Arti Hijrah dalam Islam Beserta Jenis dan Kata-Kata Mutiara Tentang Hijrah

Rabu, 15 Juni 2022 11:33 Penulis: Dhia Amira
Arti Hijrah dalam Islam Beserta Jenis dan Kata-Kata Mutiara Tentang Hijrah
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Arti hijrah diartikan sebagai seseorang yang meninggalkan semua perbuatan buruk diganti dengan perbuatan baik dan taat kepada syariat agama. Hijrah terkadang membutuhkan proses yang panjang hingga mampu mengetuk hati dan jiwa seseorang kembali pada perintah agama.

Namun, arti hijrah tidak selalu semata-mata untuk hal spiritual ya KLovers. Kata hijrah sendiri diambil dalam bahasa Arab yang artinya berpindah, sehingga kata hijrah ini bisa digunakan untuk ungkapan berpindah tempat bila di luar dari sisi spiritual.

Ada beragam penyebab seseorang memutuskan untuk hijrah secara spiritual, salah satunya karena mendapatkan hidayah. Ketika memutuskan berhijrah, maka ada keyakinan dalam diri untuk taat pada perintah agama dan menjauhi segala larangannya.

Nah, untuk KLovers yang ingin mengetahui lebih dalam tentang penjelasan arti hijrah. Maka berikut ini penjelasan tentang arti hijrah beserta dengan ungkapan kata hijrah tersebut di dalam Alquran.

 

1. Pengertian Hijrah

Menurut KBBI, arti hijrah berasal dari bahasa Arab yang berarti perpindahan. Kata ini berakar dari bahasa Arab yang berarti berpindah. Secara khusus, pengertian hijrah didefinisikan sebagai perpindahan Nabi Muhammad SAW bersama sebagian pengikutnya dari Makkah ke Madinah untuk menyelamatkan diri dan sebagainya dari tekanan kaum kafir Quraisy.

Secara umum, arti adalah berpindah atau menyingkir untuk sementara waktu dari suatu tempat ke tempat lain yang lebih baik dengan alasan tertentu, baik itu untuk keselamatan, kebaikan, dan sebagainya. Hijrah juga berarti perubahan entah itu sikap, tingkah laku, dan sebagainya ke arah yang lebih baik.

Sedangkan dari sudut pandang spiritual, arti penerapan hijrah dalam kehidupan sehari-sehari cakupannya begitu luas, pada intinya hijrah adalah tindakan yang harus dibarengi dengan perubahan ke arah yang lebih baik dan terus menerus diupayakan jadi lebih baik setiap harinya.

hijrah dipahami sebagai transisi dari keadaan lemah manusia atas dosa menjadi keadaan yang kuat dan terus berjuang untuk menghindarinya. Keadaan yang penuh dengan kelalaian menuju kesadaran spiritual yang sehat. Dan itulah mengapa, hijrah ini bisa dikatakan sebagai perpindahan dari buruk menjadi lebih baik dalam hal spiritual.

 

2. Pengertian Hijrah Menurut Ahli

Tidak hanya arti hijrah secara umum saja, namun juga ada arti hijrah menurut para ahli. Dan berikut ini beberapa penjelasan tentang arti hijrah menurut para ahli tersebut.

1. M. Quraish Shihab

Hijrah bertumpu pada makna meninggalkan, yakni meninggalkan atas dasar karena ketidaksenangan (kebencian) terhadapnya sehingga, Nabi SAW beserta sahabatnya mengambil tindakan tegas untuk meninggalkan Makkah atas ketidaksenangan terhadap perilaku masyarakat yang telah melampaui batas nilai etik dan moral sebagai manusia berupa perilaku kemusyrikan yang merajalela dan kampanye stratifikasi sosial yang berlebihan.

2. Ziaul Haque

Menurut Ziaul Haque, arti hijrah merupakan perpindahan dari suatu tempat ke tempat lain yang mengandung nilai pengorbanan dari suatu tempat ke tempat lain yang mengandung nilai pengorbanan yakni rela meninggalkan rumah, kampung halaman, keluarga, harta benda yang selama ini terus di damba-dambakannya.

Konotasi makna hijrah juga adalah berubah dari imoralitas kepada moralitas, dari kepalsuan kepada kebenaran, dan dari kegelapan kepada cahaya ilahi. Dan yang berhijrah (muhajir) disebut sebagai orang yang setia kepada kebenaran.

3. Syekh Ibnu Abbad

Dan menurut Syekh Ibnu Abbad, arti hijrah kepada Allah dan rasul-Nya adalah tuntunan secara eksplisit terhadap manusia untuk membulatkan hati semata-mata untuk Allah dan larangan secara implisit untuk memberikan hati untuk segala hal duniawi.

