Ramalan Jodoh Jumat Wage Menurut Primbon Jawa, Simak Weton Apa Saja yang Berjodoh


Berita | Senin, 18 September 2023 16:11

Kapanlagi.com - Banyak orang penasaran, siapa jodoh atau pasangan hidupnya kelak. Dalam budaya Jawa tradisional, jodoh seseorang bisa dilihat lewat ramalan berdasar hitungan weton. Dari ramalan itulah, bisa dilihat prediksi jodoh yang cocok untuk suatu weton. Lantas, bagaimana ramalan jodoh Jumat Wage?


Seperti yang diketahui, Jumat Wage merupakan salah satu weton dalam kalender Jawa. Menurut Primbon Jawa, setiap weton mempunyai jalan hidup dengan keberuntungannya masing-masing termasuk dalam hal jodoh. Dalam konteks asmara, orang yang memiliki weton Jumat Wage diyakini akan mengalami keharmonisan dalam rumah tangga jika bertemu pasangan dengan weton yang sesuai. 

Penasaran dengan weton-weton mana yang diprediksi cocok dengan Jumat Wage? Untuk mengetahui lebih lanjut, langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

1 dari 3 halaman

1. Neptu Jumat Wage

Ilustrasi Hitungan Neptu Jumat Wage (credit: unsplash)

Dalam ramalan Primbon Jawa, kecocokan jodoh seseorang bisa ditonton melalui hitungan neptu. Bagi yang masih awam, neptu merupakan sebuah bilangan angka yang didapatkan melalui metode menjumlahkan nilai hari kelahiran (Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu) dan pasaran Jawa (Legi, Pahing, Pon, Wage, Kliwon).

Ya, menurut Primbon Jawa, setiap hari lahir dengan nilai dari pasaran Jawa mempunyai nilai masing-masing. Untuk memahaminya lebih baik, berikut adalah nilai-nilai dari setiap hari lahir dan pasaran Jawa dalam Primbon Jawa:

- Hari Minggu memiliki nilai 5

- Hari Senin memiliki nilai 4

- Hari Selasa memiliki nilai 3

- Hari Rabu memiliki nilai 7

- Hari Kamis memiliki nilai 8

- Hari Jumat memiliki nilai 6

- Hari Sabtu memiliki nilai 9

Sementara itu, setiap pasaran Jawa juga memiliki nilai-nilai khusus yang unik. Berikut adalah nilai-nilai yang diberikan pada setiap pasaran dalam kalender Jawa:

- Pasaran Legi memiliki nilai 5

- Pasaran Pahing memiliki nilai 9

- Pasaran Pon memiliki nilai 7

- Pasaran Wage memiliki nilai 4

- Pasaran Kliwon memiliki nilai 8

Dengan penjelasan di atas, maka dapat diketahui bahwa weton Jumat Wage memiliki neptu total sebesar 10. Nilai neptu ini didapatkan dengan menghitung sebagai berikut:

6 (nilai hari kelahiran pada hari Jumat) + 4 (nilai pasaran Jawa Wage) = 10.

2 dari 4 halaman

2. Hitungan Jodoh Menurut Primbon

Ilustrasi Hitungan Jodoh Menurut Primbon (credit: unsplash)

Sebagaimana yang disebutkan di awal, ramalan jodoh menurut Primbon Jawa bisa dilakukan melalui hitungan neptu weton. Dengan hitungan tersebut, nantinya bisa diprediksi tingkat kecocokan dari Sepasang kekasih yang akan melangkah ke pelaminan.

Untuk caranya, sebenarnya terbilang cukup simpel dan sederhana. Pertama, kalian harus mengetahui bilangan neptu dari weton pihak laki-laki dan perempuan. Jika sudah, kalian bisa menjumlahkan neptu pasangan yang ingin diperiksa tingkat kecocokannya menurut Primbon Jawa.

Nantinya, hasil dari penjumlahan neptu weton tersebut daoat digunakan untuk referensi dalam membaca isi ramalan dalam Primbon Jawa. Pada isi ramalan tersebut, terdapat prediksi kehidupan rumah tangga pasangan tersebut di masa depan. Untuk lebih mudah dipahami, berikut adalah daftar ramalan jodoh dalam Primbon Jawa:

1. PEGAT (Jika hasil penjumlahan neptu pasangan adalah bilangan 1, 9, 10, 18, 19, 27, 28, atau 36)

Pasangan dengan ramalan PEGAT dapat mengalami banyak masalah dalam rumah tangga, seperti masalah ekonomi, persaingan kekuasaan, atau bahkan perselingkuhan yang dapat mengakibatkan perceraian.

2. RATU (Jika hasil penjumlahan neptu pasangan adalah bilangan 2, 11, 20, atau 29)

Pasangan RATU dianggap sebagai pasangan yang ditakdirkan untuk bersama. Mereka cocok satu sama lain sehingga dikenal dan dihormati oleh lingkungan sekitar. Keberuntungan dalam menjalani rumah tangga adalah ciri khas pasangan ini.

