Primbon Bersin Berdasarkan Jam Kejadiannya, Bisa Jadi Mendapatkan Keberuntungan - Sedang Dipergunjingkan


Plus | Senin, 29 Januari 2024 15:44

Kapanlagi.com - Bersin jadi hal yang lumrah dan hampir pasti pernah dialami oleh setiap orang. Secara umum, bersin bisa terjadi karena berbagai hal seperti saat hidung terasa, gatal, hidung tersumbat, atau hidung kemasukan debu. Namun tak jarang pula orang mengaitkan bersin dengan hal mistis. Karenanya, di masyarakat kemudian muncul istilah primbon bersin.


Bagi masyarakat Indonesia khususnya orang Jawa, primbon tentu jadi hal yang sudah familiar. Primbon sering sebagai buku ramalan Jawa yang lengkap. Bagi yang percaya primbon, bersin yang terjadi berulang di jam-jam tertentu sering dianggap sebagai pertanda. Penasaran, pertanda apakah itu?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut penjelasan primbon bersin yang terjadi pada jam-jam tertentu.

1 dari 7 halaman

1. Primbon Bersin saat Dini Hari - Pagi

Menurut primbon Jawa, bersin memang bisa jadi sebuah pertanda dari kejadian yang akan terjadi di kehidupan seseorang. Namun dalam primbon, kejadian yang diramalkan tergantung pada jam atau waktu saat terjadinya bersin. Berikut penjelasan primbon bersin pada jam-jam dini hari hingga pagi.

- Jika bersin pada pukul 00.00 - 01.00, bisa jadi pertanda bahwa kalian akan mengalami pertengkaran dengan pasangan.

- Jika bersin pada pukul 01.00 - 02.00, bisa jadi pertanda bahwa kalian bakal mendapat kabar buruk.

- Jika bersin pada pukul 02.00 - 03.00, bisa jadi pertanda bahwa akan mendapat undangan dari seseorang.

- Jika bersin pada pukul 03.00 - 04.00, bisa jadi pertanda bahwa kalian akan mendapatkan teguran atau nasihat.

- Jika bersin pada pukul 04.00 - 05.00, bisa jadi pertanda bahwa kalian akan kedatangan tamu yang hadir membawa kabar bahagia.

- Jika kalian bersin pada pukul 05.00 - 06.00, bisa jadi pertanda bahwa kalian akan mendapat hal membahagiakan dalam waktu dekat.

2 dari 8 halaman

2. Primbon Bersin saat Pagi - Siang

Primbon Bersin saat Pagi - Siang (credit: unsplash)

Bersin yang terjadi pada setiap jamnya bisa menjadi pertanda yang berbeda pula. Pada pagi hari hingga siang hari, bersin juga bisa membawa pertanda dari banyak hal. Pertanda tersebut bisa berarti baik maupun buruk. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk tahu arti primbon bersin yang terjadi di pagi hingga siang hari agar bisa lebih mempersiapkan diri. Berikut arti primbon bersin pada pagi hingga siang hari.

- Jika bersin pada pukul 06.00 - 07.00, bisa jadi pertanda bahwa kalian akan menikmati makanan yang enak dan lezat dalam waktu dekat.

- Jika bersin pada pukul 07.00 - 08.00, bisa jadi pertanda bahwa kalian akan mendapatkan keberuntungan besar yang tidak pernah disangka sebelumnya.

- Jika bersin pada pukul 08.00 - 09.00, bisa jadi pertanda bahwa kalian akan dapat cobaan berupa hinaan dari orang lain yang bisa bikin sakit hati.

- Jika kalian bersin pada pukul 09.00 - 10.00, bisa jadi kalian akan memperoleh keberhasilan dan berhasil meraih tujuan.

- Jika kalian bersin pada pukul 10.00 - 11.00, bisa jadi kalian akan sedang dipergunjingkan banyak orang.

- Jika kalian bersin pada pukul 11.00 - 12.00, bisa jadi kalian akan berselisih dengan orang yang bisa jadi selama ini berhubungan baik.

