Dari 0G Hingga 4G, Inilah Sejarah Perkembangan Handphone

Rabu, 16 Desember 2015 00:01 Penulis: Yunita Rachmawati
Dari 0G Hingga 4G, Inilah Sejarah Perkembangan Handphone
shutterstock

Kapanlagi Plus - Berkembangnya teknologi, kini handphone yang bentuknya sekepalan tangan kini dilengkapi dengan fitur-fitur yang dapat memudahkan segala aktivitas. Nama smartphone atau ponsel pintar pun menjadi miliknya. Namun, tahukah kamu sejarah perkembangannya dari 0G hingga 4G sekarang ini? Mari sedikit bernostalgia dan cari tahu sejarah perkembangannya. 

Sejarah Penemuan Telepon Seluler

Penemuan telepon seluler tidak bisa dilepaskan dari perkembangan radio. Awalnya, temuan telepon seluler dimulai pada tahun 1921 saat Departemen Kepolisian Detroit Michigan mencoba menggunakan telepon mobil satu arah dengan frrekuensi 2 MHz. Kemudian, telepon satu arah ini diubah menjadi dua arah dengan frequency modulated (FM). Kemudian pada tahun 1943 Galvin Manufactory Corporation (sekarang Motorola) mengeluarkan partable FM radio dua arah yang diberi nama SCR300 untuk tentara U.S. Saat itu, telepon seluler masih 0G dan menggunakan sistem radio VHF untuk menghubungkan secara langsung dengan PSTNlandline. 

Telepon Genggam Generasi Pertama

Telepon genggam pertama disebut juga dengan 1G. Tahun 1973, Martin Cooper dari Motorola Corp menemukan telepon genggam pertama dengan berat 800 gram. Teknologi ini yang menjadi cikal bakal dari perkembangan handphone hingga smartphone saat ini, meski masih bersifat analog atau AMPS. Karena masih bersifat analog, maka sistem yang digunakan masih bersifat regional. Salah satu kekurangan dari telepon genggam ini adalah ukurannya yang terlalu besar dan performa baterai yang kurang baik.

Telepon Genggam Generasi Kedua

Generasi kedua atau 2G muncul sekitar tahun 1990-an. 2G di Amerika sudah menggunakan teknologi CDMA, sedangkan di Eropa menggunakan GSM. Dengan frekuensi standard 900 MHz dan frekuensi 1800 MHz, GSM memiliki kapasitas pelanggan yang lebih besar. Di generasi ini sinyal analog sudah diganti dengan sinyal digital yang mana telah dilengkapi dengan pesan suara, panggilan tunggu, dan SMS. Keunggulan dari telepon genggam ini adalah ukurannya dan tenaga baterai yang lebih kecil, serta sinyal radio yang lebih rendah.

Telepon Genggam Generasi 3

Generasi 3 atau disebut dengan 3G memungkinkan operator jaringan untuk memberi pengguna jangkauan yang lebih luas, termasuk internet sebaik video call berteknologi tinggi. Dalam 3G terdapat 3 standard telekomunikasi, yaitu EDGE, CDMA dan CDMA 2000. Yang menarik dari teknologi ini adalah mulai dimasukkannya sistem operasi pada ponsel, sehingga membuat fitur ponsel semakin lengkap bahkan mendekati PC, sehingga istilah smartphone mulai muncul Sistem operasi yang digunakan antara lain Android, Windows Mobile, dan Symbian.

Telepon Genggam Generasi 4

Memasuki generasi 4 atau 4G, sistem ponsel ini menawarkan solusi infrastruktur yang mengintegrasikan teknologi nirkabel yang telah ada seperti wireless broadband (WiBro), 802.16e, CDMA, wireless LAN, Bluetooth dan lain sebagainya. 4G juga memberikan kecepatan dan volume tinggi, serta kualitas baik, jangkauan global, dan fleksibilitas menjelajahi berbagai teknologi seperti Samsung Galaxy J2 yang bundling dengan Smartfren 4G LTE. Hanya dengan pembelian Samsung Galaxy J2 seharga Rp 1.999.000, kamu bisa mendapatkan kartu Smartfren 4G LTE Advanced dengan benefits bonus kuota 4.5 GB. Jika ditambah top up Rp 100.000, kamu juga bisa mendapatkan total data hingga 19GB. Mau mendapatkannya? Bisa cari tahu di sini. 

Kabar gembira datang dari Smartfren yang menawarkan diskon akhir tahun 2015 hingga Rp 600.000. Dapatkan juga paket internet 4G True Unlimited hanya dengan Rp 75.000 saja. Untuk info selengkapnya cari tahu di sini

(kpl/ayu/boo)



MORE STORIES




REKOMENDASI