4 Cara Mengetahui Jawaban Google Form Benar atau Salah, Jangan Disalahgunakan

Rabu, 01 Desember 2021 17:33
4 Cara Mengetahui Jawaban Google Form Benar atau Salah, Jangan Disalahgunakan
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Membuat pertanyaan dan mengisi jawaban di Google Form tentunya sudah sangat awam diketahui. Tak hanya itu saja, beredar juga cara mengetahui jawaban Google Form benar atau salah. Hanya saja, cara mengetahui jawaban Google Form sebaiknya tidak disalahgunakan.

Perkembangan teknologi digital juga berdampak pada dunia pendidikan. Seperti penggunaan Google Form untuk memudahkan siapa saja akses soal, pertanyaan, jawaban, melakukan survey, mengisi formulir tanpa terbatas waktu serta jarak.

Begitu pula di bidang pendidikan, Google Form seringkali dimanfaatkan untuk membuat kuis ataupun ujian. Walaupun keterangannya adalah ujian atau kuis, namun ada cara mengetahui jawaban Google Form. Cara mengetahui jawaban Google Form bisa dipilih jika pengguna penasaran dengan jawaban yang sudah dimasukkan.

Ya, untuk menghindari penyalahgunaan cara mengetahui jawaban Google Form, kalian bisa akses jawaban setelah selesai mengerjakan soal atau kuis. Sehingga kalian bisa tahu jawaban Google Form tanpa perlu menunggu pembuat soal melakukan cek. Berikut ulasan cara mengetahui jawaban Google Form telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber. Cara mengetahui jawaban Google Form sebaiknya jangan disalahgunakan untuk menghindari kecurangan atau risiko yang mungkin terjadi.

1. Cara Mengetahui Jawaban Google Form Via Viewform

Meskipun tidak dianjurkan, banyak beredar cara mengetahui jawaban Google Form. Cara mengetahui jawaban Google Form dari informasi yang beredar tentunya perlu digunakan secara bijak. Artinya bisa menggunakan cara mengetahui jawaban Google Form jika memang tujuannya untuk sekedar tahu apakah jawaban yang sudah kalian masukkan benar atau salah. Ya, cara mengetahui jawaban Google Form dijadikan pilihan ketika ujian sudah selesai. Sehingga tanpa perlu menunggu guru mengecek jawaban Google Form serta memberikan nilai, rasa penasaran kalian sudah sedikit terjawab.

Ada beragam cara mengetahui jawaban Google Form seperti informasi yang beredar. Salah satunya menggunakan menu viewform yang dapat diakses di laptop ataupun HP. Untuk tahu langkah cara mengetahui jawaban Google Form via viewform, berikut ini ulasannya.

- Pertama buka link soal ataupun kuis Google Form.

- Selanjutnya edit link tersebut melalui Viewform. Contohnya seperti ini dari alamat link https://docs.google.com/forms/d/e/1faipqlsd-oie65s3ou71uu_s5jf0bmx9a5cl7tnnfiyp6lz9cljj_dw/viewform

- Ubah pada bagian viewform menjadi viewanalytics,

Https://docs.google.com/forms/d/e/1faipqlsd-oie65s3ou71uu_s5jf0bmx9a5cl7tnnfiyp6lz9cljj_dw/viewanalytics

- Jika berhasil akan muncul tampilan jawaban Google Form.

Namun cara mengetahui jawaban Google Form seperti cara di atas dapat dilakukan apabila pembuat soal juga mengaktifkan See Summary Charts and Text Responses. Karena itulah terkadang cara mengetahui jawaban Google Form tersebut bisa saja berhasil atau tidak.

2. Cara Mengetahui Jawaban Google Form di HP

Selanjutnya ada juga cara mengetahui jawaban Google Form di HP. Artinya kalian bisa mengakses jawaban Google Form menggunakan perangkat HP. Tak berbeda jauh dari cara mengetahui jawaban Google Form sebelumnya, langkah berikut ini juga memanfaatkan link soal lalu mengedit link menjadi viewanalytics. Adapun langkah cara mengetahui jawaban Google Form di HP dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini.