3 dari 8 halaman

3. Primbon Bersin saat Siang - Sore

Primbon Bersin saat Siang - Sore (credit: unsplash)

Bersin pada siang hingga menjelang sore hari juga mempunyai beberapa arti dalam primbon. Kebanyakan bersin pada waktu siang hingga sore bisa jadi pertanda hal buruk. Oleh sebab itu, jika percaya pada primbon, kalian patut waspada. Berikut penjelasan arti primbon bersin pada siang hingga sore hari.

- Jika bersin pada pukul 12.00 - 13.00, bisa jadi pertanda bahwa kalian akan mendapatkan kabar baik atau rezeki melimpah pada waktu dekat.

- Jika kalian bersin pada pukul 13.00 - 14.00, bisa jadi pertanda bahwa kalian
akan mengalami hambatan pada saat menjalankan rencana.

- Jika kalian bersin pada pukul 14.00 - 15.00, bisa jadi pertanda bahwa akan ada yang mencelakai diri kalian atau keluarga. Jadi lebih hati-hatilah.

4 dari 8 halaman

4. Primbon Bersin saat Sore - Malam

Pada sore hingga menjelang malam hari, menurut primbon bersin bisa jadi pertanda yang kurang baik. Saat mengalami bersin di sore hari, kalian patut lebih waspada. Berikut penjelasan beberapa arti bersin pada saat sore hingga menjelang malam hari.

- Jika bersin pada pukul 15.00 - 16.00, bisa jadi pertanda bahwa kalian akan mendapatkan kabar buruk dalam waktu dekat.

- Jika bersin pada pukul 16.00 - 17.00, bisa jadi pertanda bahwa kalian sedang dipergunjingkan.

- Jika kalian bersin pada pukul 17.00 - 18.00, bisa jadi pertanda bahwa kalian
akan sakit dalam waktu dekat. Jadi lebih perhatikan kesehatan kalian.

- Jika bersin pada pukul 18.00 - 19.00, bisa jadi pertanda bahwa akan mendapatkan penghargaan dari atasan atas kerja keras kalian.

5 dari 8 halaman

5. Primbon Bersin saat Malam - Dini Hari

Primbon Bersin saat Malam - Dini Hari (credit: unsplash)

Malam hingga dini hari adalah waktu yang cukup panjang. Bersin di waktu malam hingga dini hari bisa jadi hal yang sangat menjadi perhatian. Pasalnya, pada saat-saat itu, biasanya suasana sedang hening. Sehingga, bersin bisa sangat memecah keheningan. Menurut primbon bersin pada jam-jam malam hingga dini hari bisa berarti pertanda beberapa hal sebagai berikut.

- Jika bersin pada pukul 19.00 - 20.00, bisa jadi pertanda bahwa saat ini sedang ada seseorang yang merindukan kalian.

- Jika bersin pada pukul 20.00 - 21.00, bisa jadi pertanda bahwa akan ada pencuri yang menyatroni rumah. Jadi hati-hati dan waspada.

- Jika bersin pada pukul 21.00 - 22.00, bisa jadi pertanda bahwa kalian akan mengalami kehilangan barang berharga.

- Jika bersin pada pukul 22.00 - 23.00, bisa jadi pertanda bahwa kalian akan bertemu dengan seseorang yang sedang kalian sukai.

- Jika bersin pada pukul 23.00 - 00.00, bisa jadi pertanda bahwa kalian akan mengalami kesulitan atau kesialan. Jadi ada baiknya mempersiapkan diri.

6 dari 8 halaman

6. Mitos Bersin di Berbagai Negara

Mitos Bersin di Berbagai Negara (credit: unsplash)

Tak hanya di Jawa, mitos tentang bersin ternyata juga terdapat di berbagai belahan dunia. Di berbagai negara seperti Tiongkok, Jepang, Inggris, hingga Polandia, bersin juga diyakini sebagai sebuah firasat atau pertanda. Berikut penjelasan mitos bersin di berbagai negara:

1. Mitos Bersin di Tiongkok

Di Tiongkok atau China, juga terdapat kepercayaan berkaitan dengan bersin. Di Negeri Tirai Bambu tersebut, bersin diyakini bisa jadi pertanda yang menunjukkan bahwa seseorang sedang mengalami pengaruh buruk dari roh jahat.

