Apa Itu Multiple Sklerosis? Penyakit Pepeng Sebelum Meninggal

Rabu, 06 Mei 2015 12:18 Penulis: Arai Amelya
Apa Itu Multiple Sklerosis? Penyakit Pepeng Sebelum Meninggal
Pepeng ©KapanLagi.com®

Kapanlagi Plus - Oleh: Arai Amelya

Rabu (6/5) kembali lagi awan duka menyelimuti dunia entertainment tanah air. Adalah Ferrasta Soebardi atau yang oleh generasi 90-an dikenal sebagai Pepeng 'Jari-Jari', menghembuskan nafas terakhir pada pukul 10.05 pagi di Rumah Sakit Cinere, Jakarta.

Kematian Pepeng jelas menjadi duka tak hanya oleh keluarga, sahabat tapi juga penggemar setianya. Apalagi dalam tahun-tahun terakhir hidupnya, pria kelahiran Sumenep itu selalu terlihat begitu penuh semangat meskipun hanya bisa duduk atau terbaring lemah. Ya, Multiple Sklerosis (MS) memang membuat ayah empat anak itu lumpuh, tapi tidak dengan semangat hidupnya.

Seperti inilah kondisi jaringan parut penderita Multiple Sklerosis ©carefecthomecareservicesSeperti inilah kondisi jaringan parut penderita Multiple Sklerosis ©carefecthomecareservices

Berbicara mengenai Multiple Sklerosis, tentu banyak di antara kamu yang cukup asing. Selain untuk diucapkan cukup sulit, MS rupanya juga termasuk penyakit langka. Multiple Sklerosis (Sklerosis ganda) adalah kelainan peradangan pada otak dan sumsum tulang belakang. Secara mudahnya, penyakit ini merusak sistem syaraf pusat dan sampai sekarang penyebabnya tetap misterius.

Gejala penderita Multiple Sklerosis pun beragam dan terkait dengan kontrol otot, keseimbangan, penglihatan atau kemampuan bicara. Namun ada pula kondisi seperti mati rasa, masalah pendengaran, penglihatan dan kemampuan mental menurun bisa menjadi penyebab MS. Dari penelitian, ada kemungkinan hubungan kurangnya vitamin D dalam tubuh dengan gangguan Autoimun yang menjadi penyebab MS. Untuk itulah ada yang sampai menyarankan penderita Multiple Sklerosis untuk rajin berjemur supaya kinerja syaraf mereka membaik.

Lokasi epidemi Multiple Sklerosis. Indonesia bahkan tak terlalu rentan ©Utah.eduLokasi epidemi Multiple Sklerosis. Indonesia bahkan tak terlalu rentan ©Utah.edu

Pepeng sendiri mulai ketahuan menderita Multiple Sklerosis di tahun 2011 dan mengaku sudah mengalami selama 6 tahun. Saat dilarikan ke rumah sakit tahun 2012, anak Pepeng mengakui jika daya tahan tubuh Pepeng tak sebaik orang normal. Hal itu dikarenakan MS membuat sistem kekebalan tubuh penderita menyerang jaringan di sekitar syaraf otak. Menjadi penyakit langka, rupanya sampai sejauh ini MS belum ditemukan obatnya dan di negara empat musim alias luar negeri, penderita MS biasanya menggunakan pereda nyeri untuk mengurangi gejala MS.

"Sakitnya susah digambarin. Kayak diketuk palu, nyut-nyut dan sakit sekali. Setelah serangan yang ketiga, saya nggak bisa jalan. Biasanya penyakit Multiple Sklerosis cuma ada di musim dingin, penderita di luar negeri banyak minum painkiller untuk nahan rasa nyeri. Tapi saya tetap pakai pengobatan China dan obat paling mujarab adalah dzikir," jelas mendiang Pepeng pada tahun 2011 silam.

Tentang penulis:
Arai Amelya adalah seorang millenial sekaligus pemerhati sosok muda di sosial media yang hobi naik gunung.

(kpl/aia)

Editor:

Arai Amelya



MORE STORIES




REKOMENDASI