Jalan-jalan di Kota Tua Jakarta, 3 Cafe Ini Bisa Jadi Pilihan Nongkrong


Plus | Jum'at, 23 Desember 2022 15:56
Editor : Wuri Anggarini

Kapanlagi.com - Kota Tua Jakarta merupakan salah satu ikon populer yang sampai sekarang masih ramai dikunjungi baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Daya tarik tempat wisata ini adalah bangunan kuno zaman Kolonial Belanda yang tidak hanya menjadi saksi sejarah ibu kota, tetapi juga arsitektur yang indah.

Selain berwisata sejarah ke museum, kamu juga bisa santai sejenak di beberapa kafe di sana. Berikut pilihan cafe di sekitar Kota Tua yang bisa jadi pilihan kamu buat nongkrong.


Kedai Seni Djakarte

(c) Shutterstock/ Christina Desitriviantie

Tempat nongkrong yang satu ini sangat unik karena bangunnya yang klasik bergaya Eropa dengan nuansa hijau. Di sini, tempatnya juga cocok dipakai untuk sekadar nongkrong atau ngopi.

Untuk kamu yang ingin makan berat, kafe ini juga menawarkan menu khas Indonesia seperti, sop buntut, soto betawi, nasi goreng, nasi bakar, dan sebagainya. Harganya pun cukup terjangkau, mulai dari Rp 20 ribuan.

Untuk kamu yang ingin nongkrong di kafe ini, lokasinya berada di samping Museum Fatahillah atau di depan pintu masuk Museum Sejarah. Tepatnya berlokasi di Taman Fatahillah, Jalan Pintu Besar Utara No. 17, Jakarta Barat.

Sunyi Coffee

Suasana Sunyi Coffee Kota Tua Jakarta/Kadek Argyanti P

Berbeda dengan kedai kopi pada umumnya, karena semua pekerja di sini adalah penyandang disabilitas. Mario Gultom, pendiri kafe ini, awalnya membuat tempat ini dengan tujuan untuk merangkul dan memberi kesempatan kepada teman-teman penyandang disabilitas untuk bekerja.

Tak perlu khawatir jika kebingungan saat ingin memesan, karena kamu akan diberikan petunjuk cara memesan kopi dengan bahasa isyarat yang diletakkan di dekat meja pesanan.

Sunyi Coffee menyediakan menu kopi serta non-kopi. Hanya dengan Rp 20 ribuan saja, kamu sudah bisa menikmati minuman di sini. Lokasi kafe ini berada di lantai 2 Gedung MULA kota Tua Jakarta atau tepat di seberang halte transjakarta Museum Fatahillah.

Kopi Es Tak Kie

(c) Shutterstock/Vivi Ramadhani

Rekomendasi selanjutnya adalah kedai Kopi Es Tak Kie. Kedai kopi legendaris ini sudah dibuka sejak 1927. Salah satu kunci yang membuat kedai ini bertahan selama 95 tahun adalah konsisten untuk menjaga kualitas rasa dan bahan pembuatannya

Menunya juga sangat sederhana, ada es kopi susu dan es kopi hitam sebagai andalan yang dibanderol dengan harga Rp 20 ribuan saja. Lokasinya ada di Gang Gloria Glodok, Jalan Pintu Besar Selatan III No.4-6, Jakarta Barat.

Itulah 3 rekomendasi tempat nongkrong di sekitar kawasan Kota Tua Jakarta. Nah, jadi kafe mana yang wajib kamu kunjungi?

(kpl/wri)

Topik Terkait