingga tak ragu menjadi pelanggan.

3. Jangan Setengah-Setengah dalam Memasarkannya

Jika ingin menjadikan karya dari kaleng bekas ini sebagai penghasilan utama, maka sedari awal, perhatikan proses pemasarannya. Jangan setengah-setengah, tetapi lakukan secara totalitas dalam memasarkan produk yang dibuat melalui beragam platform yang ada. Baik itu, dijual dari teman ke teman, melalui koneksi, hingga dipasarkan lewat internet. Langkah-langkah tersebut penting dilakukan, khususnya untuk memaksimalkan bisnis rintisan.

Itulah beragam informasi yang dapat dijadikan inspirasi untuk mengolah sampah kaleng bekas menjadi kerajinan yang bernilai guna, seni bahkan ekonomi. Bilamana segala trik tersebut dapat dilakukan dengan baik, bukan tidak mungkin di kemudian hari, sukses besar diterima berkat jualan produk karya dari kaleng bekas. Bagaimana, siap mencobanya di rumah?

(kly/tmi)

Topik Terkait