Bakal Legal Menikah? 10 Ribu Orang LGBT Taiwan Ini Pamer Parade

Senin, 02 November 2015 14:18 Penulis: Lusi Vita
Bakal Legal Menikah? 10 Ribu Orang LGBT Taiwan Ini Pamer Parade
Inilah suasana saat 10 ribu orang LGBT di Taiwan pamer parade dukungan legalisasi pernikahan sesama jenis ┬ęTaiwan

Kapanlagi Plus - Kontroversi LGBT di dunia memang masih berlanjut. Setelah legalisasi pernikahan sesama jenis di Amerika diresmikan. Kini, salah satu negara di Asia pun seperti tidak mau ketinggalan dengan fenomena sosial yang terus menjadi topik perbincangan hangat tersebut.

Adalah Taiwan, salah satu negara kecil dan maju di Benua Asia ini digadang-gadang juga akan meresmikan legalisasi tersebut tahun depan. Wah, betulkah kabar tersebut? Kalau memang benar, bisa jadi Taiwan bakal jadi negara pertama di Asia yang melegalkan pernikahan sesama jenis itu dong?

Yap, wacana yang dicetuskan oleh calon Presiden Tsai Ing-Wen ini pun disambut gembira oleh kaum LGBT di sana. Di mana, wujud dari dukungan mereka itu berbentuk parade kaum dan komunitas LGBT di Taiwan yang diselenggarakan di sepanjang jalan Kota Taipei pada hari Sabtu lalu, seperti yang dilansir melalui Shanghaiist.

Inilah suasana kebanggaan 10 ribu orang LGBT dan pendukung peresmian pernikahan sejenis di Taiwan ©ShanghaiistInilah suasana kebanggaan 10 ribu orang LGBT dan pendukung peresmian pernikahan sejenis di Taiwan ©Shanghaiist

Setidaknya sekitar 10 ribu orang yang mendukung legalisasi itu memadati jalanan tersebut demi mendukung kampanye calon Presiden Tsai Ing-Wen. Jika saja terpilih, calon Presiden wanita pertama itu bakal berjanji mewujudkan mimpi-mimpi kaum LGBT di Taiwan.

Menurut Tsai, hal seperti ini dipandangnya sebagai kebebasan hak untuk mencintai dan dicintai sesama manusia. Di mana situasinya saat ini seluruh kaum, komunitas dan aktivis pendukung kaum LGBT pun menggalang suara demi kemenangan calon Presiden yang bakal dipilih pada tanggal 16 Januari mendatang.

10 ribu orang pun memadati seluruh jalanan di Kota Taipei untuk mendukung calon Presiden dan keputusannya untuk melegalkan pernikahan sesama jenis saat menjabat nanti ©Shanghaiist10 ribu orang pun memadati seluruh jalanan di Kota Taipei untuk mendukung calon Presiden dan keputusannya untuk melegalkan pernikahan sesama jenis saat menjabat nanti ©Shanghaiist

"Di hadapan cinta, siapapun dipandang sama. Marilah, setiap orang saling menghargai kebebasan mencintai dan biarkan mereka mengejar kebahagiaan sendiri. Saya Tsai Ing-Wen dan saya mendukung legalisasi pernikahan sesama jenis" ujar Tsai dalam pidatonya.

"Isu ini memang harus dipegang dan dilakukan oleh seluruh masyarakat. Saya harap dalam prosesnya nanti, masyarakat tidak akan terpecah belah dan kita bisa bersama-sama berpikir rasional dan mengerti dalam proses itu" tambahnya.

Terlepas dari itu, para pendukung pun terus menggulirkan berbagai acara, festival dan konferensi di seluruh kongres-kongres besar Asia untuk menempuh jalur yang sama soal persamaan hak ini. Wah, setelah Taiwan negara mana lagi yang bakal bertekad meresmikan pernikahan sesama jenis ya? Menurutmu?

(sha/vit)

Editor:

Lusi Vita



MORE STORIES




REKOMENDASI