Cuma di Pesawat Ini, Semua Kru dan Pilotnya Cewek-Cewek Keren

Selasa, 15 Maret 2016 13:48 Penulis: Lusi Vita
Cuma di Pesawat Ini, Semua Kru dan Pilotnya Cewek-Cewek Keren
Ini pilot dan kru awak pesawat yang semuanya perempuan ©Dailymail.co.uk

Kapanlagi Plus - Selama ini isu kesetaraan gender memang sudah lama jadi perbincangan hangat di mana-mana. Tentu masih segar di ingatan bila beberapa negara maju ada yang kurang mendukung kesetaraan gender. Salah satunya di negara Arab Saudi, di mana langkah para wanita di sana masih terbatasi oleh aturan pemerintah.

Makanya nggak heran di sana masih jarang ada wanita-wanita yang melakukan pekerjaan pria atau menduduki posisi jabatan tinggi. Bahkan baru-baru ini saja kaum wanita ikut berkontribusi di bidang politik dan pemilihan umum. Jangankan begitu, wanita menyetir mobil saja masih dianggap tabu bukan?

Tentu bila dibandingkan dengan negara Indonesia, situasi seperti ini tentu jauh berbeda. Sebab di sini, kesetaraan gender justru sudah jauh beberapa langkah dibandingkan dengan Arab Saudi. Tapi terlepas dari itu ternyata ada juga lho negara lain yang diam-diam juga memperhatikan isu penting ini, yakni Brunei Darussalam, seperti dilansir melalui Dailymail.co.uk.

Inilah pilot dan kru salah satu pesawat maskapai Royal Brunei Airlines yang semuanya perempuan ©Dailymail.co.ukInilah pilot dan kru salah satu pesawat maskapai Royal Brunei Airlines yang semuanya perempuan ©Dailymail.co.uk

Kok bisa, bukannya kesetaraan gender di sana juga cukup sulit berkembang ya? Ya, memang betul. Tapi bukan berarti kan kalau isu penting ini tak didukung. Sebab sejak tahun 2013 silam, salah satu maskapai memperbolehkan dan menugaskan semua kru dan pilot cewek dalam satu pesawat.

Gila, keren banget kan? Makanya kamu nggak heran kalau penetapan aturan yang memihak kaum hawa ini begitu didukung dan disambut positif oleh wanita-wanita di sana. Sebab, peraturan seperti ini memang langka dan dibilang ajaib juga. Apalagi selama ini negara tersebut termasuk salah satu negara yang menegakkan hukum yang sama seperti di Arab Saudi.

Seperti inilah pesawat Boeing yang dikendarai oleh Kapten Sharifah Czarena ©Dailymail.co.ukSeperti inilah pesawat Boeing yang dikendarai oleh Kapten Sharifah Czarena ©Dailymail.co.uk

Jelas ini pun jadi kebanggaan bagi sosok pilot wanita pertama maskapai Royal Brunei Airlines, Kapten Sharifah Czarena. Sebab selama ini ialah pilot pertama yang diberi tanggung jawab besar untuk bekerja sama dengan co-pilot dan kru pesawat yang semuanya adalah seorang perempuan. Ditambah lagi, pesawat yang diterbangkannya adalah Boeing 787 Dreamliner dengan nomor penerbangan BI081 dari Brunei ke Jeddah.

Wah, semoga dengan begini semakin banyak saja nih kaum perempuan yang berkompeten di bidang apapun ya. Bagaimana menurutmu?

(dai/vit)

Editor:

Lusi Vita



MORE STORIES




REKOMENDASI