Awas, Ternyata Kue Cubit Berbahaya Bagi Tubuh

Senin, 09 Maret 2015 07:18 Penulis: Arai Amelya
Awas, Ternyata Kue Cubit Berbahaya Bagi Tubuh
Kue Cubit

Kapanlagi Plus - Di Indonesia ada banyak sekali kuliner yang menggoda selera. Mulai dari makanan serba berat sampai makanan ringan seperti kue cubit. Yap, kue yang aslinya dari Bandung ini makin hari makin populer dengan berbagai varian topping. Apalagi ada kue cubit setengah matang yang super yummy. Namun kok kue cubit setengah matang katanya bahaya, bener nggak sih?

Padahal kue cubit setengah matang saat ini makin menikmati popularitasnya. Berbagai rasa dan taburan modern serta lelehannya yang masih empuk, hangat dan manis bikin kue cubit setengah matang diburu. Dianggap punya rasa yang lebih lezat dan sensasi unik, dari segi memasak, kue cubit setengah matang bisa berbahaya bagi kesehatannmu jika tak dikonsumsi secara tepat.

Salah satu ahli kuliner bernama Chef Setiyanto mengungkapkan pendapatnya, "Sebenarnya tak masalah kalau menyantap kue cubit setengah matang setelah diangkat dari tempat masaknya. Jadi bahaya kalau sudah didiamkan apalagi lebih dari empat jam," seperti dilansir CNN Indonesia.

Siapa yang menolak diberikan kue cubit setengah matang?Siapa yang menolak diberikan kue cubit setengah matang?

Menurut Setiyanto, standar memasak internasional menyebutkan jika makanan dari suhu panas yang didiamkan lebih dari empat jam ternyata tak baik bagi kesehatan. Apalagi jika makanan itu mengandung telur -seperti kue cubit- dan makin parah jika makanan yang mengandung telur itu dimasak setengah matang (Nah lho!). Kalau kamu tak tahu, telur ayam rupanya mengandung bakteri Salmonella yang jika tak dimasak dan dikonsumsi dengan tepat bisa bikin kamu sakit.

"Salmonella bisa bikin diare atau muntah-muntah. Apalagi dimasak setengah matang bikin kandungan karbohidrat dalam tepung kue cubit cepat basi karena sifatnya cepat rusak. Untuk efeknya sih memang setiap orang bakal beda, tergantung ketahanan tubuh mereka. Yang rentan ya anak-anak, ibu hamil dan lansia apalagi musim Pancaroba seperti sekarang," jelas Setiyanto.

Nah, kamu yang penggemar kue cubit setengah matang, lebih baik langsung disantap usai dimasak dan tetap jaga kesehatan ya!

(cnni/aia)

Editor:

Arai Amelya



MORE STORIES




REKOMENDASI