Arti Fii Amanillah, Beserta Waktu yang Tepat Mengucapkan dan Cara Menjawabnya Sesuai Sunnah

Sabtu, 23 Oktober 2021 12:22 Penulis: Dhia Amira
Arti Fii Amanillah, Beserta  Waktu yang Tepat Mengucapkan dan Cara Menjawabnya Sesuai Sunnah
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Doa menjadi salah satu hal penting yang dilakukan bagi seorang muslim. Dengan berdoa, kita meminta perlindungan dari Allah SWT dalam keadaan apapun. Salah satunya yaitu doa Fii Amanillah, yang menjadi sebuah doa baik. Apa sih sebenarnya arti Fii Amanillah?

Bagi kalian yang belum mengetahuinya, Fii Amanillah merupakan sebuah doa terbaik yang kita berikan dan harapkan bagi seorang muslim. Selain itu, bagi kalian yang mendapatkan doa Fii Amanillah, kalian juga harus menjawabnya dengan tepat. Selain itu kalian juga bisa memberikan doa Fii Amanillah dalam beberapa kondisi tertentu.

Nah, untuk itu dilansir dari berbagai sumber, berikut ini arti Fii Amanillah beserta dengan cara menjawabnya yang baik dan tepat sesuai sunnah. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Apa Arti Fii Amanillah

Arti Fii Amanillah merupakan arti baik yang bisa kita berikan oleh saudara muslim kita. Bahkan doa Fii Amanillah ini sangat baik diberikan oleh mereka yang akan melakukan kegiatan bepergian. Dan berikut ini arti dari doa baik tersebut,

Fii Amanillah

Artinya: Semoga engkau dalam perlindungan Allah SWT."

Sehingga doa ini menjadi sebuah harapan baik untuk kita pada seseorang. Baik itu untuk meminta perlindungan dalam perjalanan ataupun dalam hal lainnya. Karena muslim yang selalu memohon perlindungan dari Allah SWT akan dituntun ke jalan yang baik.

Selain diucapkan kepada orang yang akan bepergian, kita juga dapat mengucapkan Fii Amanillah pada seseorang yang dalam kondisi sedang menghadapi musibah, orang yang sedang dalam masalah, atau orang yang sedang mengerjakan suatu pekerjaan berbahaya, supaya mereka selalu dalam perlindungan Allah SWT dan selalu mendapat keselamatan.

2. Bagaimana Cara Menjawab Ucapan Fii Amanillah

Mendapatkan doa baik dari seseorang tentu harus kita jawab dengan jawaban yang baik pula. Hal ini agar baik kita yang mendapatkan doa baik, ataupun dia yang memberikan diberikan keberkahan dari Allah SWT.

Sama seperti Assalamualikum, Fii Amanillah juga memiliki jawaban yang bisa kita berikan sesuai dengan sunnah. Tentu saja jawaban untuk doa baik juga terdapat dalam firman Allah SWT di Surat An-Nisa ayat 86 yang berbunyi sebagai berikut,

"Wa izaa huyyiitum bitahiyyatin fa hayyu bi'ahsana min-haa au rudduhaa, innallaaha kaana 'alaa kulli syai'in hasiibaa."

Artinya: Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungkan segala sesuatu.

Dan bagaimana jawaban sesuai sunnah dalam menjawab Fii Amanillah? Jawaban yang baik untuk Fii Amanillah adalah Ma'assalamah, yang artinya sama seperti Fii Amanillah yaitu, semoga keselamatan menyertaimu.

3. Waktu yang Tepat untuk Mengucapkan Fii Amanillah

Tentu pengucapan Fii Amanillah harus dalam kondisi yang tepat, dan ada beberapa kondisi baik bila kita mengucapkan Fii Amanillah. Berikut ini ada beberapa kondisi baik yang bisa kita lakukan untuk memberikan ungkapan Fii Amanillah pada saudara sesama muslim:

1. Bertemu dengan seorang muslim yang sedang menghadapi musibah.

2. Untuk seseorang yang akan atau sedang menjalankan amanah dan tanggung jawab terhadap suatu hal.

3. Untuk orang yang akan melakukan pekerjaan atau tugas yang berisiko tinggi.

4. Untuk seseorang yang akan melakukan perjalanan jauh.

5. Pada akhir percakapan juga bisa kita selipkan harapan serta doa Fii Amanillah.

Itulah arti Fii Amanillah yang bisa kalian ketahui lebih dalam. Bukan hanya arti Fii Amanillah saja, kalian juga bisa mengetahui jawaban dan kondisi yang cocok untuk jawaban dari doa Fii Amanillah.

Setiap umat muslim tentu ingin mendapatkan perlindungan dari Allah SWT, baik dalam keadaan buruk ataupun dalam keadaan baik sekalipun. Karena perlindungan Allah SWT merupakan perlindungan yang tidak bisa ditembus oleh apapun.

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI