Daging Tinja - Es Air Seni, 5 Makanan Jepang Bikin Geleng Kepala

Senin, 19 Oktober 2015 06:05 Penulis: Arai Amelya
Daging Tinja - Es Air Seni, 5 Makanan Jepang Bikin Geleng Kepala
Kari Rasa Tinja - Es Serut 'Air Seni' - Daging Kotoran Manusia


Kapanlagi Plus - Jepang, oh Jepang. Mayoritas dari kamu tentu mengidolakan Jepang dengan berbagai alasan. Salah satu yang paling populer adalah karena inovasi luar biasa mereka. Yap, Jepang memang bisa menciptakan sebuah barang yang sangat unik dan bikin siapapun terpesona.

Tak hanya soal benda-benda canggih, tapi Jepang juga punya sederet kuliner luar biasa yang tak bisa kamu temukan di tempat lain. Hanya saja tak selamanya kuliner Jepang itu tampak sempurna, bahkan beberapa di antaranya ada yang terkesan menjijikkan dan menimbulkan kecaman banyak orang.

Seperti lima jenis kuliner Jepang berikut ini. Sukses bikin heboh karena bahan dasar yang digunakan sangatlah tak terduga. Nggak percaya? Yuk cari tahu lima masakan Jepang yang nggak masuk akal dan kamu pasti ogah mencicipnya.

1. Daging Kotoran Manusia

Beberapa tahun lalu nama ilmuwan Jepang Mitsuyuki Ikeda bikin heboh karena ide spektakuler (atau gila) dirinya. Bagaimana tak spektakuler, peneliti Laboratorium Okayama itu mencetuskan ide daging yang terbuat dari lumpur kotoran manusia. Ya, tinja-tinja manusia yang dianggap sangat melimpah di Jepang itu disulap menjadi daging sintetis agar bisa dimakan lagi dan mencegah krisis pangan di Jepang.

Ikeda percaya jika lumpur limbah kotoran manusia itu mengandung banyak sekali protein yang bisa dikembangkan lewat ekstraksi protein untuk jadi daging layak makan. Proses 'sihir' kotoran manusia jadi daging ini rupanya dimulai dengan pemisahan bakteri E.Coli dengan zat mikroba berbahaya. Adonan daging kotoran itupun digiling, ditambah protein kacang kedelai, perwarna merah hingga akhirnya menjadi daging serasa daging sapi. Mau?

2. Es Serut \'Air Seni\'

Salah satu es krim populer di Jepang yang begitu favorit kala musim panas melanda adalah es serut. Menikmati es serut dengan topping aneka sirup berwarna-warni tentu bikin siapapun segar dan bahagia. Namun bukan Jepang namanya kalau tak membuat es serut dengan tampilan tak masuk akal. Hal itulah yang dibuat oleh Dojinshi (pecinta manga/anime Jepang yang hobi bikin fanfic) yang membuat es serut tak biasa.

Diperkenalkan dalam event Dojinshi di Aikhabara pada Juli 2014 lalu, es serut yang punya topping es ini berbeda karena disajikan lewat mesin bergambar karakter anime. Di mana saus topping es serut itu mengeluarkan cairan lewat mesin bergambar (maaf) selangkangan karakter anime perempuan. Sehingga siapapun yang menikmati es serut ini seolah mendapatkan topping saus dari air seni perempuan. Sungguh bikin hilang dahaga saja.

3. Es Krim Daging Kuda

Lazimnya es krim yang dijual di Indonesia dan dunia adalah terbuat dari campuran susu atau gelato. Namun tidak dengan orang Jepang yang memang haus akan rasa penasaran. Mereka pun membuat inovasi dengan menciptakan es krim dari daging! Bahkan dagingnya bukan daging sapi, ayam, kambing atau ikan yang normal. Melainkan menggunakan daging kuda.

Daging kuda yang dipercaya punya otot kuat itu disulap menjadi es krim menyegarkan. Bahkan tak cuma es krim daging kura, di Jepang rupanya banyak sekali es krim berbahan aneh bikin kamu mengernyit. Sebut saja es krim lidah sapi sampai es krim sayap ayam. Mau coba?

4. Biskuit Bangkai Tawon

Kalau berbicara soal tawon alias lebah mungkin kamu memilih pergi saja. Apalagi jika berada di luar ruangan tiba-tiba ada seekor tawon terbang mendekat. Kamu tentu bakal berusaha sekuat hati kabur atau menghindar agar tak disengat. Dan di Jepang, tawon justru dicari-cari sebagai bahan dasar biskuit.

Bernama Wasp Crackers (biskuit bangkai tawon), biskuit ini benar-benar mengandung bangkai tawon yang dibiarkan utuh dan digabung dengan adonan biskuit. Sehingga kala kamu menyantap biskuit ini, kamu bisa melihat bangkai tawon yang besar-besar dan mengerikan. Apakah bernafsu menyantapnya? Coba sendiri deh.

5. Kari Rasa Tinja

Seolah daging kotoran manusia kurang, Ken Shimizu yang juga bintang film dewasa populer di Jepang menciptakan kuliner menjijikkan bernama di restoran Curry Shop Shimizu miliknya. Disebut menjijikkan karena kuliner ini adalah Unko Curry (Kare Tinja). Menu ini rupanya dibuat Ken karena terinspirasi salah satu film porno yang dia bintangi di mana Ken benar-benar memakan kotoran manusia (EUWH)!

Kendati begitu kare tinja tidak dibuat dari kotoran manusia melainkan bentuk dan rasanya mirip tinja. Kuliner ini rupanya dibuat dari bahan-bahan berasa pahit seperti goya (pare) dan teh senburi yang dicampur bubuk kakao supaya bertekstur dan bewarna persis kotoran manusia. Bahkan unko curry ini disajikan dalam piring keramik berbentuk mirip toilet lho. Minat makan?

(kpl/aia)

Editor:

Arai Amelya



MORE STORIES




REKOMENDASI