Makanan Khas Jawa Tengah yang Wajib Dicicipi, Bukan Cuma Lumpia Saja Lho


Berita | Jum'at, 29 September 2023 20:03

Kapanlagi.com - Jawa Tengah menjadi salah satu destinasi daerah yang sering dikunjungi oleh para wisatawan, baik dari lokal maupun mancanegara. Provinsi tempat Candi Borobudur ini berada memang nggak pernah gagal untuk memanjakan mata siapapun yang mendatanginya. Bahkan, Semarang sebagai ibu kotanya juga nggak luput dari perhatian para pengunjung berkat keindahan arsitektur bangunan zaman Belandanya yang masih berdiri kokoh di tengah kota.


Walau begitu, provinsi yang terletak di sentra pulau Jawa ini ternyata juga memiliki ragam kuliner yang mampu membangkitkan selera banyak orang, lho. Selain lumpia yang memang terkenal menjadi salah satu makanan khas Jawa Tengah, ini dia beberapa rekomendasi hidangan lainnya yang bisa kamu cicipi. Apa saja, ya?

1 dari 4 halaman

1. Soto Kudus

Credit: Shutterstock

Soto Kudus jadi salah satu makanan yang populer di Jawa Tengah. Bumbunya yang gurih ringan dan suwiran daging ayam di dalamnya yang empuk memang cocok banget untuk mengisi perutmu yang lapar. Sajian satu ini biasanya dihidangkan dengan kuah yang lebih bening dan seporsi nasi putih yang hangat. Yang membedakan soto Kudus dari soto ayam lainnya adalah cara penyajiannya yang menggunakan mangkuk porselen China berukulan kecil.

2 dari 5 halaman

2. Nasi Gandul

Credit: Shutterstock

Nasi gandul menjadi kuliner selanjutnya yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Jawa Tengah. Makanan khas daerah pati ini merupakan nasi uduk yang diberi kuah gurih segar dan beberapa tambahan lauk, seperti daging sapi dan tempe. Dengan aroma wangi khas daun pandan dan rasanya yang begitu nikmat, pastinya akan membuatmu tergoda dan nggak tahan untuk segera menyantapnya.

3 dari 5 halaman

3. Lumpia Semarang

Credit: Shutterstock

Siapa sih yang nggak kenal dengan lumpia Semarang? Jajanan tradisional bisa ditemukan di kota Semarang ini memang terkenal banget akan kenikmatannya. Camilan satu ini biasanya terbuat dari isian rebung, telur, udang kering, dan daging ayam, lalu dibalut menggunakan kulit lumpia yang tipis. Rasanya yang asin namun enak ini akan sanggup bikin kamu ketagihan dan nggak mau berhenti untuk terus menyantapnya. Apalagi kalau dimakannya sambil dicocol saus sambal super pedas. Wah, pastinya puas banget.

4 dari 5 halaman

4. Tengkleng Gajah

Credit: Shutterstock

Masakan khas Jawa Tengah yang terakhir adalah tengkleng gajah. Meskipun memiliki unsur gajah di dalamnya, namun sajian ini sendiri nggak menggunakan daging gajah, ya. Makanan ini merupakan olahan daging kambing dengan berbagai bumbu rempah, seperti bawang kunyit, ketumbar, bawang merah, bawang putih, dan sebagainya. Namun, karena penyajiannya dalam porsi yang besar, makanan ini kemudian disebut sebagai tengkleng gajah. Jika kamu tertarik untuk mencobanya, maka ada varian tengkleng gajah bakar dan tengkleng gajah kuah. Cicipi sesuai seleramu, ya.

Well, itu tadi beberapa makanan khas Jawa Tengah yang wajib dicicipi. Jadi, kamu nggak perlu bingung lagi deh mau makan apa saat berkunjung ke daerah ini.

(kpl/glo)