2. Mitos Bersin di Jepang

Di Jepang, ketika seseorang tiba-tiba bersin diyakini akan segera mendapatkan keberuntungan. Selain itu dalam budaya Jawa, sering bersin juga diyakini jadi tanda bahwa kesuksesan yang akan datang dalam hidup.

3. Mitos Bersin di Inggris

Mitos di Inggris, bersin merupakan sebuah petunjuk tentang nasib atau kejadian yang akan datang. Misalnya, jika seseorang bersin sekali, itu dianggap sebagai pertanda baik. Namun, jika seseorang bersin tiga kali, itu dianggap sebagai pertanda buruk. Ada juga kepercayaan bahwa jika seseorang bersin seketika setelah keluar dari rumah, itu merupakan pertanda bahwa seseorang akan mengalami sesuatu di perjalanan.

4. Mitos Bersin di Polandia

Sementara itu, di Polandia, bersin juga dianggap sebagai sebuah tanda dari nasib baik atau buruk. Orang Polandia percaya bahwa ketika seseorang bersin, itu dapat menjadi pertanda bahwa seseorang sedang dibicarakan oleh orang lain atau memperoleh keberuntungan. Di samping itu, bersin dianggap sebagai cara bagi tubuh untuk membersihkan diri dari energi negatif.

7 dari 8 halaman

7. Penyebab Bersin Menurut Medis

Penyebab Bersin Menurut Medis (credit: unsplash)

Terlepas dari berbagai mitos yang ada, bersin sejatinya merupakan hal yang bisa dijelaskan secara logis menurut medis. Dari sudut pandang medis, diyakini bahwa ada beberapa hal yang bisa menyebabkan bersin. Berikut beberapa hal yang dipercaya bisa menyebabkan bersin:

1. Alergi

Bersin bisa jadi sebuah reaksi alergi atau respons tubuh terhadap adanya organisme asing. Saat bersin, tubuh berupaya untuk mengeluarkan organisme yang berpotensi berbahaya.

2. Infeksi

Infeksi saluran pernapasan juga dapat menjadi pemicu bersin. Infeksi saluran pernapasan dapat menyerang dan berpotensi menyebabkan rhinitis serta bersin yang berkelanjutan, terutama pada individu dengan sistem kekebalan yang lemah.

3. Iritan

Iritan adalah bahan yang dapat menyebabkan peradangan setelah kontak langsung dengan tubuh. Inhalasi iritan yang terdapat di udara, seperti debu, makanan pedas, parfum, cuaca kering, asap rokok, dapat memicu bersin.

4. Efek Obat-obatan

Beberapa jenis obat juga diketahui dapat menjadi pemicu rhinitis dan gejala bersin yang konstan.

5. Olahraga

Saat tenaga yang berlebihan dikerahkan, seperti saat berolahraga, tubuh mengalami hiperventilasi. Efeknya bisa berupa mulut dan hidung yang kering, dengan bersin sebagai respons hidung untuk mengeluarkan cairan.

6. Sinar Matahari

Orang dengan sensitivitas tinggi terhadap cahaya mungkin merasakan bersin saat terpapar terik matahari. Reaksi ini wajar terjadi saat melihat langsung ke arah cahaya atau terik matahari.

Itulah di antaranya beberapa penjelasan primbon bersin berdasarkan jam terjadinya. Gimana kira-kira, apakah kalian percaya?

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP KAPANLAGI.COM BIAR NGGAK KETINGGALAN UPDATE DAN BERITA TERBARU SEPUTAR DUNIA HIBURAN TANAH AIR DAN JUGA LUAR NEGERI. KLIK DI SINI YA, KLOVERS!

(kpl/gen/psp)