Kapan Hari Ibu di Indonesia Dirayakan? Berikut Tanggal yang Benar - Sejarah Momen Spesial Ini


Berita | Kamis, 21 Desember 2023 11:11
Editor : Dhia Amira

Kapanlagi.com - Hari Ibu di Indonesia adalah perayaan yang penuh kecintaan dan penghargaan bagi para wanita yang menjadi tiang keluarga dan masyarakat. Kapan Hari Ibu di Indonesia dirayakan? Sejak dicanangkan oleh pemerintah pada tahun 1953, perayaan ini menjadi momentum penting untuk menghormati peran ibu.


Terutama dalam membesarkan anak-anak serta menjaga keharmonisan rumah tangga. Hingga, perayaan Hari Ibu sebagai wujud rasa terima kasih atas pengorbanan dan kasih sayang dari sosok ibu. Selain mengetahui tanggal kapan Hari Ibu di Indonesia dirayakan, KLovers juga perlu tahu sejarahnya.

Yuk, simak penjelasan kapan Hari Ibu di Indonesia dirayakan dan sejarah, serta kata-kata indah yang bisa KLovers ungkapkan pada Ibu tercinta. Yuk, langsung saja dicek KLovers.

1 dari 3 halaman

1. Kapan Hari Ibu di Indonesia dirayakan?

Ilustrasi (credit: pexels.com)

Ya, untuk menjawab pertanyaan kapan Hari Ibu di Indonesia dirayakan? Hari Ibu sendiri dirayakan di Indonesia setiap tanggal 22 Desember. Berbeda dengan Mother's Day yang biasanya dirayakan pada bulan Mei di negara-negara, di Indonesia sendiri dirayakan pada bulan Desember tanggal 22.

Tentu saja, Hari Ibu dan Mother's Day memiliki perbedaan, bukan hanya dari tanggal namun juga sejarahnya. Diketahui kalau Hari Ibu berasal dari gerakan feminis yang dimulai pada akhir abad ke-19, dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran akan peran ibu dalam masyarakat.

Sedangkan Mother's Day berasal dari inisiatif individu yang ingin menghormati ibu mereka secara pribadi. Sejarah Mother's Day bermula dari pergerakan feminis pada abad ke-19 di Amerika Serikat. Anna Jarvis, seorang aktivis pejuang sosial, memperjuangkan deklarasi Hari Ibu sebagai hari libur resmi di Amerika Serikat.

Pada akhirnya, Mother's Day ditetapkan sebagai hari libur nasional pada tahun 1914. Sejak saat itu, Mother's Day menjadi momen spesial untuk menyatakan cinta dan menghormati ibu-ibu yang ada di dunia.

2 dari 4 halaman

2. Sejarah Hari Ibu di Indonesia

Ilustrasi (credit: pexels.com)

Bagaimana dengan sejarah Hari Ibu di Indonesia? Setelah mengetahui Kapan Hari Ibu di Indonesia dirayakan, KLovers juga perlu tahu nih sejarah dari Hari Ibu. Bila Mother's Day Day bermula dari pergerakan feminis pada abad ke-19. Maka, Hari Ibu berawal dari upaya organisasi wanita pada awal abad ke-20.

Diketahui, pada tahun 1928, Kongres Perempuan Indonesia pertama kali diadakan di Yogyakarta. Kongres ini merupakan ajang pertemuan para tokoh perempuan dari berbagai wilayah di Indonesia untuk membahas tentang berbagai persoalan sosial, ekonomi, dan politik yang dihadapi oleh perempuan pada masa itu.

Kegiatan Kongres Perempuan Indonesia ini juga menjadi awal dalam perjuangan kesetaraan gender dan hak-hak perempuan di Indonesia. Ada banyak aspirasi yang disuarakan dalam Kongres Perempuan ini seperti, hak untuk mendapat pendidikan, hak untuk bekerja, hak untuk berpolitik, dan hak untuk memiliki kedudukan.

