Cara Cek Nomor XL Sendiri dengan Cepat, Mudah dan Tanpa Ribet

Penulis: Editor Kapanlagi.com

Diperbarui: Diterbitkan:

Cara Cek Nomor XL Sendiri dengan Cepat, Mudah dan Tanpa Ribet ilustrasi pengguna smartphone (credit: shutterstock)

Kapanlagi.com - Saat ini, handphone sudah menjadi salah satu kebutuhan dasar bagi sebagian besar orang. Bukan hanya soal kepraktisan, namun juga kelengkapan fitur yang ditawarkan membuat handphone menjadi magnet tersendiri bagi penggunanya. Terlebih, saat ini kita bisa melakukan banyak hal melalui handphone seperti membayar tagihan, membeli barang, hingga memesan makanan. Semuanya dapat dilakukan hanya menggunakan satu benda.

Untuk bisa membuat handphone sedemikian berguna, kita biasanya diharuskan untuk melakukan registrasi nomor kartu terlebih dulu. Berbicara soal nomor kartu, kadang kita lupa atau malah tidak tau berapa nomor kita. Lalu bagaimana? Jangan khawatir. Ada banyak cara untuk mengecek nomor kartu, sebanyak itu pula provider yang bisa digunakan. XL Axiata adalah salah satu provider yang cukup banyak digunakan di Indonesia. Jika kamu pengguna XL dan masih belum tau bagaimana cara cek nomor kamu, berikut 3 cara cek nomor XL sendiri yang bisa kamu coba.

1. Via Kode Dial

nomor dial (credit: dokumen pribadi)

Cara pertama yang bisa kamu coba untuk cek nomor XL kamu yakni via kode dial atau USSD. Cara ini tergolong mudah dan praktis karena kamu bisa mengaksesnya dengan menggunakan menu panggilan di handphone kamu. Bagaimana langkah-langkahnya?

  1. Buka menu panggilan
  2. Tekan *123#, lalu tekan Call (gambar telpon yang berada di bawah tengah)
  3. Lalu pilih nomor 7 (Info)
  4. Lalu pilih nomor 1 (Info Kartu XL-ku)
  5. Pilih nomor 2 (Detail nomor XL Anda)
  6. Kemudian pilih nomor 97 (Next)
  7. Terakhir, Pilih nomor 1 (Info Nomor)

Setelah sampai di tahap akhir, nomor kamu akan muncul beserta informasi lainnya seperti kartu 4G, Paket 4G, ICCD dan Area 4G.

2. Via Aplikasi myXL

Selanjutnya, untuk cek nomor XL kamu dengan cara kedua ini kamu perlu mendownload aplikasi myXL lebih dulu. Kamu bisa mendownloadnya via Google Play Store ataupun App Store. Tapi, sebelumnya pastikan handphonemu punya cukup ruang ya untuk mendownload aplikasinya. Langkah-langkahnya juga cukup praktis yakni:

  1. Buka aplikasi myXL
  2. Pilih Saya Berbahasa Indonesia
  3. Pilih lanjutkan
  4. Lalu masukan nomor kamu
  5. Setelah itu akan ada pesan masuk berisikan 6 digit kode, dan masukkan kode tersebut
  6. Lalu tekan lanjutkan
  7. Selesai

cek nomor via aplikasi (credit: dokumen pribadi)

Kamu bisa melihat nomer XL kamu di bagian atas seperti yang tertera di gambar. Selain itu, informasi di aplikasi ini sangat lengkap. Kamu bisa mengecek sisa pulsa dan kuota kamu. Selain itu, kamu juga bisa membeli paket internet, pulsa dan juga berbagi pulsa ke sesama XL atau Axis. Terlebih, kalau kamu lupa dengan nomor XL kamu, kamu bisa langsung membuka aplikasi myXL tanpa harus memasukan kode atau pun nomor lagi. Tapi, pastikan kamu memiliki data internet ya untuk membukanya karena aplikasi ini tidak bisa diakses secara offline.

3. Via Web

Terakhir, kamu bisa cek nomor XL kamu via web. Sebenarnya cara ini hampir sama dengan cara yang dipakai dalam aplikasi. Tapi bedanya kamu tidak perlu mendownload aplikasi myXL dulu untuk mengaksesnya. Cukup ketik my.xl.co.id dan kamu akan diarahkan persis ke tampilan awal saat kamu membuka aplikasi myXL. Langkah-langkahnya pun juga persis sama. Jadi, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di atas untuk cek nomor XL kamu via web.

Nah, itulah 3 cara yang bisa kamu coba untuk cek nomor XL kamu. Dan tentunya semua cara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. So, udah tau nomor XL kamu sekarang?

 

Penulis: Devi Puspita

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/mag/dev)

Rekomendasi
Trending