Primbon Arah Keberuntungan Hari Ini Berdasarkan Weton, Cek Perhitungannya


Berita | Jum'at, 19 Januari 2024 14:55

Kapanlagi.com - Primbon arah keberuntungan ternyata bisa dicek dengan melihat weton. Karena, masing-masing weton memiliki peruntungan tersendiri yang dapat bersumber dari arah mata angin.


Primbon dikenal sebagai catatan yang diwariskan secara turun temurun. Dengan menggunakan ilmu titen, primbon memiliki sejumlah fungsi seperti mengetahui tabiat orang, kecocokan jodoh, hari sial, tafsir mimpi dan seterusnya.

Sementara itu, berkaitan dengan arah keberuntungan dalam primbon ternyata bisa diketahui sesuai weton dan mata angin. Apabila penasaran mengenai primbon arah keberuntungan hari ini, ulasan sebagai berikut bisa menjawab pertanyaanmu. Cek seperti apa primbon arah keberuntungan hari ini untuk weton lahirmu.

1 dari 6 halaman

1. Weton dalam Primbon Jawa

(credit: pexels.com)

Bagi masyarakat Indonesia, tentu sudah sangat familiar mengenal weton. Di mana, dalam primbon dikenal weton yang terdiri dari hari pasaran dan hari dalam sepekan. Masing-masing hari tersebut juga memiliki nilai neptu tersendiri yang juga menjadi sumber untuk mengecek berbagai peruntungan, hari sial, kecocokan jodoh, bahkan tabiat orang.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai primbon arah keberuntungan hari ini, ketahui juga apa saja weton dalam primbon Jawa dengan nilai neptunya untuk menjadi sumber mengecek arah keberuntungan hari ini.

1. Hari dalam Sepekan

- Minggu: 5

- Senin: 4

- Selasa: 3

- Rabu: 7

- Kamis: 8

- Jumat: 6

- Sabtu: 9

2. Hari Pasaran

- Legi: 5

- Pahing: 9

- Pon: 7

- Wage: 4

- Kliwon: 8

Untuk mengecek perhitungan weton, kalian bisa menjumlahkan hari pasaran dengan hari dalam sepekan. Adapun contohnya apabila kalian memiliki weton lahir Minggu Wage maka masing-masing memiliki neptu 5 (Minggu) dan 4 (Wage). Sehingga apabila dijumlahkan maka hasilnya 5 + 4 = 9. Jumlah inilah yang kemudian bisa kalian pakai untuk perhitungan arah keberuntungan berikutnya.

2 dari 7 halaman

2. Primbon Arah Keberuntungan Hari Ini

(credit: pexels.com)

Primbon arah keberuntungan hari ini dapat dicek dengan melihat arah mata angin. Di mana, masing-masing mata angin ternyata mengandung peruntungan tersendiri bagi setiap weton. Ada beberapa arah mata angin yang umumnya diketahui.

Sebut saja seperti utara, selatan, timur, dan barat. Masing-masing arah mata angin ini memiliki peruntungan berdasarkan wetonnya. Sebagai catatan, keberuntungan tentunya bisa diperoleh karena beragam faktor. Karenanya, primbon arah keberuntungan hari ini sebagai berikut hanya berdasar ilmu titen yang mana bisa saja meleset dari perkiraan. Oleh karena itu, jangan membuatmu khawatir ya apabila keberuntunganmu tidak sesuai harapan berdasarkan primbon arah keberuntungan ini.

Adapun primbon arah keberuntungan hari ini sebagai berikut diyakini dapat mendatangkan peruntungan baik. Tidak sedikit menjadikan primbon arah keberuntungan sebagai berikut untuk bisnis, memulai sesuatu dan seterusnya.

1. Minggu

- Minggu Wage: Arah keberuntungan Timur (Sandang) dan Barat (Pangan).

- Minggu Kliwon: Arah keberuntungan Timur (Sandang) dan Barat (Pangan).

- Minggu Legi: Arah keberuntungan Timur (Sandang) dan Utara (Pangan).

