Nggak Hanya Lato-lato, Deretan Mainan Ini Juga Punya Suara Berisik yang Bikin Emosi Jiwa


Berita | Jum'at, 13 Januari 2023 14:53
Editor : Wuri Anggarini

Kapanlagi.com - Anak-anak zaman sekarang mungkin banyak yang nggak merasakan mainan tradisional yang jadi andalan generasi sebelumnya. Lebih banyak memegang gadget, main media sosial dan mobile game mungkin jadi aktivitas sehari-hari. Namun, ketika ada mainan tradisional yang viral di media sosial, tetap dong gercep nggak mau ketinggalan hype.


Bisa kembali menjamah mainan jadul memang memberikan pengalaman baru yang menyenangkan. Tapi, nggak sedikit dari mainan tersebut yang menimbulkan suara beisik. Saat hanya dimainkan oleh 1 orang sih nggak masalah. Tapi kalau ada anak-anak sekampung yang ikut bermain juga, jelas bikin emosi jiwa. Ini dia deretan mainan jadul yang punya suara berisik, bikin emosi jiwa!

1 dari 5 halaman

1. Lato-lato

(c) Shutterstock

Kalau ngobrolin mainan jadul yang lagi viral, jelas yang satu ini nggak boleh dilewatkan dari dalam daftar. Viralnya lato-lato bikin banyak orang ikut memainkannya tanpa pandang usia. Nggak cuma bocil aja, orang tua juga banyak. Bahkan, di beberapa daerah juga sudah ada kompetisi lato-lato yang digelar buat adu kebolehan memainkan benda tersebut.

Tapi, suara lato-lato yang dimainkan orang sekampung jelas bisa menimbulkan keberisikan yang bikin emosi jiwa. Apalagi banyak orang memainkannya nggak melihat waktu, bisa siang sampai malam. Kebayang nggak sih gimana stresnya kalau harus dengerin suara lato-lato 24 jam penuh?

2 dari 6 halaman

2. Mainan Bebek/Ayam Etek-etek

(c) Shutterstock

Jauh sebelum lato-lato berjaya seperti sekarang, ada juga mainan bebek atau ayam dorong dari kayu yang dulu banyak disukai anak-anak pada masanya. Karakter ayam atau bebek yang imut menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak, sehingga banyak yang memainkannya.

Tapi, sesuai namanya, mainan bebek/ayam etek-etek ini menimbulkan suara yang nggak kalah berisik saat didorong. Biarpun lucu karena karakter ayam bisa bergoyang mengikuti dorongan, tapi saat dimainkan anak-anak sekampung pasti bikin emosi jiwa yang dengerin.

3 dari 6 halaman

3. Kapal Otok-otok

(c) Shutterstock

Generasi 90an mungkin nggak asing lagi dengan mainan yang satu ini. Yup, kapal otok-otok termasuk salah satu mainan legendaris yang sukses bikin mupeng anak-anak pada masa jayanya dulu.

Kapal otok-otok sebenarnya hanya bisa dimainkan di air. Jadi, perlu effort menyiapkan ember besar berisi air agar kapal bisa berjalan dengan baik. Mainan ini bergerak karena dukungan sebuah mesin yang ada di dalamnya. Sayangnya, saat bergerak juga menimbulkan suara berisik. Bayangin aja deh kalau anak-anak tetangga pada kompak mainan itu semua, bakal emosi juga nggak nih?

4 dari 6 halaman

4. Balon Toet

(c) Youtube/Rrbrain Project

Mainan ini sebenarnya sederhana. Hanya balon yang ditiup kemudian diberi peluit. Nah, peluit ini bisa berbunyi saat salah satu bagian balon yang jadi pegangan ditekan. Nggak nanggung-nanggung, suara 1 balon peluit saja bisa mengundang kehebohan seisi rumah. Coba aja kalau anak-anak sekampung pada mainan ini, dijamin hidup jadi nggak tenang.

5 dari 6 halaman

5. Mainan Hape Jadul

(c) Shopee/1689farid

Sekarang memang tergolong jadul, tapi mainan ini bisa dibilang yang paling modern di masanya. Kamu kurang gewl kalau nggak punya mainan yang satu ini. Sesuai namanya, mainan ini membentuk sebuah hape, lengkap dengan layar imajinatif dan tombol yang bisa ditekan. Saat ditekan, biasanya tombol-tombol ini akan mengeluarkan suara atau lagu yang cukup keras. Sayangnya, nggak ada pengaturan buat mengecilkan volume. Nggak heran kalau banyak yang emosi dengan suara mainan ini.

Dari sederet mainan di atas, mana nih yang suaranya paling berisik level dewa menurut kamu, KLovers?

(kpl/wri)

Topik Terkait