Cara Registrasi Ulang Kartu Axis, Cepat dan Nggak Ribet!

Senin, 17 Juni 2019 11:07 Penulis: Editor KapanLagi.com
Cara Registrasi Ulang Kartu Axis, Cepat dan Nggak Ribet!
Ilustrasi Kartu Prabayar (cr:Shutterstock)

Kapanlagi Plus - Axis adalah sebuah layanan telekomunikasi dari XL Axiata, anak perusahaan dari XL Axiata. AXIS meluncurkan layanannya pada April 2008 dan kini tersedia di lebih dari 400 kota di seluruh pulau-pulau besar Indonesia antara lain : Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Lombok. Kantor pusat AXIS berada di Jakarta. Pelanggan Axis berjumlah lebih dari 15 juta, mungkin kamu adalah salah satunya.

Salah satu produk unggulan Axis adalah Kartu Seluler Prabayar. Berdasarkan Peraturan Menkominfo No 21 Tahun 2017 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menkominfo No. 12 Tahun 2016 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika mewajibkan pengguna kartu seluler prabayar untuk melakukan registrasi kartu dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) yang sah. Tujuan dari peregistrasian kartu prabayar ini adalah untuk melindungi konsumen terkait penyalahgunaan nomor ponsel oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab, contohnya upaya penipuan dan hoaks. Jika kamu telah memakai kartumu sebelum peraturan ini diriliskan, maka kamu wajib meregistrasi ulang kartu axismu.

Jika kamu tidak meregistrasi ulang kartu axismu, nomor yang terdapat pada kartumu akan diblokir tidak bisa melakukan panggilan keluar maupun mengirim pesan singkat yang masuk. Pemblokiran mencakup seluruh layanan, termasuk data internet. Maka dari itu, penting untuk kamu mengetahui cara registrasi ulang kartu Axis.

Cara Registrasi Ulang Kartu Axis :

Ada tiga cara Registrasi Ulang Kartu Axis, yaitu dengan SMS KE 4444, Via My AXISNET Apps dan atau Via website AXISNET.ID/RR. Kamu bisa mencoba salah satunya saja.

1. Cara Registrasi Ulang Kartu Axis dengan SMS KE 4444

• Ketik “ULANG#NIK (16 DIGIT)#NOMOR KARTU KELUARGA
• Kirim ke 4444
• Tunggu SMS balasan dari 4444

2. Cara Registrasi Ulang Kartu Axis Via My AXISNET Apps.

• Buka aplikasi MY AXISNET
• Buka menu Pengaturan Profile
• Pada menu Pengaturan Profile, masukan sub menu daftar ulang
• Lalu masukan No. KTP, data wajib, sesuai dengan opsi yang kamu pilih

3. Cara Registrasi Ulang Kartu Axis Via website AXISNET.ID/RR

• Buka browser kamu dan ke halaman axisnet.id/rr.
• Lalu masukkan nomor handphone milikmu

Jika kamu mengalami kegagalan proses registrasi ulang, penyebabnya bisa jadi karena salah memasukkan NIK atau KK. Jika masih gagal lagi melakukan registrasi ulang, masalahnya terdapat pada data kependudukan, seperti nomor KK yang berganti karena berpindah domisili, atau NIK dan KK diblokir Dinas Dukcapil Kemendagri karena ditemukan data ganda. Jika kamu ingin mengetahui apakah registrasi berhasil dan nomor kartu mana saja yang teregistrasi menggunakan NIK dan KK yang sama, bisa mengecek via USSD dengan format *123*4444#.
Yuk, jangan lupa Registrasi Ulang Kartu Axismu agar dapat terus menikmati layanannya!

Penulis : Jihan Fadhilah

 

 

(kpl/mag/jjj)



MORE STORIES




REKOMENDASI