Begini Penampakan Rumah Murah DP 1 Persen Ala Presiden Jokowi

Sabtu, 06 Mei 2017 11:18 Penulis: Agista Rully
Begini Penampakan Rumah Murah DP 1 Persen Ala Presiden Jokowi
© Biro Pers Sekretariat Negara

Kapanlagi Plus - Bisa dibilang kebutuhan akan tempat tinggal merupakan kebutuhan manusia paling utama. Sayangnya kebutuhan primer ini tak sebanding dengan keterjangkauannya bagi warga biasa. Apalagi angka pendapatan bruto masyarakat Indonesia tak terlalu tinggi, sehingga hanya sebagian orang saja yang mampu membeli hunian.

Mengingat banyaknya jumlah warga Indonesia yang mencapai 250 juta jiwa serta keterbatasan kemampuan untuk membeli sebuah tempat tinggal, pemerintah tak tinggal diam. Salah satu program Presiden Joko Widodo untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membangun kompleks perumahan dengan uang muka serta cicilan rendah.

Hunian murah dari pemerintah Indonesia dengan DP 1 persen dan cicilan Rp 800 ribu © Biro Pers Sekretariat NegaraHunian murah dari pemerintah Indonesia dengan DP 1 persen dan cicilan Rp 800 ribu © Biro Pers Sekretariat Negara

Melalui Biro Pers Sekretariat Presiden (Biro Setpres), Presiden Joko Widodo pada Kamis (04/05) kemarin meresmikan rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Desa Sukajadi, Kecamatan Sukakarya, Bekasi, Jawa Barat.

Hunian murah ini baru didirikan di Bekasi, Jawa Barat sebanyak 4000 unit © Biro Pers Sekretariat NegaraHunian murah ini baru didirikan di Bekasi, Jawa Barat sebanyak 4000 unit © Biro Pers Sekretariat Negara

Kompleks hunian yang sederhana namun rapi ini dapat dijangkau oleh masyarakat dengan uang muka hanya 1 persen atau sekitar Rp 1,12 juta dengan cicilan sekitar Rp 800 ribu per bulan. Hunian murah yang disediakan oleh Presiden ini berjumlah setidaknya 8.749 unit dan separuh unit telah diselesaikan.

Rumah murah ini bertipe 25/60 dengan satu kamar mandi dan dua kamar tidur © Biro Pers Sekretariat NegaraRumah murah ini bertipe 25/60 dengan satu kamar mandi dan dua kamar tidur © Biro Pers Sekretariat Negara

Dari 4.000-an unit yang telah selesai, sekitar 3.600 unit telah terjual karena sudah ada akad jual beli. Rumah minimalis murah yang disediakan oleh pemerintah ini bertipe 25/60 dengan satu kamar mandi dan dua kamar tidur. Cocok untuk keluarga kecil atau pasangan yang baru menikah.

Ketersediaan rumah dengan cicilan yang cukup ringan ini cocok untuk pegawai dengan gaji minimal Rp 3.5 juta tiap bulan. Untuk mewujudkan hunian murah ini segera terealisasi, pemerintah juga memberikan bantuan uang muka dan administrasi Rp 4 juta. Wah, menarik sekali bukan?

(bir/agt)

Editor:

Agista Rully



MORE STORIES




REKOMENDASI