Baru 15 Tahun, Jadi Ahli Komputer & Miliki Start Up dari Otodidak

Agista Rully | Selasa, 18 April 2017 12:18
Baru 15 Tahun, Jadi Ahli Komputer & Miliki Start Up dari Otodidak
wittyfeed

Kapanlagi.com - Bisa dibilang usia remaja atau belasan tahun adalah usia pengembangan diri. Bila semangat dan keingintahuan diarahkan ke hal positif, hal-hal besar dapat tercipta. Namun sebaliknya, bila diarahkan pada hal negatif maka akan timbul kerugian besar pula.

Nitesh Yadav adalah salah satu contoh pemuda yang yang menyalurkan energi dan keingintahuannya ke hal yang positif. Pemuda yang saat ini masih berusia 15 tahun ini memiliki perusahaan start up sendiri dan menjadi ahli IT. Padahal dirinya berasal dari desa terpencil yang minim paparan teknologi!

Nitesh, pemuda dari pedesaan India yang belajar otodidak dan berhasil mendirikan start up sendiri  wittyfeed.comNitesh, pemuda dari pedesaan India yang belajar otodidak dan berhasil mendirikan start up sendiri wittyfeed.com

Nitesh tinggal di Kanharka, desa kecil di distrik Alawar, Rajashtan, India. Di desa tersebut, jarang sekali ditemukan orang yang menggunakan internet bahkan pemilik smartphone atau komputer saja jarang. Meski demikian, pemuda yang duduk di kelas 11 ini berhasil mendirikan perusahaan teknologi dengan modal belajar otodidak!

Awalnya Nitesh sama sekali tidak tahu menahu tentang seluk beluk aplikasi android atau ponsel android tapi suatu kali pemuda ini membaca sebuah artikel di koran saat dirinya masih berusia 13 tahun. Artikel tersebut mengisahkan tentang seorang programer otodidak dari distrik yang sama dengan Nitesh, Imran Khan.

Semangat Nitesh terpacu setelah membaca sebuah artikel di koran tentang programer otodidak  wittyfeed.comSemangat Nitesh terpacu setelah membaca sebuah artikel di koran tentang programer otodidak wittyfeed.com

Nitesh lalu berpikir jika seorang dari desa yang sama saja bisa membuat 50 aplikasi edukatif dan lebih dari 100 website kenapa dia tidak? Bermula dari tidak mengenal smartphone sama sekali, Nitesh memutuskan untuk membeli satu smartphone dan mulai belajar coding aplikasi android secara otodidak.

Nitesh belajar semua ilmu komputer dari Google, dari sini Nitesh menciptakan aplikasi Mea Kanhraka yang memberikan informasi tentang desa yang ia tinggali. Aplikasi ini lalu diunduh lebih dari 21 ribu kali dan Nitesh mendapatkan royalti atas banyaknya jumlah unduhan tersebut.

Tak lupa Nitesh juga mendirikan yayasan  wittyfeed.comTak lupa Nitesh juga mendirikan yayasan wittyfeed.com

Dari royalti yang didapatkannya tersebut, Nitesh membeli sebuah laptop yang digunakannya untuk mengembangkan kemampuannya. Dan kini dirinya telah memiliki sebuah perusahaan start up Techsicon dan juga lembaga sosial untuk para perempuan di desanya. Inspiratif banget kan?

(wit/agt)




Kinoy galau gaes... - KapanLagi #LUPAINMANTAN

LATEST UPDATE




REKOMENDASI