Mengenal Fengshui atau Primbon China yang Masih Dipercaya Sampai Sekarang, Ketahui Unsur-unsurnya 


Berita | Kamis, 30 November 2023 16:22

Kapanlagi.com - Ramalan sudah jadi bagian dari budaya bangsa di dunia. Seperti di Jawa misalnya, masyarakat sangat meyakini primbon sebagai kitab yang bisa meramalkan nasib dan masa depan seseorang. Tak jauh beda dengan Jawa, di Tionghoa atau China juga terdapat hal serupa yang disebut Fengshui. Fengshui atau primbon China juga meramalkan berbagai hal.


Fengshui atau primbon China sudah ada sejak berabad-abad lalu. Sampai sekarang pun, Fengshui masih sangat dipegang dan diyakini kebenarannya. Tak hanya orang Tionghoa yang tinggal di China daratan sana, ramalan Fengshui juga masih dipercaya oleh para keturunan Tionghoa di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia.

Sama seperti primbon, sebagai bagian dari budaya, Fengshui juga jadi hal yang sangat menarik untuk dipelajari. Jika kalian ingin tahu lebih dalam apa itu Fengshui, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1 dari 3 halaman

1. Pengertian Feng Shui Atau Primbon China

Pengertian Feng Shui Atau Primbon China (credit: unsplash)

Fengshui istilah asli bahasa China yang jika diartikan berarti angin - air. Feng shui adalah praktik kuno Tiongkok untuk menciptakan harmoni dan keseimbangan di sekitar seseorang. Dipercayai bahwa dengan menyusun elemen-elemen dalam suatu ruang dengan cara tertentu, seseorang dapat menarik energi positif dan keberuntungan.

Pengertian Fengshui juga merujuk pada keyakinan bahwa tata letak benda-benda dalam suatu ruang dapat mempengaruhi aliran energi di lingkungan itu. Dalam kepercayaan Fengshui ada prinsip bahwa penempatan objek, perabotan, dan struktur bangunan dapat memengaruhi kesejahteraan seseorang. Dengan kata lain, mengatur ruang dengan baik diyakini dapat menarik energi positif, chi, dan menciptakan lingkungan damai.

Ada prinsip utama Fengshui, seperti seimbangnya lima elemen dan penggunaan warna serta bentuk untuk meningkatkan aliran energi. Praktik ini juga menekankan pentingnya membersihkan dan mengorganisir ruang untuk mengizinkan aliran energi yang lancar.

Banyak yang menemukan bahwa menerapkan prinsip-prinsip Fengshui dapat meningkatkan kejelasan dan kesejahteraan mereka. Meskipun skeptisisme ada, lingkungan yang seimbang secara energi dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang secara keseluruhan.

2 dari 4 halaman

2. 5 Elemen Fengshui

Ilustrasi 5 Elemen Fengshui (credit: unsplash)

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Fengshui atau primbon China mengandung 5 elemen di dalamnya. Keberadaan 5 elemen ini dengan komposisi dan tata letak yang tepat di rumah diyakini bisa mendatangkan kedamaian serta kemakmuran. Berikut 5 elemen dalam Fengshui:

1. Elemen Kayu

Elemen kayu melambangkan pertumbuhan dan vitalitas, sering digunakan untuk melambangkan ekspansi dan permulaan baru. Terkait dengan energi dari Timur, menciptakan kreativitas dan inovasi.

2. Elemen Api

Elemen api terkait dengan gairah, transformasi, dan energi. Dipercayai membawa kehangatan dan vitalitas dari energi Selatan, sering dikaitkan dengan kesuksesan dan kelimpahan.

3. Elemen Tanah

Elemen tanah melambangkan stabilitas dan nutrisi. Berkaitan dengan energi Pusat, membawa stabilitas dan keamanan, terkait dengan musim panas akhir dan panen.

4. Elemen Logam

Elemen Logam melambangkan kekuatan dan ketepatan. Terkait dengan energi Barat, membawa kejelasan dan fokus, dikaitkan dengan musim gugur dan melepaskan.

5. Elemen Air

Elemen air melambangkan aliran dan refleksi, membawa rasa kelimpahan dan kedamaian dari energi Utara, terkait dengan musim dingin dan penyimpanan energi.
3 dari 4 halaman

3. Fengshui tentang Rumah

Ilustrasi Fengshui tentang Rumah (credit: unsplash)

Fengshui Rumah, juga dikenal sebagai ilmu warisan masyarakat Tionghoa kuno, adalah suatu praktik yang telah ada selama ribuan tahun. Konsep ini berasal dari pengamatan alam dan cara untuk menciptakan keseimbangan dan harmoni dalam lingkungan rumah. Fengshui diyakini dapat meningkatkan keberuntungan, kesehatan, dan kebahagiaan bagi penghuninya.

Terkait rumah, kepercayaan Fengshui atau primbon China sudah meliputi sejak proses pembangunan rumah. Dengan konsep Fengshui diperhatikan keberadaan kelima elemen Fengshui. Fengshui juga mengatur keseimbangan dan harmoni dari penempatan furnitur dan arsitektur rumah. Fengshui sangat memperhatikan pergerakan energi atau chi melalui ruang-ruang rumah dan bagaimana hal ini dapat memengaruhi kehidupan penghuninya.

Selain itu, Fengshui Rumah juga memperhatikan warna dan dekorasi rumah. Warna-warna tertentu diyakini dapat mempengaruhi mood dan energi penghuninya. Selain itu, simbol-simbol tertentu seperti cermin, tanaman, dan air juga diperhatikan dalam praktik Fengshui.

Karenanya, banyak yang masih mempercayai konsep ini dalam pembangunan rumah mereka dan konsultasi dengan ahli Fengshui.

Itulah di antaranya ulasan terkait Fengshui atau primbon China yang biasa dipakai dalam membangun dan mengatur rumah. Semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa penasaran kalian selama ini!

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP KAPANLAGI.COM BIAR NGGAK KETINGGALAN UPDATE DAN BERITA TERBARU SEPUTAR DUNIA HIBURAN TANAH AIR DAN JUGA LUAR NEGERI. KLIK DI SINI YA, KLOVERS!

(kpl/psp)

Topik Terkait