 

3. Jenis Hijrah

Bukan hanya mengetahui arti hijrah saja, namun ada pula loh jenis dari hijrah itu sendiri. Menurut Moenawar Khalil menjelaskan dalam buku Kelengkapan Tarikh Nabi Muhammad Volume 1, arti hijrah menurut syariah itu ada tiga macam dan berikut ini jenis dari hijrah tersebut.

1. Meninggalkan

Arti hijrah dari (meninggalkan) semua perbuatan yang dilarang oleh Allah. Hijrah ini wajib dikerjakan oleh setiap orang yang mengaku beragama Islam. Nabi SAW bersabda, "Orang yang berhijrah itu ialah orang yang meninggalkan segala apa yang Allah telah melarang darinya." (HR. Imam Bukhari)

2. Mengasingkan

Arti hijrah (mengasingkan) dari pergaulan dengan orang musyrik atau kafir yang memfitnah pemeluk Islam. Oleh karena itu, apabila umat Islam tidak dapat mengerjakan perintah dan menjauhi larangan di suatu tempat karena disebabkan oleh adanya fitnah yang diperbuat orang kafir atau musyrik, wajib baginya untuk mengasingkan diri ke daerah lain.

3. Berpindah

Arti hijrah (berpindah) dari daerah orang kafir atau musyrik ke daerah orang-orang muslim, seperti Hijrah Nabi SAW dan kaum Muslimin dari Mekah ke Madinah. Hijrah ini wajib dikerjakan oleh setiap Muslim jika tidak kuasa membongkar atau memusnahkan keadaan dan perbuatan yang dilarang Allah SWT di daerah tersebut.

 

4. Ungkapan Hijrah dalam Alquran

Ungkapan hijrah sendiri nyatanya beberapa kali diungkapkan dalam Alquran loh KLovers. Dan berikut ini beberapa ungkapan hijrah yang ada di dalam sebuah Alquran:

1. "Maka Lut membenarkan (kenabian Ibrahim). Dan dia (Ibrahim) berkata, "Sesungguhnya aku harus berpindah ke (tempat yang diperintahkan) Tuhanku; sungguh, Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana." (QS al-Ankabut,29:26 - Kembali kepada Allah dengan harapan mendapatkan hidayah-Nya)

2. "Mereka ingin agar kamu menjadi kafir sebagaimana mereka telah menjadi kafir, sehingga kamu menjadi sama (dengan mereka). Janganlah kamu jadikan dari antara mereka sebagai teman-teman(mu), sebelum mereka berpindah pada jalan Allah. Apabila mereka berpaling, maka tawanlah mereka dan bunuhlah mereka di mana pun mereka kamu temukan, dan janganlah kamu jadikan seorang pun di antara mereka sebagai teman setia dan penolong." (QS al-Nisa'/4:89 - meninggalkan tempat, keadaan, atau sifat, karena menuntut ridha' Allah.)

3. "Laki-laki (suami) itu pelindung bagi perempuan (istri), karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (perempuan), dan karena mereka (laki-laki) telah memberikan nafkah dari hartanya. Maka perempuan-perempuan yang saleh adalah mereka yang taat (kepada Allah) dan menjaga diri ketika (suaminya) tidak ada, karena Allah telah menjaga (mereka). Perempuan-perempuan yang kamu khawatirkan akan nusyuz, hendaklah kamu beri nasihat kepada mereka, tinggalkanlah mereka di tempat tidur (pisah ranjang), dan (kalau perlu) pukullah mereka. Tetapi jika mereka menaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari alasan untuk menyusahkannya. Sungguh, Allah Mahatinggi, Mahabesar." (QS an-Nisa',4:34 - berpaling dari isteri yang tidak patuh)

4. "Dan bersabarlah (Muhammad) terhadap apa yang mereka katakan dan tinggalkanlah mereka dengan cara yang baik." (QS al-Muzammil,73:10 - meninggalkan orang-orang yang tidak beriman dengan cara yang baik, tanpa melukai hati mereka)

5. "dan tinggalkanlah segala (perbuatan) yang keji," (QS al-Muddatstsir,74:5 - perintah meninggalkan keburukan dan kemaksiatan)

 

5. Kata-Kata Hijrah

Dan yang terakhir yaitu, ada kata-kata hijrah yang mungkin bisa menjadi sebuah nasihat atau motivasi untuk KLovers yang ingin memulai ataupun sedang melakukan hijrah. Berikut ini kata-kata hijrah tersebut:

1. "Hijrah memang perjalanan yang indah, ada beragam lika-liku di mana kita mesti kuat dalam menjalaninya."

2. "Hijrah sebenar-benarnya hijrah, hijrah yang bukan hanya sekadar mengubah penampilan."

