Beda Jauh, Ini Tempat Si Doel dan Mandra Mencari Penumpang

Sabtu, 23 April 2016 18:22 Penulis: Natanael Sepaya
Beda Jauh, Ini Tempat Si Doel dan Mandra Mencari Penumpang
Kondisi Tempat Syuting Si Doel Anak Sekolahan © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi Plus - 'Gandul, Gandul, Cinere, Gandul' teriakan itu sering kali terdengar di sinetron Si Doel Anak Sekolahan di halte Cinere. Babe Sabeni yang diperankan oleh almarhum Benyamin S menjadi sopir, sedangkan adik iparnya Mandra menjadi kernet.

Setiap hari Babe Sabeni dan Mandra menghabiskan waktunya untuk di simpangan Cinere untuk mencari penumpang. Pekerjaan yang dilakukan oleh Babe Sabeni guna menghidupi keluarganya, dan membiayai kuliah sang anak, Doel.

Tempat di mana Babe Sabeni, Mandra, dan Doel mencari nafkah di sinetron Si Doel Anak Sekolahan © KapanLagi.com/Muhammad Akrom SukaryaTempat di mana Babe Sabeni, Mandra, dan Doel mencari nafkah di sinetron Si Doel Anak Sekolahan © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Dulu, halte yang sering dipakai Mandra dan Babe Sabeni mangkal di Bilangan Cinere terlihat begitu terang dan belum banyak bangunan rumah maupun perkantoran. Namun jika dilihat saat ini, 'tempat' Mandra dan Babe Sabeni mencari nafkah sudah berbeda dengan yang ada di sinetron Si Doel Anak Sekolahan kala itu.

Persimpangan itu begitu sejuk lantaran banyak pohon besar yang menutupi panasnya terik matahari. Bahkan, saat ini tempat tersebut digantikan oleh penjual provider wifi.

Berbeda jauh, kini banyak bangunan di sekitar daerah ini © KapanLagi.com/Muhammad Akrom SukaryaBerbeda jauh, kini banyak bangunan di sekitar daerah ini © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

"Dulu di sini tempat ngetemnya. Kalo halte, kayaknya itu properti. Nih dulu Oplet di sini, Mandra di situ," ujar Akrom, fotografer KapanLagi.com®, yang dulu melihat langsung syuting Si Doel Anak Sekolahan sambil berdiri di tempat Opltet berhenti, Jumat (22/4/2016).

Dia memang tahu betul proses syuting sinetron yang melegenda itu. Namun sayangnya tempat yang sering dipakai oleh Babe Sabeni dan Mandra mencari nafkah sudah berubah, tak seperti yang dilihat dulu.

Persimpangan ini pun terasa lebih sejuk dibandingkan masa syuting Si Doel Anak Sekolahan masih berlangsung © KapanLagi.com/Muhammad Akrom SukaryaPersimpangan ini pun terasa lebih sejuk dibandingkan masa syuting Si Doel Anak Sekolahan masih berlangsung © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

"Dulu nggak begini tempatnya, sekarang udah beda banget," ujarnya.

Seperti yang kita tahu dalam cerita sinetron Si Doel Anak Sekolahan, setiap hari Mandra dan kakak iparnya, Babe Sabeni, menarik Oplet tua guna mencari uang. Namun terkadang, di saat Doel tak ada jam kuliah, dia menggantikan ayahnya menjadi supir Oplet, dan Mandra tetap menjadi kernet.

(kpl/ntn)

Editor:

Natanael Sepaya



MORE STORIES




REKOMENDASI