- Minggu Pahing: Arah keberuntungan Timur (Sandang) dan Barat (Pangan).

- Minggu Pon: Arah keberuntungan Timur (Sandang) dan Barat (Pangan).

2. Senin

- Senin Wage: Arah keberuntungan Selatan (Sandang) dan Utara (Pangan).

- Senin Kliwon: Arah keberuntungan Selatan (Sandang) dan Timur (Pangan).

- Senin Legi: Arah keberuntungan Selatan (Sandang) dan Utara (Pangan).

- Senin Pahing: Arah keberuntungan Selatan (Sandang) dan Utara (Pangan).

- Senin Pon: Arah keberuntungan Utara (Sandang) dan Selatan (Pangan).

3. Selasa

- Selasa Wage: Arah keberuntungan Selatan (Sandang) dan Utara (Pangan).

- Selasa Kliwon: Arah keberuntungan Selatan (Sandang) dan Timur (Pangan).

- Selasa Legi: Arah keberuntungan Utara (Sandang) dan Selatan (Pangan).

- Selasa Pahing: Arah keberuntungan Selatan (Sandang) dan Utara (Pangan).

- Selasa Pon: Arah keberuntungan Timur (Sandang) dan Barat (Pangan).

4. Rabu

- Rabu Wage: Arah keberuntungan Utara (Sandang) dan Barat (Pangan).

- Rabu Kliwon: Arah keberuntungan Utara (Sandang) dan Timur (Pangan).

- Rabu Legi: Arah keberuntungan Utara (Sandang) dan Selatan (Pangan).

- Rabu Pahing: Arah keberuntungan Utara (Sandang) dan Barat (Pangan).

- Rabu Pon: Arah keberuntungan Utara (Sandang) dan Barat (Pangan).

5. Kamis

- Kamis Wage: Arah keberuntungan Timur (Sandang) dan Barat (Pangan).

- Kamis Kliwon: Arah keberuntungan Timur (Sandang) dan Selatan (Pangan).

- Kamis Legi: Arah keberuntungan Timur (Sandang) dan Barat (Pangan).

- Kamis Pahing: Arah keberuntungan Timur (Sandang) dan Barat (Pangan).

- Kamis Pon: Arah keberuntungan Timur (Sandang) dan Barat (Pangan).

6. Jumat

- Jumat Wage: Arah keberuntungan Barat (Sandang) dan Selatan (Pangan).

- Jumat Kliwon: Arah keberuntungan Barat (Sandang) dan Selatan (Pangan).

- Jumat Legi: Arah keberuntungan Barat (Sandang) dan Barat (Pangan).

- Jumat Pahing: Arah keberuntungan Barat (Sandang) dan Barat (Pangan).

- Jumat Pon: Arah keberuntungan Barat (Sandang) dan Barat (Pangan).

7. Sabtu

- Sabtu Wage: Arah keberuntungan Selatan (Sandang) dan Selatan (Pangan).

- Sabtu Kliwon: Arah keberuntungan Selatan (Sandang) dan Barat (Pangan).

- Sabtu Legi: Arah keberuntungan Selatan (Sandang) dan Barat (Pangan).

- Sabtu Pahing: Arah keberuntungan Selatan (Sandang) dan Utara (Pangan).

- Sabtu Pon: Arah keberuntungan Selatan (Sandang) dan Timur (Pangan).

dari beberapa primbon arah keberuntungan di atas hanyalah sebagai informasi saja. semoga dapat menambah pengetahuanmu mengenai ilmu titen dalam primbon tentang arah keberuntungan.

3 dari 7 halaman

3. Primbon Arah Keberuntungan Hari Ini Sesuai Waktunya

(credit: pexels.com)

Setelah mengetahui primbon arah keberuntungan, kalian dapat mengecek juga kapan waktu baik untuk mendapatkan rezeki. Karena masing-masing hari memiliki peruntungan tersendiri berdasarkan waktunya.