Sejarah Hari Ibu 22 Desember dan Kongres Perempuan Indonesia merupakan inspirasi bagi para perempuan Indonesia untuk terus berjuang demi kesetaraan dan keadilan gender. Selain menjadi sebuah momentum yang bisa kita ingat tentang bagaimana aspirasi perempuan di suarakan, namun juga mengingat pengorbanan para ibu yang ada di Indonesia.

3 dari 4 halaman

3. Kata-Kata untuk Hari Ibu

Ilustrasi (credit: pexels.com)

KLovers tentunya sudah tahu kapan Hari Ibu di Indonesia dirayakan. Nah, bila sudah mengetahui itu, maka ada baiknya KLovers menyiapkan kata-kata indah dan menyentuh untuk ibu kalian. Dan berikut kata-kata indah untuk Hari Ibu yang bisa KLovers gunakan dalam mengungkapkan perasaan terima kasih pada ibu.

1. "Ibu selalu mencoba menyemangatkan pagi, bahkan ayah pun selalu tampak bersemangat, walau hidup terasa berat."

2. "Hati seorang ibu adalah ruang kelas tempat anaknya belajar. Untuk ibu, jangan menjadi lengah. Selamat Hari Ibu."

3. "Cinta ibu adalah yang paling menenangkan. Aku selalu berterima kasih untuk dirimu Selamat Hari Ibu."

4. "Cinta ibu itu seperti kehidupan ini, tanpa perlu engkau minta, tanpa perlu engkau, ia pasti datang dengan sendiri."

5. "Jangan takut untuk membuat sebuah kesalahan. Tapi pastikan kamu tidak melakukan kesalahan yang sama dua kali." -Akio Morit

6. "Tak ada manusia yang menyayangimu melebihi ibu kamu. Dan dia tetap rela menyayangimu meskipun bukan ia yang paling kamu sayangi."

7. "Ketika hati tak menentu, jagalah lidah dari ucapan. Terkadang diam mempunyai peran penting agar tak menyakiti seseorang, terutama dari ibumu."

8. "Hidup ini adalah pilihan yang kamu putuskan. Ibu selalu marah karena dia tidak ingin melihat anaknya melakukan hal bodoh. Tapi, aku bersyukur karena rasa sayang dan rasa pedulimu yang luar biasa, ibu."

9. "Aku menangis tanpa henti ketika ibu pergi, tetapi aku berjanji, aku tidak akan membiarkan air mata merusak senyum yang ibu berikan padaku ketika masih ada."

10. "Aku tidak pernah melihat ada sesuatu sekuat dirimu, aku tidak pernah melihat siapapun se-tegar dirimu, aku ingin suatu hari aku menjadi seperti dirimu, I Love You Mama."

11. "Aku bisa membawakanmu bunga, aku bisa membawakanmu hadiah. Tetapi, cintamu tidak pernah bisa dibalas dengan apapun, karena cintamu adalah cinta yang sebenarnya. Selamat hari Ibu untukmu!"

Itulah penjelasan mengenai kapan Hari Ibu di Indonesia dirayakan. Hari Ibu adalah momen untuk menyadari betapa berharganya peran seorang ibu dalam kehidupan. Ayo tunjukkan penghargaan dan cintamu pada ibu, bukan hanya saat Hari Ibu, tapi setiap hari.

Selamat Hari Ibu untuk semua wanita yang telah menjadi sumber kekuatan, kasih sayang, dan inspirasi bagi keluarga dan masyarakat. Terima kasih untuk semua ibu di dunia! Semoga cinta dan kasih sayang ibu selalu menyertaimu.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP KAPANLAGI.COM BIAR NGGAK KETINGGALAN UPDATE DAN BERITA TERBARU SEPUTAR DUNIA HIBURAN TANAH AIR DAN JUGA LUAR NEGERI. KLIK DI SINI YA, KLOVERS!

(kpl/dhm)

Topik Terkait