Cegah Bunuh Diri, Korsel Tanamkan Cara Mengerikan Pada Pelajar

Jum'at, 30 Oktober 2015 09:18 Penulis: Lusi Vita
Cegah Bunuh Diri, Korsel Tanamkan Cara Mengerikan Pada Pelajar
Para pelajar sedang mendalami pengalaman kematian di sekolah ©Elitereaders

Kapanlagi Plus - Siapa sih yang nggak kenal dengan Korea Selatan? Yap, negara yang berhasil menyebarkan 'Korean Wave' ke seluruh dunia ini juga dikenal sebagai negara yang ekonominya berkembang pesat. Di mana saking berkembangnya, Korea Selatan bahkan sampai menduduki peringkat ke 12 dari seluruh dunia lho.

Namun di samping itu, nyatanya negara ini juga punya masalah yang hingga kini selalu menghantui, Sebab, menurut WHO 28,9% dari 100 ribu penduduk di Korea Selatan diduga lebih suka memilih bunuh diri daripada hidup. Sayangnya, dari jumlah tersebut kebanyakan yang memutuskan itu adalah para remaja. Di mana, setidaknya sekitar 40 orang penduduk setiap harinya memutuskan untuk mengakhiri hidupnya.

Dari sekian banyak kasus bunuh diri di negara tersebut. Kebanyakan pelaku diduga mengalami stress dan depresi berat karena tekanan hidup yang serba cepat dan modern. Oleh karena itu, pemerintah yang mulai khawatir dengan kondisi ini mencari berbagai macam cara untuk mengurangi angka kematian karena bunuh diri, seperti dilansir melalui Elitereaders.

Pemerintah Korsel menanamkan pengalaman kematian pada pelajar SMA melalui simulasi yang unik ©ElitereadersPemerintah Korsel menanamkan pengalaman kematian pada pelajar SMA melalui simulasi yang unik ©Elitereaders

Di mana salah satunya dengan menanamkan pengalaman kematian yang diterapkan di dalam kurikulum pelajaran sekolah. Mata pelajaran unik yang bakal diterapkan secara serempak di Korsel mulai bulan depan itu sudah mulai memasuki tahap percobaan pada tiga sekolah menengah atas.

Pelajaran unik itu yang bakal dilakukan di ruang khusus itu pun dilengkapi dengan peti mati untuk setiap siswa yang terhubung dengan meja belajar khusus. Di mana pada setiap jam tertentu, pelajar bakal menerima ilmu pengetahuan dan fakta-fakta soal kematian.

Mulai bulan November nanti, setiap sekolah SMA bakal memberi tambahan pelajaran simulasi kematian pada siswa dan siswinya ©ElitereadersMulai bulan November nanti, setiap sekolah SMA bakal memberi tambahan pelajaran simulasi kematian pada siswa dan siswinya ©Elitereaders

Selain itu, peti mati tersebut juga sudah dilengkapi dengan komponen yang mendukung simulasi kematian yang bakal bikin para pelajar merinding ketakutan. Di mana hasil dari stimulasi tersebut bakal digunakan para pengajar untuk menanamkan semangat juang pada mereka agar tidak menyerah dalam hidup.

Wah, usaha yang unik dan menarik untuk mencegah angka kematian karena bunuh diri kan? Bagaimana menurutmu?

(eli/vit)

Editor:

Lusi Vita



MORE STORIES




REKOMENDASI