- Minggu: rezeki cenderung besar pada waktu pagi sampai tengah hari. Lalu mengecil menjelang matahari terbenam.

- Senin: Pagi hari rezeki cenderung kecil sampai tengah hari. Lalu membesar saat matahari terbenam.

- Selasa: Rezeki lebih condong ke timur, lalu bergeser ke barat saat tengah hari. Sementara itu, Ashar menjadi waktu paling terbaik.

- Rabu: Rezeki cenderung kecil ke arah timur. Dan paling besar ada di tengah hari arah Barat. Sementara, Ashar menjadi waktu terbaik.

- Kamis: Pagi rezeki cukup baik dan akan membesar ke arah timur. Tapi mengecil pada tengah hari serta membaik setelah Ashar dengan arah Barat.

- Jumat: Saat pagi rezeki kecil di arah timur, dan kemudian semakin besar di arah barat saat menjelang Ashar.

- Sabtu: Saat pagi rezeki kecil di arah timur kemudian akan membesar ke Barat ketika menjelang tengah hari.

4 dari 7 halaman

4. Perhitungan Primbon Arah Keberuntungan Hari Ini

(credit: pexels.com)

Adapun perhitungan primbon arah keberuntungan hari ini dapat dicek dengan menjumlahkan weton lahir dengan hari yang akan kalian mulai untuk aktivitas. Dari jumlah tersebut akan tersisa angka yang mana mengandung peruntungan tersendiri. Berikut ini perhitungan primbon arah keberuntungan hari ini.

Apabila weton lahirmu adalah Sabtu Pon maka jumlah wetonnya adalah 16. Sedangkan, kalian akan memulai aktivitas pada hari Senin Wage maka jumlah wetonnya yakni 8. Setelah itu kalian dapat menjumlahkannya 16 + 8 = 24. Selanjutnya dibagi dengan dibagi dengan angka 7. Hasilnya 24 : 7 = sisa 2.

Dari angka sisa inilah bisa kalian cek primbon arah keberuntungan hari ini. Adapun untuk sisa 2 berarti arah rezeki dan keberuntungan adalah utara dan menghadap ke Selatan. Ini cocok untukmu yang memiliki usaha atau bisnis.

Adapun untuk penjelasan mengenai hasil penjumlahan dengan pembagi 7 sisa dari primbon arah keberuntungan sebagai berikut.

- Sisa 1: Keberuntungan berada di arah selatan menghadap ke utara. Sedangkan timur dan barat menjadi arah lawan yang mana tidak disarankan berada di utara menghadap selatan. Apabila tidak memperoleh arah tersebut bisa dengan memilih sebelah barat hadap timur. Dan bagi yang memiliki usaha keliling akan hoki jika berjalan ke arah selatan dan barat.

- Sisa 2: Hoki berada di utara hadap selatan sedangkan arah kurang baik adalah barat. Begitu juga untuk timur yang mana disarankan tidak terlalu sering menghadap ke arah tersebut karena bisa dinilai berada di barat. Jika terdesak, kalian dapat memilih arah timur hadap barat, utara hadap selatan.

- Sisa 3: Keberuntungan ada di barat hadap timur, utara hadap selatan. Untuk pedagang keliling cocok jika berjalan ke barat dan utara.

- Sisa 4: Keberuntungan rezeki ada di timur hadap barat. Selain itu apabila ada punya usaha keliling ada baiknya berjalan ke arah timur.

- Sisa 5: Keberuntungan rezeki ada di timur hadap barat dan barat hadap timur. Jika pedang keliling cocok jika berjalan ke timur dan barat.

5 dari 7 halaman

5. Weton Dengan Rezeki Segala Penjuru

Weton Dengan Rezeki Segala Penjuru (credit; unsplash)

Menurut Primbon Jawa, ada beberapa weton yang dianggap spesial dalam hal arah rezeki. Weton-weton tersebut ialah weton yang dinaungi Khodam Patih Gajah Mada. Dalam kepercayaan masyarakat Jawa tradisional, dipercaya weton-weton tersebut memiliki kekuatan luar biasa. Khodam Patih Gajah Mada dianggap jadi pelindung yang mampu menaklukkan segala rintangan dalam mencari rezeki.

