Benarkah Foto-Foto Ini Ternyata Hoax?

Sabtu, 23 November 2013 09:01 Penulis: Ratih Adiwardhani
Benarkah Foto-Foto Ini Ternyata Hoax?
Benarkah Foto-Foto Ini Ternyata Hoax?


Kapanlagi Plus - Begitu banyak foto-foto yang beredar di internet yang mampu menipu mata kita. Tipuan tersebut dapat berupa wujud foto yang memang telah direkayasa, atau bisa juga keterangan (caption) yang salah dari sebuah foto.

Jika sebelumnya KapanLagi.com® menyajikan kumpulan foto-foto keren yang ternyata cuma tipuan, kali ini kami akan menguji kepekaanmu untuk menebak, apakah foto-foto berikut ini hoax atau memang real.

Siap untuk mencoba? Langsung simak foto pertama berikut ini:

 

 

1. Buku Terbalik George W Bush

Dalam foto di atas, tampak George W Bush dan seorang anak kecil membaca sebuah buku berjudul America: A Patriotic Primer. Tetapi jika diperhatikan lebih jelas, buku yang dibaca George W Bush tampak terbalik dari bawah ke atas. Apakah menurutmu foto ini hoax atau memang Bush tidak menyadari bahwa foto ini terbalik?.


Jawaban:
Hoax

Entah dari mana awalnya, namun foto ini sebenarnya merupakan editan. Buku yang ia bawa sebenarnya berada dalam posisi normal dan foto buku terbalik ini hanya rekayasa.

2. Selancar Bersama Hiu

Rasanya ngeri ya, ketika sedang asyik berselancar namun tiba-tiba ada seekor hiu melintas seperti yang tampak pada foto di atas. Jika kamu menjadi peselancar tersebut, apa yang akan kamu lakukan?.

Jawaban:
Real

Foto di atas adalah foto real yang dialami oleh seorang peselancar. Namun ternyata, ikan yang melintas di hadapannya bukanlah seekor hiu ganas yang perlu dikhawatirkan, melainkan seekor lumba-lumba.

3. Tsunami Jepang

Foto tsunami di Jepang ini sempat beredar ketika terjadi gempa Jepang pada Maret 2011  lalu. Saat itu Jepang dilanda gempa berskala 8.9 SR yang memporak-porandakan sejumlah wilayah. Gempa ini pun disebut-sebut sebagai gempa terbesar yang terjadi di Jepang dalam kurun waktu 1200 tahun terakhir.

Jawaban:
Hoax

Foto yang lebih mirip sebagai poster movie disaster ini memang hanya hoax. Ombak yang ada tidak setinggi yang ada di poster. Dan lokasi kejadian bukan di Jepang, melainkan di Chili.

4. Bus Tersangkut di Lubang Jalan

Sebuah bus penumpang tingkat dua (double decker) khas Inggris tersangkut di dalam sebuah lubang di jalanan. Sebagian orang yang melihat foto ini segera berpikir bahwa foto ini hanya lelucon, sementara sisanya menganggap foto ini serius.

Jawaban:
Real

Meskipun banyak yang menduga foto ini adalah hasil rekayasa, namun peristiwa naas ini benar-benar terjadi di Norwich, UK. Lubang ini terbentuk akibat longsornya tambang kapur di tengah jalan. Untungnya tidak ada yang terluka akibat insiden ini.



5. Kaki Janin di Perut Ibu

Melihat foto di atas tentu terbersit rasa kagum dan takjub. Kaki bayi dalam janin secara jelas terbentuk di dinding perut ibu menandakan bahwa ia tumbuh sehat dan siap lahir ke dunia. Menurutmu, foto ini hoax atau tidak?.


Jawaban:
Hoax

Meskipun foto ini secara momen terbilang manis, namun sebenarnya foto ini adalah foto hoax. Secara medis, tidak memungkinkan bahwa jejak kaki bayi bisa timbul ke perut sang ibu.

6. Detik-Detik Sebelum Tragedi WTC 9/11

Foto ini diambil dari kamera di salah satu dinding WTC beberapa detik sebelum peristiwa robohnya gedung WTC pada 9 September 2001. Berdasarkan keterangan dari foto ini, turis ini tidak menyadari bahwa dari belakangnya ada pesawat melintas rendah yang akhirnya merobohkan gedung WTC. Sebuah momen yang sangat langka bukan?.

Jawaban:
Hoax

Sayangnya foto ini tidak berhubungan dengan tragedi WTC 9/11. Pesawat ini dtambahkan ke dalam foto turis yang sedang berfoto di gedung WTC. Pesawat yang digunakan dalam foto ini pun berbeda dengan pesawat yang menghantam WTC.

7. Hidung Michael Jackson

Michael Jackson dikenal gemar melakukan operasi plastik. Selain mengubah warna kulitnya, ia juga mengubah beberapa bagian tubuhnya seperti dagu, bibir, mata, tulang pipi dan juga hidung.

Bagian hidung Michael Jackson merupakan salah satu bagian yang paling jarang diekspos. Karena itu Michael Jackson kerap terlihat menggunakan masker penutup hidung saat bepergian. Bahkan tersiar rumor bahwa saat diotopsi, bagian hidung mendiang Michael Jackson ini hilang. Akibatnya, banyak yang memburu foto asli wajah Michael Jackson. 

Lalu benarkah foto Michael Jackson di atas adalah hoax?.

Jawaban:
Real

Meskipun terlihat tidak simetris dan tidak natural, namun faktanya foto Michael Jackson di atas adalah foto sebenarnya dari wajah Michael Jackson. 

8. Shark Attack

Kembali lagi ke serangan ikan hiu, namun dalam momen yang berbeda. Kali ini seekor hiu tiba-tiba muncul ke permukaan laut ketika seorang petugas juga berada tak jauh dari ikan tersebut. Dalam beberapa menit, petugas ini bisa menjadi makan siang ikan hiu ini. Menurutmu, apakah foto ini hoax?.

Jawaban:
Hoax

Foto di atas beredar di tahun 2001 dan disebut-sebut terpilih sebagai 'National Geographic Photo of the Year'. Faktanya, foto ini adalah foto hoax.  

Foto ini merupakan perpaduan foto dari helikopter HH-60G Pave Hawk yang diambil oleh Lance Cheung untuk United States Air Force dan foto seekor hiu yang sebenarnya diambik di False Bay, Afrika Selatan. Dari foto tersebut tampak foto ini diambil di sekitar Golden Gate Bridge. Nyatanya, tidak ada hiu di kawasan San Francisco Bay.

9. Pesawat Tersangkut

Salah satu pesawat militer terbsesar sepanjang sejarah, C-5 Galaxy, tersangkut di sebuah jalan tol. Akibat peristiwa ini, lalu lintas menjadi terganggu.

Tak habis pikir bagaimana peristiwa ini bisa terjadi. Menurutmu, foto ini hoax atau benar-benar terjadi namun mengalami tipuan kamera?.

Jawaban:
Real

Peristiwa ini memang terjadi pada 6 Maret 2003. Pesawat ini tidak punya ruang cukup untuk berputar dan tersangkut di runway pesawat selama lebih dari 16 jam. Dengan adanya insiden ini, jalanan sekitar lokasi harus ditutup.

Pesawat ini akhirnya harus menunggu traktor yang membantunya keluar dari runway. Untungnya tidak ada satupun yang terluka di peristiwa ini dan pesawat tidak mengalami kerusakan.

 

(kpl/rth)



MORE STORIES




REKOMENDASI