Darbotz, Seniman Lukis Yang Mendunia Berikan Workshop Anak SMP di Jakarta

Minggu, 08 April 2018 11:18 Penulis: Natanael Sepaya
Darbotz, Seniman Lukis Yang Mendunia Berikan Workshop Anak SMP di Jakarta
Darbotz © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi Plus - Bagi warga Jakarta, sudah tidak asing lagi mendengar nama Darbotz. Seorang seniman jalanan asal Ibukota yang karyanya dikenal hingga ke kancah Internasional. Tidak sedikit karya-karya Darbotz yang menghiasi berbagai sudut jalanan ibukota, galeri-galeri hingga ruang publik lainnya.

Bahkan, pada tahun 2014 silam, salah satu gambar yang dibuat Darbotz terpampang di kota Melbourne, Australia. Karena mempunyai segudang pengalaman di dunia seni gambar, Darbotz memberikan workshop seni lukis dinding (Mural Art) kepada siswa-siswi sekolah Jakarta Intercultural School (JIS), pada hari Sabtu (7/4/2018) Darbotz memberikan workshop

© KapanLagi.com/Bayu Herdianto© KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kolaborasi antara siswa-siswi JIS dengan senimam yang dikenal dengan karakter Cumi-Kong-nya itu agar para siswa memiliki pengalaman langsung berinteraksi, memahami cara pandang dan mempelajari bagaimana proses seorang seniman. Menurut Jason Maddock, guru Seni Visual sekolah menengah JIS mengatakan karya seni Darbotz ini mudah dipahami dan dinilai sangat menyenangkan.

"Seni lukis dinding atau mural art adalah sebuah medium seni yang sangat relevan dengan karakter siswa-siswi JIS. Metodenya sangat fleksibel dan dapat dilakukan kapan saja inspirasi itu datang," ucap Jason di Jakarta Intercultural School, Jakarta Selatan, Sabtu (8/4/2018).

© KapanLagi.com/Bayu Herdianto© KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Lewat workshop, Jason mengungkapkan bahwa, bisa mengajarkan siswa-siswi untuk mengenal lebih dalam lingkungan sekitar melalui budaya, kreativitas dan karya seni tempat di mana mereka tinggal di Indonesia.

"Siswa dapat belajar dari kesalahan lalu berproses bagaimana cara mengatasi kesalahan tersebut. Growth Mindset itu yang ingin kami tanamkan ke setiap anak didik kami," lanjutnya.

© KapanLagi.com/Bayu Herdianto© KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Dalam acara ini, lebih dari 30 siswa-siswi sekolah menengah dan menengah atas JIS secara bersamaan melakukan sketsa dasar yang diinspirasi oleh filosofi Batik JIS di atas tembok sepanjang 2,54 x 15,3 meter. Sebagai sentuhan akhir, Darbotz memberikan goresan khasnya menyatu dengan karya mereka.

(kpl/far/ntn)

Reporter:

Fikri Alfi Rosyadi



MORE STORIES




REKOMENDASI