Arti Komersial: Penjelasan, Jenis dan Juga Tujuannya

Minggu, 04 Desember 2022 10:33 Penulis: Dhia Amira
Arti Komersial: Penjelasan, Jenis dan Juga Tujuannya
Ilustrasi (credit: pexels.com)


Kapanlagi Plus - Bagi mereka yang bekerja dalam bidang bisnis, baik itu produk atau jasa, pasti mengetahui apa arti komersial. Namun, apakah kalian tahu secara baik arti komersial itu sendiri?

Ya, komersial menjadi sebuah wadah untuk memasarkan sebuah produk ataupun jasa. Selain mengetahui arti komersial, KLovers juga bisa mengetahui jenis-jenis komersial dan juga tujuannya.

Untuk itu, dilansir dari berbagai sumber, berikut ini penjelasan arti komersial, beserta dengan jenis-jenis dan tujuan komersial.

 

1. Arti Komersial Adalah

Arti komersial adalah suatu hal yang terkait dengan pembelian dan penjualan barang maupun jasa yang mencakup semua kegiatan serta hubungan industri perdagangan. Secara umum, pengertian komersial adalah sesuatu yang berhubungan dengan perdagangan, bernilai niaga tinggi sehingga terkadang mengorbankan nilai-nilai sosial dan budaya.

Komersial dapat juga diartikan segala sesuatu yang bernilai ekonomis atau memiliki nilai lebih sehingga dapat diambil keuntungan darinya, apapun barangnya itu yang berpotensi dibuat menjadi komersial. Namun, ada pula arti komersial yang non komersial atau tidak mendapatkan sebuah keuntungan dalam bentuk material.

Non komersial adalah iklan yang di dalamnya memiliki isi pesan sosial agar masyarakat bisa memiliki perhatian terhadap isu-isu tertentu. Biasanya iklan non komersial memiliki bentuk seperti ajakan atau saran untuk melakukan sesuatu. Sebagai contohnya adalah iklan ajakan untuk mengurangi penggunaan plastik.

Lalu ada juga non komersial yang dirilis oleh pemerintah, seperti iklan yang memberikan ajakan kepada masyarakat untuk taat dalam membayar pajak. Kemudian non komersial untuk memberikan motivasi, memberikan suatu edukasi, hingga ajakan untuk hidup lebih baik, serta memberikan peringatan terkait dengan hal yang tidak baik.

 

2. Jenis-Jenis Komersial

Setelah kalian mengetahui arti komersial, kalian juga bisa mengetahui jenis-jenis dari komersial. Dan berikut ini beberapa jenis komersial beserta dengan penjelasannya.

1. Iklan Komersial

Jenis komersial adalah sebuah iklan yang menyampaikan pesan kepada audiens terkait suatu produk atau jasa. Iklan ini berupaya mempengaruhi audiens agar tertarik dan membeli produk yang diiklankan. Sehingga, iklan komersial adalah suatu iklan yang yang dibuat untuk memasarkan atau menawarkan sebuah produk dan jasa dari perusahaan atau produsen.

2. Siaran Komersial

Jenis komersial yang kedua yaitu, ada siaran komersial. Jenis komersial ini adalah kegiatan jual-beli atau sesuatu hal yang mengambil keuntungan dari sebuah saluran siaran media penyiaran. Contoh siaran komersial adalah TV, Radio, dan masih banyak yang lainnya.

3. Paper Komersial

Paper komersial adalah suatu sekuritas pasar yang berupa surat promise tanpa jaminan atau unsecured debt yang diterbitkan oleh bank, atau perusahaan besar yang mana sifat komersial paper ini adalah short term atau jangka waktu pendek.

Komersial paper biasa disebut dengan CP (Commercial Paper). Pada umumnya tingkat return atau imbal balik dari CP ini cukup rendah. Contoh komersial paper adalah deposito, cek, surat sanggup bayar, bank draft, dan masih banyak yang lainnya.

4. Bank Komersial

Kemudian bank komersial adalah salah satu jenis komersial selanjutnya. Jenis komersial ini adalah nama lain dari bank umum yang orientasi untuk mencari laba dan menyediakan berbagai jasa keuangan seperti pembuatan deposito, tabungan, pinjaman kredit usaha dan produk-produk investasi dasar lainnya.

5. Barter Komersial

Barter komersial adalah sesuatu hal yang berkaitan tentang uang, barang, jas, maupun sukarela yang menghasilkan keuntungan. Contoh barter komersial adalah bank, mall, dan masih banyak yang lainnya.

6. Perangkat Lunak Komersial

Dan jenis komersial terakhir ada perangkat lunak komersial, yang merupakan perangkat lunak komputer yang dijual secara komersial, contohnya software keluaran Microsoft. Kebalikannya ada juga perangkat lunak yang bersifat open source yang dapat digunakan tanpa perlu membeli lisensinya, contohnya sistem operasi linux.

 

3. Tujuan Komersial

Selain itu, kalian juga bisa loh mengetahui tujuan dari komersial itu sendiri. Ya, selain arti komersial dan jenis-jenis komersial, tujuan dari komersial juga perlu KLovers ketahui. Dan berikut ini tujuan dari komersial itu.

1. Membagi sebuah informasi kepada masyarakat tentang suatu produk, barang, jasa, merek, dan perusahaan yang bergerak di bidang tertentu. Sebuah brand atau suatu perusahaan perlu melakukan upaya untuk bisa memperkenalkan produknya kepada masyarakat luas, khususnya untuk produk yang baru dirilis.

2. Mempengaruhi orang lain atau membujuk orang lain agar mereka mau membeli barang atau jasa yang telah kita iklan kan untuk mereka. Selain itu, adanya iklan komersial juga diharapkan mampu mengubah persepsi serta membentuk suatu citra positif terkait dengan produk ataupun suatu brand.

3. Mendapatkan keuntungan dari sebuah kegiatan komersial. Ya, bagi mereka yang memasarkan produk dalam bentuk iklan, diharapkan hal tersebut menjadi sebuah pendorong agar produk atau jasa yang dipasarkan bisa mendapatkan sebuah keuntungan.

4. Memastikan produk tidak mengalami penurunan Lebih awal. Setiap produk memiliki life cycle serta akan ada masanya mengalami penurunan atau decline setelah mencapai kondisi maturity di pasar. Meski sebenarnya hal tersebut akan selalu dialami oleh semua produk. Sehingga, hal ini bisa diwujudkan menggunakan iklan komersial.

Itulah penjelasan tentang arti komersial yang bisa KLovers ketahui dan pahami. Selain mengetahui arti komersial, KLovers juga bisa mengetahui jenis-jenis komersial dan tujuan dari komersial itu sendiri.

 

(kpl/gen/dhm)



MORE STORIES




REKOMENDASI