Manfaat Buku Agenda untuk Mengatur Jadwal Kegiatan, Ketahui Tips Sebelum Membeli dan saat Menulis


Berita | Rabu, 5 April 2023 20:11

Kapanlagi.com - Buku agenda bisa jadi barang yang sangat berguna untuk kalian yang punya segudang kesibukan. Apalagi jika kalian tergolong tipikal orang yang pelupa, buku agenda bisa membantu kalian mengingat-ingat jadwal aktivitas penting beberapa hari ke depan. Dengan buku agenda, kalian tak perlu khawatir melewatkan janji atau acara penting.


Sayangnya, menulis buku agenda masih jadi hal yang cukup jarang dilakukan sampai saat ini. Banyak orang yang menganggap, mencatat jadwal di buku agenda merupakan hal yang cukup ribet. Padahal meski terkesan agak ribet, mencatat di buku agenda bisa memberi banyak manfaat. Apa sajakah manfaat itu?

Untuk mengetahuinya, langsung saja simak ulasan tentang manfaat mencatat di buku agenda dan tips memilih buku agenda berikut ini

1 dari 3 halaman

1. Manfaat Buku Agenda

(credit: unsplash)

Di awal sudah disinggung, beberapa kegunaan dari buku agenda. Pada intinya, buku agenda akan sangat membantu penggunanya menyusun jadwal kegiatan. Namun selain itu, ternyata masih ada banyak manfaat lainnya dari menulis buku agenda. Berikut beberapa manfaat menulis buku agenda.

1. Memudahkan dalam Mengatur Jadwal

Beberapa kali disinggung di awal, buku agenda akan memudahkan dalam mengatur jadwal. Dengan buku agenda, kita bisa menjadwalkan berbagai kegiatan. Kita bisa menyusun jadwal berdasarkan prioritas satu tingkat kepentingannya dan berdasarkan ketepatan waktu.

2. Melatih Kedisiplinan

Buku agenda akan membuat jadwal kegiatan kita lebih terstruktur dan tertata. Sehingga, secara tak langsung menulis buku agenda juga akan melatih kedisiplinan. Dalam berkegiatan, kita bisa mengikuti jadwal yang sudah tertulis. Dengan begitu, kita bisa menyelesaikan setiap tugas tepat waktu.

3. Meningkatkan Efektivitas

Jika tujuan melatih kedisiplinan sudah tercapai, maka itu berarti kita telah efektif dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Setiap kegiatan kita jadi lebih terorganisir dan tidak ada waktu yang terbuang begitu saja.

3. Meningkatkan Produktivitas

Tak hanya efektivitas, menulis agenda kegiatan pada buku agenda, juga akan membatu kita meningkatkan produktivitas. Sebab saat melakukan setiap pekerjaan dengan efektif, setiap waktu dan tenaga yang kita miliki bisa dimanfaatkan secara maksimal.

5. Menjadi Salah Satu Cara Manajemen Stres

Menulis agenda kegiatan di buku agenda juga bisa jadi salah satu cara manajemen stres. Dengan mencatat setiap kegiatan ke depan di buku agenda, kita akan lebih terarah dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan dan mencapai suatu tujuan. Sehingga, apa yang kita kerjakan akan lebih terasa mudah dan menyenangkan.

 

 

2 dari 4 halaman

2. Tips Menulis Jadwal Kegiatan di Buku Agenda

(credit: unsplash)

 

Tak bisa dipungkiri, menulis jadwal di buku agenda memang bukanlah hal yang mudah dilakukan. Apalagi bagi seseorang yang belum biasa melakukannya, dan selama ini lebih sering melakukan segala sesuatu secara spontan. Nah, jika kalian termasuk orang yang semacam ini, berikut beberapa tips dalam menulis jadwal kegiatan di buku agenda.

1. Menetapkan Tujuan yang Ingin Dicapai

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, ada beberapa manfaat yang bisa dicapai dengan menulis buku agenda. Mulai dari efektivitas, produktivitas, hingga kedisiplinan. Semua manfaat tersebut ternyata tidak bisa dicapai satu kali waktu. Untuk memudahkan prosesnya, ada baiknya tetapkan salah satu tujuan yang hendak dicapai terlebih dahulu.

