Mitos Perkutut Keruk Bumi Menurut Primbon Jawa, Simak Jenis-Jenis Kutut Katuranggan Lainnya


Berita | Jum'at, 26 Januari 2024 11:33

Kapanlagi.com - Menurut primbon Jawa, burung perkutut merupakan salah satu jenis binatang yang cukup istimewa. Pasalnya, ada beberapa jenis burung perkutut berkaitan dengan mitos-mitos di Jawa. Di kalangan masyarakat Jawa, burung-burung perkutut istimewa tersebut disebut perkutut Katuranggan. Dalam primbon, burung perkutut katuranggan pun banyak jenisnya. Perkutut keruk bumi adalah salah satu contohnya.


Perkutut katuranggan begitu diagungkan masyarakat Jawa. Kehadiran burung ini sering dikaitkan dengan berbagai mitos. Beberapa jenis perkutut katuranggan diyakini sebagai pertanda baik yang membawa keberuntungan bagi penghuninya. Karenanya, tak sedikit masyarakat Jawa yang berkeinginan memelihara burung perkutut katuranggan.

Namun secara khusus, perkutut katuranggan mempunyai keistimewaan masing-masing. Lantas, apa keistimewaan perkutut keruk bumi dan jenis katuranggan lainnya? Langsung saja simak ulasannya, berikut ini.

1 dari 3 halaman

1. Mitos Perkutut Keruk Bumi

Mitos Perkutut Keruk Bumi (credit: unsplash)

Secara umum, burung perkutut katuranggan sebagai simbol keberuntungan dalam mendapatkan rezeki. Burung perkutut katuranggan juga memiliki kecerdasan yang tinggi. Mereka mampu melatih suara mereka sendiri dan dapat meniru suara burung lain dengan sempurna. Hal ini membuat burung perkutut katuranggan yang mempesona dan menarik perhatian.

Namun perkutut katuranggan ternyata tak selamanya berkaitan dengan rezeki. Perkutut keruk bumi ternyata justru sebaliknya. Menurut primbon, kehadiran perkutut keruk bumi malah diyakini bisa membawa kesialan bagi orang di sekitarnya. Jenis burung perkutut keruk bumi ditandai dengan kakinya yang cacat dan bengkok. Kaki yang cacat inilah yang menurut primbon Jawa diyakini sebagai pertanda kurang baik alias kesialan.

Jadi, ada baiknya untuk menjaga jarak saat berjumpa dengan burung perkutut keruk bumi. Jika ada keinginan memelihara burung perkutut sebisa mungkin perhatikan kondisi kakinya. Hal tersebut untuk berjaga-jaga menghindari kesialan yang dibawa burung perkutut keruk bumi menurut primbon Jawa.

2 dari 4 halaman

2. Jenis Perkutut Katuranggan Lainnya

Jenis Perkutut Katuranggan Lainnya (credit: unsplash)

Perkutut katuranggan menjadi salah satu jenis burung perkutut yang memiliki keistimewaan. Keistimewaan tersebut membuat burung ini menjadi sangat diminati oleh para penggemar burung perkutut sampai ingin memeliharanya.

Alhasil, selain burung perkutut keruk bumi, perkutut-perkutut keberuntungan lainnya selalu jadi incaran. Jika kalian tertarik memelihara perkutut katuranggan yang bisa mendatangkan rezeki dan kebaikan, beberapa jenis perkutut berikut ini bisa jadi pilihannya:

1. Perkutut Katuranggan Songgo Ratu

Jenis pertama dari perkutut Katuranggan disebut Katuranggan Songgo Ratu, yang memiliki warna bulu dominan putih yang mencolok. Burung ini dianggap membawa keberuntungan serta kesuksesan bagi pemiliknya.

2. Perkutut Katuranggan Guruku Jati Giri

Perkutut Katuranggan Guruku Jati Giri, memiliki bulu putih dan suara kicauan merdu, dipercaya membawa kebahagiaan, kesejahteraan, dan keberuntungan bagi pemiliknya.

3. Perkutut Katuranggan Lurah

Perkutut Katuranggan Lurah, dikenali dengan bulu putih yang cerah, diyakini membawa keberuntungan dalam karier dan jabatan.

4. Perkutut Katuranggan Banyu Mili

Perkutut Katuranggan Banyu Mili, jenis istimewa dengan suara kicauan mirip aliran air, diyakini membawa keberuntungan dan rezeki berlimpah.

5. Perkutut Katuranggan Kol Buntet

Perkutut Katuranggan Kol Buntet, dengan suara melengking khas dan energi positif yang kuat, dianggap dapat membantu pemiliknya meraih kesuksesan.

6. Perkutut Katuranggan Rajek Wesi

Perkutut Katuranggan Rajek Wesi, memiliki bulu hitam-putih seperti besi dan suara merdu, dipercaya sebagai simbol kekuatan dan kemakmuran.

3 dari 4 halaman

3. Tips Memilih Perkutut Katuranggan 

Tips Memilih Perkutut Katuranggan  (credit: unsplash)

Mencari perkutut katuranggan terbaik untuk memelihara atau dikembangbiakkan memang memerlukan perhatian dan pengetahuan yang luas. Berikut beberapa tips memilih perkutut katuranggan terbaik:

1. Punya Penampilan Indah

Perkutut katuranggan yang bagus biasanya memiliki bulu yang bersih dan rapi, tubuh yang proporsional, serta postur yang tegap dan kokoh. Hindari memilih perkutut yang terlihat kurus atau terlalu gemuk, karena hal ini bisa menjadi tanda buruk dari kondisi kesehatannya.

2. Sehat dan Aktif

Pilihlah perkutut katuranggan yang memiliki mata yang cerah dan bersih, hidung yang kering, serta tubuh yang aktif dan responsif. Hal ini menunjukkan bahwa perkutut tersebut memiliki kondisi kesehatan yang baik dan tidak menderita dari penyakit atau masalah kesehatan lainnya.

3. Punya Suara Merdu

Perkutut katuranggan yang baik biasanya memiliki suara yang merdu dan jernih. Pastikan untuk mendengarkan suara perkutut tersebut sebelum memutuskan untuk membelinya, dan pilihlah yang memiliki suara yang menyenangkan dan tidak terdengar kasar atau cempreng.

4. Pilih Burung Perkutut dengan Weton yang Sama

Dianjurkan memilih burung perkutut berdasarkan kesamaan weton. Untuk itu, tanyakan ke penjual weton saat saat burung perkutut tersebut menetas. Kesamaan weton nantinya diyakini dapat mempengaruhi kecocokan sifat dan nasib pemilik dengan burung perkutut ke depannya.

Itulah di antaranya penjelasan mitos burung perkutut keruk bumi dan kutut katuranggan lainnya menurut primbon Jawa. Semoga bisa menjawab rasa penasaran dan bisa menambah wawasan.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP KAPANLAGI.COM BIAR NGGAK KETINGGALAN UPDATE DAN BERITA TERBARU SEPUTAR DUNIA HIBURAN TANAH AIR DAN JUGA LUAR NEGERI. KLIK DI SINI YA, KLOVERS!

(kpl/psp)

Topik Terkait