Kerap Jadi Momok Buat Si Paling Sibuk, Begini Rahasia Jaga Lambung Biar Nggak Gampang Bermasalah


Berita | Selasa, 24 Oktober 2023 18:00
Editor : Iwan Tantomi

Kapanlagi.com - Kesibukan memang kadang susah dihindari. Bahkan, saking sibuknya kadang sampai lupa makan hingga mengabaikan gaya hidup sehat. Padahal, dampaknya nggak sepele. Nggak jarang, gara-gara telat-tela makan ini lambung jadi kerap mengalami gangguan, seperti sakit maag.


Imbasnya, bukan saja terasa sakit yang mendera, aktivitas pun jadi ikut terganggu karena masalah lambung ini. Oleh karena itu, supaya masalah lambung ini nggak lagi sampai kamu alami, intip rahasianya berikut ini! 

1 dari 4 halaman

1. Pilih Asupan Makanan yang Tepat

Credit via Shutterstock.com

Rahasia pertama yang perlu diterapkan agar masalah lambung tak sering terjadi di tengah kesibukan adalah pilih jenis makanan yang tepat. Mulai dari umbi-umbian, seperti kentang, wortel, lobak atau buah bit; lalu daging, putih telur dan makanan laut.

Konsumsi juga sayuran hijau, seperti brokoli, asparagus, dan seledri. Selain itu, buah yang matang dan tidak terasa asam, seperti semangka dan melon juga bagus dikonsumsi. Makan juga oatmeal yang rendah gula dan kaya serat, untuk membantu menjaga kesehatan lambung.

Sebaliknya, jangan makan makanan yang pedas, berasa asam dan asin berlebihan, serta terlalu berlemak. Sebab, makanan-makanan tersebut dapat merangsang produksi asam lambung, sehingga dapat meningkatkan risiko mengalami gangguan lambung.

2 dari 5 halaman

2. Sajikan Makanan dengan Cara yang Lebih Sehat

Credit via Shutterstock.com

Tak kalah penting untuk diperhatikan adalah cara penyajian makanan. Apabila tak ingin masalah lambung dan sakit maag sering muncul, maka jangan terlalu banyak menambahkan cabai, bawang atau cuka saat masak atau menyajikan makanan. Sebab, hal tersebut dapat memicu kenaikan asam lambung.

Biar lebih sehat, olah makanan dengan cara direbus, dikukus atau dipanggang. Batasi mengonsumsi makanan yang digoreng, karena biasanya banyak mengandung lemak trans dan lemak tak jenuh.

Selain itu, penting juga untuk memperhatikan cara makan. Pengidap masalah lambung sebaiknya makan 4-5 kali sehari dengan porsi kecil. Kunyah secara perlahan. Cara tersebut diketahui efektif untuk mencegah gejala naiknya asam lambung, seperti mual dan perut kembung. Penting untuk diingat juga, jangan langsung tidur setelah makan, karena bisa memicu gejala heartburn atau rasa panas di dada hingga mual. Tidurlah 2-3 jam setelah makan.

3 dari 5 halaman

3. Kurangi Asupan Kafein Saat Berkegiatan

Credit via Shutterstock.com

Bagi orang yang selalu berjibaku dengan kesibukan, asupan kafein mungkin sudah seperti bagian dari rutinitas sehari-hari. Namun, jika punya gangguan lambung, sebaiknya mulai mengurangi asupan kafein saat berkegiatan.

Pasalnya, kafein bisa menyebabkan bagian bawah cincin otot kerongkongan lebih rileks, sehingga asam lambung jadi lebih mudah naik ke kerongkongan. Akibatnya, dada atau tenggorokan jadi terasa panas.

Di samping itu, jangan pernah minum kopi dalam kondisi perut kosong. Sebab, asupan kafein dapat meningkatkan keasaman perut, sehingga dapat memicu gejala perut mulas dan gangguan pencernaan lainnya. Kafein sendiri tak hanya terdapat pada kopi, tetapi juga dalam teh. Jadi, bijaklah mengonsumsi asupan kafein jika punya masalah lambung.

4 dari 5 halaman

4. Kelola Stres dengan Baik

Credit via Shutterstock.com

Tahukah kamu, jika masalah lambung ternyata tidak hanya disebabkan karena pola makan yang buruk saja? Kenaikan asam lambung ternyata juga dapat dipicu oleh stres berlebihan. Oleh sebab itu, kelola stres dengan baik. Terapkan work life balance, agar waktu tak habis buat bekerja atau berjibaku dengan kesibukan saja.

Tingkatkan suasana hati dengan melakukan hobi yang digemari, seperti olahraga, nonton film, belanja dan lainnya. Selain itu, jagalah berat badan tetap ideal. Pasalnya, berat badan berlebih cenderung lebih mudah mengalami gejala asam lambung. Ini karena kelebihan berat badan dapat meningkatkan tekanan asam lambung, sehingga bisa mendorong asam lambung naik kembali ke kerongkongan.

Itulah beberapa rahasia jaga lambung biar nggak mudah bermasalah yang bisa diaplikasikan. Apabila masalah lambung tiba-tiba mendera di tengah-tengah padatnya kesibukan misalnya, kamu bisa mengatasinya dengan minum obat maag ampuh, seperti Esemag dari Sido Muncul. Obat herbal tersebut hadir dalam kemasan cair dan tablet kunyah yang dapat diandalkan untuk membantu mengatasi gangguan lambung.

Ini karena obat maag berkhasiat tersebut dibuat dari herbal alami, seperti kunyit yang mengandung zat aktif curcuminoid. Zat aktif tersebut memiliki aktivitas antiulcer untuk mengurangi peradangan dan mengurangi produksi asam lambung.

Di dalam obat maag tersebut juga terdapat kandungan licorice atau akar manis untuk meningkatkan lapisan mukosa yang berfungsi untuk melindungi lambung. Lalu, ada kandungan meniran yang berperan sebagai anti inflamasi dan juga melindungi lambung. Kandungan kian lengkap, karena ada madu yang berfungsi untuk mengatasi masalah pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Esemag bisa didapatkan di toko dan apotek terdekat, serta secara online di www.sidomunculstore.com dan Sido Muncul Store di online marketplace atau bisa langsung klik di sini.

(kly/tmi)