2. Memilih Buku Agenda Sesuai Kebutuhan

Di toko kita bisa menjumpai berbagai macam bentuk buku agenda. Oleh karena itu, kalian harus bisa memilih buku agenda yang sesuai dengan kebutuhan. Dalam hal ini, kebutuhan tersebut bisa disesuaikan dengan tujuan yang ingin kalian capai.

3. Buat Jadwal Rutin

Untuk memudahkan, sebaiknya buat jadwal rutin untuk menuliskan jadwal kegiatan beberapa hari ke depan di buku agenda. Kalian bisa menjadwalkannya di awal minggu, atau beberapa hari sekali sesuai kebutuhan.

4. Urutkan Sesuai Prioritas

Urutkan setiap jadwal kegiatan dibuku agenda kalian berdasarkan prioritasnya. Urutkan dari yang paling penting atau mendesak untuk dikerjakan. Tuliskan kegiatan-kegiatan tersebut berurutan sesuai waktunya, agar tidak ada terlewatkan.

5. Lakukan Secara Fleksibel

Untuk pertama kali, tentu menulis buku agenda akan terasa sangat berat untuk dilakukan. Karenanya, jangan terlalu kaku dalam mengatur jadwal kegiatan kalian. Kalian bisa menuliskannya secara fleksibel menyesuaikan dengan situasi yang tidak terduga.

6. Lakukan Evaluasi

Untuk efektivitas, kalian bisa melakukan evaluasi jadwal secara rutin. Evaluasi tersebut bisa dilakukan setiap kali kalian akan memperbarui jadwal atau agenda kalian selanjutnya. Evaluasi berguna untuk meningkatkan kedisiplinan, efektivitas, dan produktivitas.

 

 

3 dari 4 halaman

3. Tips Memilih Buku Agenda

(credit: unsplash)

Di toko buku banyak dijual buku agenda dengan berbagai desain yang lucu dan menarik. Namun jangan asal membeli buku agenda yang lucu dan menarik secara desain. Kalian harus memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan membeli buku agenda. Berikut beberapa tips dalam memilih buku agenda.

1. Pilih Sesuai Kebutuhan

Sebelum melihat desain yang lucu dan menarik, pastikan kalian memilih buku agenda yang sesuai dengan kebutuhan. Dimulai dari ukuran, pastikan terlebih dahulu Apakah kalian membutuhkan buku agenda yang besar atau kecil. Kemudian secara format, apakah kalian membutuhkan halaman harian atau mingguan, dan sebagainya.

2. Perhatikan Desainnya

Jika sudah ditemukan buku agenda yang sesuai kebutuhan, selanjutnya kalian bisa memperhatikan desainnya. Kalian bisa memilih buku agenda dengan desain tampilan sesuai selera. Tapi, karena akan digunakan dalam jangka panjang, maka pastikan buku agenda tersebut mempunyai desain yang nyaman saat dibaca.

3. Perhatikan Kualitasnya

Selain kebutuhan dan desain, yang tak kalah penting untuk diperhatikan saat memilih buku agenda adalah kualitasnya. Ada banyak buku agenda yang punya desain menarik, tapi dibuat dengan kualitas yang kurang. Maka, pastikan buku agenda terbuat dari bahan yang berkualitas, sehingga tahan lama dan awet.

4. Pertimbangkan Harganya

Buku agenda rata-rata dibandrol dengan harga yang relatif mahal. Maka dari itu, kalian harus mempertimbangkan harga atau budget. Jangan tergiur membeli buku agenda dengan desain lucu tapi tidak worth it untuk dibeli. Kalian bisa menyesuaikan, membeli buku agenda dengan harga yang sesuai budget.

Itulah di antaranya ulasan tentang manfaat menulis buku agenda. Dan, beberapa tips dalam menulis dan membeli buku agenda. Semoga bermanfaat!

 

 

(kpl/gen/psp)

Topik Terkait