Jangan Asal-Asalan, Gini Nih Caranya Mengapresiasi Karya Orang yang Benar


Berita | Selasa, 12 Desember 2023 15:45

Kapanlagi.com - Ngomongin soal seni kayaknya nggak bakal ada ujungnya. Soalnya seni ini luas banget dan banyak variasinya. Belum lagi karena setiap seni yang dihasilkan oleh seniman berbeda-beda dan punya daya tarik serta keunikan tersendiri. Karena itulah, banyak seniman yang berharap karyanya bisa diterima dan diapresiasi oleh orang lain.


Meski bukan seniman dan punya pengetahuan yang terbatas tentang seni, tapi kamu bisa kok memberikan apresiasi pada aneka karya yang mengagumkan. Nggak usah yang wah banget, cukup sewajarnya aja kalau emang mau kasi apresiasi ke mereka. Kalau nggak tau, kamu bisa terapin beberapa cara mengapresiasi karya seni berikut ini biar lebih paham lagi. Let s go, cari tahu dulu ada apa saja, ya.

1 dari 4 halaman

1. Ketahui Siapa Pembuatnya

Credit: Shutterstock

Masa mau apresiasi karya orang lain tapi nggak kenal dengan pembuatnya? Ya, malu kali. Walau nggak kenal pun, seenggaknya kamu harus tahu siapa nama pencipta karya seni yang dikagumi itu. Entah mereka berasal dari kalangan seniman elit atau nggak sekalipun. Karena hal inilah yang dinamakan sebagai etika dasar saat ngehargain kekreatifan seseorang dan salah satu cara mengapresiasi karya orang yang patut ditiru.

Intinya, jangan asal FOMO doang dan maunya ikut-ikutan aja buat mengapresiasi karya orang. Karena itu jatuhnya kamu nggak benar-benar mau menanggapi jerih payah seorang seniman. Coba bayangin deh kalau kamu di posisi senimannya, pasti sedih banget bukan kalau dapat perlakuan kayak gini?

Makanya, biar bisa bikin para seniman berbakat tersebut merasa dihargai, kamu pun juga perlu tau cara mengapresiasi karya orang. Yah, salah satunya adalah dengan tahu dulu siapa di balik masterpiece yang kamu kagumi.

2 dari 5 halaman

2. Pahami Seni dari Berbagai Sudut Pandang

Credit: Shutterstock

Yang satu ini juga sering banget dilupain oleh banyak orang. Biasanya, kebanyakan individu menyepelekan sebuah karya karena dianggap aneh dan nggak sesuai dengan selera yang mereka miliki. Padahal, karya seni itu emang banyak macam dan bentuknya aja. Jadi, kalau mau melihat seni dan memahami cara mengapresiasi karya orang, kamu harus punya pemahaman dulu dari berbagai sudut pandang yang berbeda.

Pertanyaannya, emang wajib banget ya ngeliat karya dari berbagai sudut pandang? Wajib dong, soalnya dengan begitu, kamu jadi bisa menghindari perselisihan yang sebenarnya nggak diperlukan. Apalagi karena ribut soal seni ini dianggap kurang etis dan kurang pantas. Dan juga, pertikaian antar penikmat karya seni sebenarnya mengingkari hakikat dari seni itu sendiri, yaitu saling toleransi dan mengapresiasi. Jadi, pahami dan hargailah setiap pandangan orang lain tentang seni, ya.

3 dari 5 halaman

3. Kasih Kritik dan Saran yang Membangun ke Seniman

Credit: Shutterstock

Dalam cara mengapresiasi karya orang, memberikan kritik dan saran untuk seniman jadi suatu hal yang wajar dilakukan. Tapi ingat, hanya karena kamu dibebaskan untuk mengeluarkan opini bukan berarti kamu bisa menjatuhkan para pelaku seniman tersebut. Sikap dan attitude tetap wajib menjadi aspek nomor satu kalau niatnya memberi kritik dan saran kepada orang lain.

Jika kamu mau kasi kritik dan saran itu harusnya yang membangun aja, jangan malah yang menjatuhkan. Dengan setiap kritik dan saran membangun yang kamu beri, para seniman pasti akan bisa berkembang menjadi lebih baik lagi, memperbaiki setiap kesalahan, serta meningkatkan apa yang sudah mereka miliki.

Menyuarakan kritik dan saran dalam cara mengapresiasi karya orang juga bisa dilakukan dengan beberapa cara. Misalnya saja selipkan pujian pada saat memberikan kritik atau saran, gunakan bahasa yang mudah dimengerti, pakai intonasi suara yang nggak provokatif, dan siapkan solusi serta motivasi biar para seniman tetap semangat dalam menciptakan karya-karya luar biasa.

4 dari 5 halaman

4. Bagiin Kisah Inspiratif dalam Seni ke orang Lain

Credit: Shutterstock

Setelah menikmati dan mengagumi karya yang diciptakan oleh para seniman berbakat, mungkin kamu dapat membagikan secuil kisah inspiratif yang terdapat dalam seni mereka kepada orang lain. Biasanya di balik karya seni yang diciptakan oleh seniman, terdapat kisah-kisah unik dan pesan-pesan mendalam di dalamnya.

Kisah ini biasanya datang dari kehidupan pribadi si pencipta atau orang-orang yang ada di sekitar mereka. Nggak ada salahnya jika kamu menyebarkan hal ini kepada orang lain. Siapa tahu orang yang menerimanya bisa mendapatkan motivasi atau inspirasi yang nggak terduga.

Nah, itu tadi beberapa cara mengapresiasi karya orang yang bisa kamu contoh. Mengapresiasi karya orang lain menjadi langkah yang penting dalam membangun hubungan yang positif dan mendukung perkembangan seni dan budaya. Apresiasi juga bukan hanya sekadar kata-kata pujian, tetapi juga mencakup pemahaman mendalam tentang proses kreatif dan nilai-nilai yang terkandung dalam setiap karya. Jadi, sudahkah kamu mengapresiasi karya orang-orang berbakat di sekitarmu?

(kpl/glo)

Topik Terkait