Keempat weton yang dianggap mampu memunculkan keberuntungan dan kekuatan dari Dinaungi Khodam Patih Gajah Mada adalah Selasa Kliwon, Jumat Kliwon, Minggu Kliwon, dan Rabu Kliwon. Orang-orang yang lahir pada keempat weton ini diyakini memiliki kemampuan luar biasa dalam mengatasi segala rintangan hidup, serta keberuntungan dalam mengais rezeki.

Menurut kepercayaan Primbon Jawa, jika seseorang memiliki weton dengan naungan Khodam Patih Gajah Mada akan mencapai kesuksesan dalam segala hal tanpa dibatasi arah tertentu. Selain menjanjikan kesuksesan, khodam ini juga dipercaya mampu memberikan perlindungan terhadap keamanan dan keselamatan pemilik weton.

6 dari 7 halaman

6. Cara Meningkatkan Keberuntungan Menurut Primbon Jawa

Cara Meningkatkan Keberuntungan Menurut Primbon Jawa (credit: unsplash)

Tak perlu berkecil hati jika ternyata weton kalian tidak tergolong weton-weton dengan khodam Patih Gajah Mada. Pasalnya tanpa harus jadi weton-weton istimewa tersebut, kalian tetap bisa meningkatkan keberuntungan dalam hal rezeki.

Ya, menurut primbon Jawa, terdapat beberapa usaha yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keberuntungan seseorang. Berbagai upaya tersebut bahkan bisa dilakukan dengan langkah-langkah yang amat sederhana tanpa ritual-ritual yang kerap dianggap ribet. Berikut beberapa langkah menambah keberuntungan menurut primbon Jawa:

1. Kenali Karakteristik Weton

Untuk meningkatkan keberuntungan, penting untuk memahami karakteristik weton seseorang, yang mencakup ciri-ciri khusus, terutama dalam hal rezeki. Mengenali weton berdasarkan hari lahir dan pasaran dalam kalender Jawa menjadi hal yang esensial.

2. Mengoptimalkan Keberuntungan Neptu Weton

Setelah mengetahui weton, ada baiknya memahami nilai neptu sebagai indikator tingkat keberuntungan. Semakin tinggi nilai neptu, semakin besar potensi keberuntungan yang dapat dimanfaatkan, sehingga memberikan dasar yang kuat dalam pengambilan keputusan terkait bisnis, investasi, atau kegiatan berbelanja.

3. Pertimbangkan Kesesuaian Weton dalam Memilih Pasangan

Selain mengenali weton pribadi, perlu mempertimbangkan kesesuaian weton pasangan saat memilih pasangan hidup atau mitra. Menjaga hubungan yang harmonis dan sukses dapat dicapai dengan selalu memperhatikan kompatibilitas weton antara pribadi dan pasangan.

4. Merayakan Ulang Tahun dan Weton lewat Perayaan atau Syukuran

Sebagai upaya untuk meningkatkan keberuntungan, disarankan untuk merayakan setiap weton dan ulang tahun dengan memilih tanggal dan hari pasaran yang sesuai dengan weton bulan kelahiran. Diyakini bahwa perayaan semacam ini akan membawa keberuntungan dan kesejahteraan yang lebih besar dalam kehidupan seseorang.

Dari cara penjumlahan di atas dapat membantumu untuk mengetahui primbon arah keberuntungan hari ini. Itulah penjelasan mengenai primbon arah keberuntungan hari ini. Sebagai catatan, mengenai arah keberuntungan di atas dilihat berdasarkan ilmu titen.

Sehingga tidak bisa dijadikan patokan utama dalam menentukan rezeki. Informasi tersebut dapat kalian manfaatkan sebagai informasi saja yang mana rezeki dan peruntungan tentunya dapat diperoleh karena banyak faktor.

(kpl/gen/nlw)

Topik Terkait