Sering Disebut Spageti Lokal, Palembang Juga Punya Mi Celor yang Jadi Makanan Khas Penggugah Selera


Berita | Senin, 3 Januari 2022 19:01

Kapanlagi.com - Palembang selalu identik dengan yang namanya pempek. Tapi jangan salah, masih ada banyak makanan khas lain yang menggugah selera dari Bumi Sriwijaya. Satu diantaranya adalah mi celor. Siapa nih KLovers yang udah pernah coba?


Mi celor sering disebut mirip dengan spageti karena bentuk minya yang serupa yaitu lebih tebal dari mi pada umumnya. Penampakannya pun terlihat sekilas layaknya spageti carbonara karena mi celor disajikan dengan kuah santan kental dan gurih.

Mi yang satu ini kerap menjadi salah satu pilihan menu untuk sarapan. Tapi nggak ada salahnya juga kalau KLover ingin menyantap mi celor ketika makan siang atau bahkan malam.

Dilansir dari Liputan6.com, Mi ini dibuat dari tepung terigu ini dengan tekstur yang padat, sehingga memang sangat mengenyangkan jika disantap di pagi hari. Potongan telur ayam bulat juga menjadi ciri khas mi yang satu ini.

1 dari 3 halaman

1. Bahan Mi Celor

Mi Celor khas Palembang (credit: Liputan6.com / Nefri Inge)

Buat KLovers yang pengen banget bisa mengkreasikan sendiri mi celor, nih kita kasih resep dan cara bikinnya. Bahan dan proses pembuatannya cukup mudah kok.

Bahan:

200 gr udang, kupas pisahkan dengan kepalanya
250 gr mie telur, rebus sebentar
100 gr tauge, siangi
2 butir telur ayam, rebus dan potong jadi dua
4 batang daun kucai, iris tipis
1 buah jeruk limau
3 sdm kental manis
2 sdm tepung terigu, larutkan dengan air
bawang goreng, sebagai bahan pelengkap

 

2 dari 4 halaman

2. Cara Membuat

1. Rebus kepala udang dengan garam dan merica secukupnya. Masukkan daun salam dan serai agar sedap. Saring dan ambil kaldunya.
2. Lumuri udang dengan jeruk dan biarkan 15 menit.
3. Didihkan lagi kaldu udang, masukkan udang kupas dan masak hingga matang.
4. Tuang kental manis dan masukkan 1 butir telur mentah yang sudah dikocok, aduk rata hingga kuah keruh.
5. Tuangkan larutan tepung terigu hingga kuah mengental dan beri sedikit perasan jeruk limau agar segar. Masak hingga mendidih.
6. Sajikan mie telur yang sudah direbus dengan tauge di atasnya, tuang kuah mie celor beserta udangnya dan beri taburan bawang goreng serta potongan telur rebus.

 

3 dari 4 halaman

3. Cobain Mi Celor Tanpa Ribet

Mi Celor khas Palembang (credit: Liputan6.com / Nefri Inge)

Kalau kamu pengen cobain mi celor tanpa mau repot, langsung aja kunjungi ManisdanSedap.com. Platform kuliner ini merupakan bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) yang akan membantu para pecinta kuliner dalam melakukan pre order menu makanan favorit mereka dari berbagai kota yang ada di Indonesia.

KLovers juga bisa mendapat rekomendasi makanan khas lainnya yang bisa kamu beli secara pre-order. So, tunggu apalagi, yuk langsung cek ManisdanSedap.com untuk mencicipi mi celor dan deretan makanan enak lainnya.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

 

(kpl/lou)