3. "Hijrah bukan sekadar lintasan sejarah, tetapi hukum yang masih berjalan."

4. "Kalau hijrahmu hanya sebatas posting-posting ceramah dan ayat suci, itu bukan hijrah. Itu konten."

5. "Hijrah adalah jalan yang sedang aku tempuh."

6. "Percayalah bahwa hijrah itu akan membawa segala hal kepada kebaikan."

7. "Hijrah bukanlah sesuatu yang mudah. Ia memerlukan pengorbanan yang besar."

8. "Hijrah adalah proses perjalanan seorang hamba menuju taat, bukan tentang siapa yang lebih dahulu memulai, tapi tentang siapa yang bertahan sampai khusnul khotimah."

9. "Hijrah itu berat, kalau ringan itu namanya istirahat."

10. "Jika niatmu benar lelah akan menjadi Lilah. Kelelahan yang diberkahi akan menjadikanmu menjadi seorang pekerja keras dan tetap taat kepada-Nya. Berhijrah tidak akan menjadi lelah, namun akan bersamaan dengan kenikmatan yang tak terduga."

11. "Jangan sampai hijrah kita menjadi sia-sia karena hal yang sia-sia."

12. "Hijrah yang tidak memberikan manfaat adalah hijrah yang dilakukan setengah-setengah."

13. "Jangan jadikan alasan hijrah untuk menghakimi bukannya memaafkan."

14. "Hijrah itu tidak mudah. Ukhti membutuhkan pengorbanan yang berat untuk melakukannya. Terkadang dijauhi teman dalam kemaksiatan. Bersabarlah, jadikan hal tersebut sebagai ujian yang akan menaikkan derajatmu di sisi-Nya."

15. "Allah akan berikan derajat yang tinggi kepada lelaki yang berhijrah. Menjaga kehormatannya dan berbakti kepada kedua orang tuanya."

16. "Seperti adab bertamu, kita tak mungkin menunggu pintu dibukakan oleh pemilik rumah tanpa kita berusaha mengetuk atau bersalam lebih dulu. Begitu juga dengan hidayah. Jangan hanya ditunggu. Tapi, jemputlah!"

17. "Tugas selama hidup itu hanya untuk berusaha dan bersyukur karena setiap hari kamu hanya butuh tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik menurut ketentuan Allah."

18. "Jangan sibukkan diri dengan menghias demi mencari jodoh. Sibukkan diri dengan memperbaiki iman demi mencari rida Allah karena kita tak akan tahu siapa yang lebih dulu datang melamar, entah itu jodoh ataupun ajal."

19. "Hijrah itu tidak mudah karena hadiahnya surga. Tetap melangkah, jangan menyerah, apalagi berbalik arah."

20. "Teruslah berlari, teruslah berjalan, teruslah merangkak karena setiap usaha kita Allah selalu melihatnya."

21. "Di balik kata istiqomah ada perjuangan yang kuat, pengorbanan yang banyak, dan doa yang tidak pernah berhenti."

22. "Hijrah dan istiqomah terkadang membuat kita ditinggalkan oleh orang orang yang kita cintai. Percayalah, itu adalah ujian, Allah akan gantikan dengan orang yang lebih tepat mengisi kehidupan kita."

23. "Hijrah membutuhkan hidayah, tidak mudah dan berpredikat lulus hijrah karena butuh istiqomah dan kemantapan hati."

24. "Hijrah dulu, istiqomah kemudian. Memang terasa berat, namun Anda harus mencoba dan melalui rintangan yang ada. Anda akan merasakan kenikmatan dari-Nya yang bisa membuat diri menjadi sadar, bahwa berbuat baik itu menyenangkan."

25. "Datangnya kematian tidak menunggu kamu istiqomah. Namun, istiqomahlah sambil menunggu datangnya kematian."

26. "Waktu takkan pernah bisa diputar balik. Maka tunggu apa lagi, cepatlah menjadi baik."

27. "Hijrah karena Allah akan menumbuhkan rasa istiqomah perlahan-lahan."

28. "Istiqomah itu tidak mudah untuk menjaganya, bahkan tak jarang engkau harus mengeluarkan air mata."

29. "Jangan berputus asa, Allah tak akan mengecewakan hamba-Nya yang ingin memperbaiki diri. - Ust. Hanan Attaki

30. "Kalau kita ingin berubah menjadi lebih baik karena Allah maka Allah akan menghantar orang-orang baik untuk kita."

Itulah sedikit penjelasan tentang arti hijrah beserta dengan ungkapan kata hijrah tersebut di dalam Al Quran. Selain itu, ada pula jenis hijrah dan kata-kata bijak.

 

(kpl/gen/dhm)



MORE STORIES




REKOMENDASI