- Pertama buka link soal Google Form di HP kalian.

- Lalu klik bagian alamat link terletak bagian atas bisa menggunakan Google Chrome.

- Selanjutnya tambahkan tulisan view-source pada link soal yang sudah dibuka. Contohnya,

view-source:https://docs.google.com/forms/d/e/1faipqlsd-oie65s3ou71uu_s5jf0bmx9a5cl7tnnfiyp6lz9cljj_dw/viewform

- Setelah itu akan terbuka page source dari link soal di Google Form.

- Akan muncul informasi tentang soal ataupun melihat jawaban dari soal di Google Form.

- Selain cara tersebut, kalian juga bisa mengubah tulisan viewform menjadi viewanalytics di HP.

3. Cara Mengetahui Jawaban Google Form Siswa

Cara mengetahui jawaban Google Form siswa juga cukup mudah. Apalagi mengetahui cara mengetahui jawaban Google Form siswa sebagai berikut penting diketahui oleh guru atau pembuat soal. Sehingga memudahkan pengecekan jawaban serta memberi nilai dari soal benar atau salah.

Untuk tahu cara mengetahui jawaban Google Form siswa dapat masuk ke Google Form dengan akun Google. Selanjutnya klik Menu Responses biasanya terletak di bagian judul Form yang sudah kalian buat. Maka melalui menu Responsel ini pula kalian sebagai pembuat soal atau guru dapat mengetahui jawaban Google Form siswa dengan scroll ke bagian bawah menu Responses. Untuk menyimpan jawaban Google Form siswa, maka dapat klik ikon view Responses in Sheets.

Maka muncul menu baru dan klik Create a New Spreadsheet, lalu klik Create. Maka kalian akan diarahkan menuju tab baru dengan jawaban Google Form siswa dari Google Drive.

 

4. Cara Mengetahui Jawaban Google Form Via Browser

Jika melalui browser ada juga cara mengetahui jawaban Google Form. Cara mengetahui jawaban Google Form di bawah ini terbilang berbeda. Namun memang tak bisa instant ahu jawaban Google Form. Hanya saja jawaban yang bisa diketahui bisa saja lebih akurat dibandingkan cara sebelumnya.

Ya, apalagi kalau bukan cara mengetahui jawaban Google Form secara manual dengan search soal melalui browser. Kalian dapat mengingat-ingat soal Google Form yang sudah dikerjakan, lalu cek jawaban di browser. Meski terbilang cukup rumit atau memerlukan effort lebih namun cara mengetahui jawaban Google Form via browser bisa membantumu juga semakin memahami soal yang dikerjakan serta jawabannya benar atau salah.

5. Tips Cara Mengetahui Jawaban Google Form

Ada beberapa tips cara mengetahui jawaban Google Form. Di mana tips ini dapat membantumu mempertimbangkan apakah ingin tetap mengakses cara mengetahui jawaban Google Form ataupun tidak. Nah, langsung saja simak cara mengetahui jawaban Google Form di bawah ini.

1. Memerlukan akun Google untuk bisa akses jawaban Google Form. Sehingga jika kalian ingin identitas disembunyikan ketika akses jawaban Google Form, pastikan memiliki lebih dari satu akun Google.

2. Selain itu terkadang juga memerlukan nama untuk bisa akses jawaban Google Form. Jika ingin disembunyikan identitasnya, kalian bisa menggunakan nama samara ketika masuk ke link Goolge form dan mengisi jawaban.

3. Untuk bisa akses jawaban Google Form, hanya pada jenis soal pilihan ganda sehingga tidak bisa digunakan pada soal essay.

4. Soal sudah diatur dengan jawaban benar atau salah ketika submit jawaban.

5. Pembuat soal sudah mengaktifkan See Summary Charts and Text Responses, sehingga bisa akses jawaban Google Form dengan mudah.

Itulah cara mengetahui jawaban Google Form benar atau salah. Ulasan tentang cara mengetahui jawaban Google Form di atas sebaiknya jangan disalahgunakan.

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI