Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet yang Benar dan Tepat, Beserta Pengertian dan Tujuannya

Senin, 27 September 2021 15:44 Penulis: Dhia Amira
Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet yang Benar dan Tepat, Beserta Pengertian dan Tujuannya
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Dalam sebuah karya ilmiah daftar pustaka adalah hal penting yang perlu dibuat. Ya, daftar pustaka menjadi sebuah nilai bahwa karya ilmiah yang kalian buah memiliki pembahasan yang terpercaya atau ilmiah. Bukan sekedar pembahasan yang tidak memiliki sumber yang bisa dipertanggung jawabkan. Bahkan cara menulis daftar pustaka dari internet pun juga bisa kita lakukan.

Ya, sumber untuk sebuah karya ilmiah bisa kita dapatkan dari mana saja, salah satunya internet. Namun cara menulis daftar pustaka juga tidak bisa sembarangan. Harus ada format yang benar dan tepat untuk membuat sebuah daftar pustaka. Bahkan sumber yang diambil dari buku, majalah, internet, wawancara, video, dan lainnya memiliki format yang berbeda ya KLovers.

Itulah mengapa penting untuk kita tahu bagaimana menulis sebuah daftar pustaka. Berikut ini beberapa cara menulis daftar pustaka dari internet yang benar dan tepat. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Pengertian Daftar Pustaka

Sebelum mengetahui cara menulis daftar pustaka dari internet, kalian juga perlu mengetahui pengertian dari daftar pustaka. Ya, dilansir dari Cara Mudah Menulis Karya Ilmiah (2015) karya Natanael, daftar pustaka adalah daftar atau senarai yang ada dalam karya ilmiah yang berisikan identitas buku dan pengarang yang disusun secara alfabetis (setelah nama marga pengarang dikedepankan).

Daftar pustaka merupakan bab penting yang harus dilampirkan. Tanpa adanya daftar pustaka, karya ilmiah milik kalian tidak bisa dibuktikan kebenarannya. Sebagai rujukan sumber, kalian bisa mencari berbagai sumber dari banyak media, seperti buku, jurnal, koran hingga media online yang diambil dari internet. Dan semua sumber tersebut memiliki cara tersendiri dalam penulisan di daftar pustaka.

2. Tujuan Daftar Pustaka

Sama seperti isi dalam sebuah makalah lainnya, daftar pustaka juga memiliki sebuah tujuan. Salah satunya yaitu bertujuan untuk menghindari tuduhan plagiat atau penjiplakan. Selain untuk menghindari tuduhan plagiat, menuliskan daftar pustaka juga bertujuan untuk menghargai penulis yang menjadi sumber acuan dalam penulisan karya ilmiah.

Dengan begitu, kalian dianggap telah mengakui bahwa ide atau kutipan yang kalian tulis berasal dari pemikiran orang lain. Tujuan dari menuliskan daftar pustaka lainnya adalah membantu pembaca lainnya mengetahui lebih dalam sumber kutipan karya ilmiah yang ditulis. Sehingga pembahasan yang kalian ambil lebih terpercaya dan ilmiah.

 

3. Cara Menulis Daftar Pustaka Dengan Format MLA

Cara menulis daftar pustaka dari internet yang pertama yaitu kalian bisa melakukannya dengan format penulisan MLA, atau Modern Language Association. Ya ini merupakan sebuah susunan yang berawal dari judul artikel, nama website, tanggal artikel dibuat, waktu akses, alamat website (URL) lengkap. Contohnya:

"Pengertian Kata Kerja Beraturan Beserta Contoh dan Artinya. Kapanlagi.com. 24 September 2021. 30 September 2021. https://m.kapanlagi.com/plus/pengertian-kata-kerja-beraturan-beserta-contoh-dan-artinya-pahami-pembentukannya-dalam-kalimat-f16463-1.html

 

4. Cara Menulis Daftar Pustaka Dengan Format CSE

Kemudian cara menulis daftar pustaka dari internet selanjutnya yaitu dengan format penulisan Council of Science Editors. Cara ini yaitu dengan susunan nama website, judul artikel (internet), deskripsi website, tanggal artikel dibuat (waktu diakses), URL lengkap. Contoh penulisannya:

Kapanlagi.com. Pengertian Kata Kerja Beraturan Beserta Contoh dan Artinya (internet). Pengertian Kata Kerja, 24 September 2021, 12:00 [diakses 30 September 2021]. Tersedia dari https://m.kapanlagi.com/plus/pengertian-kata-kerja-beraturan-beserta-contoh-dan-artinya-pahami-pembentukannya-dalam-kalimat-f16463-1.html

 

5. Cara Menulis Daftar Pustaka Dengan Format APA

Cara menulis daftar pustaka dari internet lainnya yaitu dengan menggunakan gaya tulisan APA (American Psychological Association). Gaya tulisan APA, yaitu dengan susunan nama web atau situs, tanggal artikel dibuat, judul artikel, waktu mengakses dan alamat website (URL) secara lengkap. Contohnya:

Kapanlagi.com. (2021, 24 September). Pengertian Kata Kerja Beraturan Beserta Contoh dan Artinya. Diakses pada 30 September 2021, dari https://m.kapanlagi.com/plus/pengertian-kata-kerja-beraturan-beserta-contoh-dan-artinya-pahami-pembentukannya-dalam-kalimat-f16463-1.html

 

6. Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Ebook

Berbeda dengan artikel, bila kalian menggunakan buku yang hanya bisa diakses secara daring, atau menggunakan E-book, maka cukup tuliskan Nama belakang penulis, Inisial. (Tahun terbit). Judul buku. Tempat terbit: Penerbit. Tersedia dari nama database atau url. Contohnya:

Willmott, W. (2004). Rocks and landscapes of the national parks of Southern Australia (4th ed). Brisbane: Geological Society of Australia, Queensland Division. Tersedia dari NetLibrary database.

 

7. Cara Menulis Daftar Pustaka Dengan Format MHRA

Dan yang terakhir yaitu cara menulis daftar pustaka dari internet dengan format tulisan MHRA atau Modern Humanities Research Association. Susunannya nama website, "judul artikel", deskripsi website, tanggal artikel dibuat, [waktu diakses]. Contohnya:

Kapanlagi.com, "Pengertian Kata Kerja Beraturan Beserta Contoh dan Artinya", Pengertian Kata Kerja, 24 September 2021, https://m.kapanlagi.com/plus/pengertian-kata-kerja-beraturan-beserta-contoh-dan-artinya-pahami-pembentukannya-dalam-kalimat-f16463-1.html (diakses pada 30 September 2021)

Itulah beberapa cara menulis daftar pustaka dari internet dengan mudah dan praktis. Semoga beberapa contoh cara menulis daftar pustaka dari internet ini bisa membantu kalian untuk lebih mudah menuliskan sebuah karya ilmiah yang terpercaya.

 

(kpl/gen/dhm)



MORE STORIES




REKOMENDASI