3. JODOH (Jika hasil penjumlahan neptu pasangan adalah bilangan 3, 12, 21, atau 30)

Pasangan JODOH adalah pasangan yang sangat cocok satu sama lain. Mereka menerima satu sama lain dengan segala kelebihan dan kekurangan, saling melengkapi, dan menjalani rumah tangga yang harmonis hingga tua.

4. TOPO (Jika hasil penjumlahan neptu pasangan adalah bilangan 4, 13, 22, atau 31)

Pasangan TOPO mungkin menghadapi kesulitan awal dalam pernikahan karena mereka perlu saling memahami. Namun, di akhirnya, mereka akan meraih kebahagiaan dan kesuksesan, meskipun masalah awal mungkin terkait dengan ekonomi dan lainnya.

5. TINARI (Jika hasil penjumlahan neptu pasangan adalah bilangan 5, 14, 23, atau 32)

Pasangan TINARI akan menikmati keberuntungan dalam mencari rezeki dan hidupnya akan selalu dalam kelimpahan. Mereka juga akan sering merasakan kebahagiaan dan keberuntungan dalam hidup.

6. PADU (Jika hasil penjumlahan neptu pasangan adalah bilangan 6, 15, 24, atau 33)

Pasangan PADU mungkin sering mengalami pertengkaran, meskipun masalahnya seringkali sepele. Namun, hubungan mereka tetap kuat dan tidak akan berakhir dengan perceraian.

7. SUJANAN (Jika hasil penjumlahan neptu pasangan adalah bilangan 7, 16, 25, atau 34)

Pasangan SUJANAN mungkin sering menghadapi konflik dan masalah perselingkuhan, baik dari pihak suami maupun istri.

8. PESTHI (Jika hasil penjumlahan neptu pasangan adalah bilangan 8, 17, 26, atau 35)

Pasangan PESTHI diharapkan memiliki kehidupan yang damai, harmonis, dan penuh kedamaian hingga masa tua, meskipun masalah mungkin timbul dari waktu ke waktu.

3 dari 4 halaman

3. Jodoh Paling Tepat untuk Jumat Wage

Ilustrasi Jodoh Paling Tepat untuk Jumat Wage (credit: unsplash)

Berdasarkan daftar ramalan Primbon Jawa yang telah dijelaskan di atas, maka dapat dianggap bahwa seseorang memiliki prediksi kebahagiaan dalam rumah tangga jika hasilnya adalah RATU, JODOH, PESTHI, atau TINARI.

Untuk mencapai hasil-hasil tersebut, penting bagi weton Jumat Wage untuk cocok dengan pasangan yang memiliki weton tertentu. Berikut ini adalah penjelasan lebih rinci mengenai weton-weton yang dimaksud:

1. Untuk mendapatkan hasil RATU, weton Jumat Wage harus bersanding dengan pemilik weton yang memiliki neptu sebesar 10. Salah satu contohnya adalah Minggu Legi. Ini dapat dihitung sebagai berikut:

10 (neptu Jumat Wage) + 10 (neptu Minggu Legi) = 20 (RATU).

2. Agar hasilnya JODOH, weton Minggu Legi harus bersama dengan pemilik weton yang memiliki neptu sebesar 11, seperti Senin Pon dan Jumat Legi. Ini dapat dihitung sebagai berikut:

10 (neptu Jumat Wage) + 11 (neptu Senin Pon dan Jumat Legi) = 21 (JODOH).

3. Untuk mencapai hasil PESTHI, weton Jumat Wage perlu bertemu dengan pemilik weton yang memiliki neptu sebesar 7 atau 16. Contohnya, Selasa Wage memiliki neptu 7, sementara Rabu Pahing, Kamis Kliwon, dan Sabtu Pon memiliki neptu 16. Ini dapat dihitung sebagai berikut:

10 (neptu Jumat Wage) + 7 (neptu Selasa Wage) = 17 (PESTHI).

10 (neptu Jumat Wage) + 16 (neptu Rabu Pahing, Kamis Kliwon, dan Sabtu Pon) = 26 (PESTHI).

4. Untuk mendapatkan hasil TINARI, weton Jumat Wage harus bersama dengan pemilik weton yang memiliki neptu sebesar 13, seperti Kamis Legi, Jumat Pon, Sabtu Wage, dan Minggu Kliwon. Ini dapat dihitung sebagai berikut:

10 (neptu Jumat Wage) + 13 (neptu Kamis Legi, Jumat Pon, Sabtu Wage, dan Minggu Kliwon) = 23 (TINARI).

Demikianlah penjelasan mengenai jodoh Kamis Pahing yang paling sesuai menurut Primbon Jawa. Semoga informasi ini dapat membantu menjawab rasa penasaran kalian selama ini.

(kpl/psp)

Topik Terkait