Decacorn Bukan Jenis Popcorn Baru, Ini Fakta yang Perlu Kamu Tahu

Rabu, 27 Februari 2019 08:25 Penulis: Zaki Mursidan Baldan
Decacorn Bukan Jenis Popcorn Baru, Ini Fakta yang Perlu Kamu Tahu
(c) Grab

Kapanlagi Plus - "Eh ada yang jadi decacorn pertama di Asia Tenggara, lho."

Pernyataan di atas baru-baru ini mewarnai percakapan yang ada di media sosial. Bagi kamu yang belum update, pasti bingung nih apa sih yang dimaksud dengan decacorn? Decacorn bukan jenis popcorn baru, tapi istilah tingkatan level dalam sebuah startup. Simak dulu faktanya berikut ini:

Decacorn 10 Kali Lipat dari Unicorn

Nah, istilah unicorn juga sempat viral beberapa waktu yang lalu. Unicorn sendiri adalah gelar yang diberikan pada startup yang memiliki nilai valuasi lebih dari 1 miliar dolar AS. Istilah unicorn sendiri merupakan representasi dari spesies kuda mitologi yang langka dan sulit dicapai. Sedangkan decacorn merupakan tingkat lanjutan dengan nilai 10 kali lipat dari unicorn, yakni lebih dari 10 miliar dolar AS. Nilai valuasi yang dimaksud adalah nilai suatu startup, bukan pendanaan yang diraih dari investor.

Asia Tenggara Baru Punya 1 Decacorn

Untuk mencapai level Decacorn, sebuah startup harus memiliki nilai valuasi lebih dari 10 miliar dolar AS. Di Asia Tenggara sendiri, baru ada satu startup yang sukses mencapai level decacorn. Sebuah startup yang awalnya adalah sebuah aplikasi transportasi online, yang kini telah menjelma jadi Everyday SuperApp yang punya beragam fitur dan manfaat.

Grab Jadi Decacorn Pertama dan Satu-satunya di Asia Tenggara

Grab adalah Decacorn (super unicorn) dengan kualitas pelayanan yang baik, harga yang terjangkau dan penggunaan waktu yang efisien. Punya nilai valuasi US$ 11 miliar, Grab jadi startup pertama yang berhasil meraih level decacorn di Asia Tenggara. Grab menjelma jadi sejarah baru yang perlu banget dicatet! Startup ini telah beroperasi di 336 kota dan 8 negara yang ada di Asia Tenggara. Mulai dari Vietnam, Myanmar, Thailand, Filipina, Kamboja, Malaysia, Singapura dan Indonesia.

Seiring perkembangannya, Grab menjadi Everyday SuperApp terkemuka di Asia Tenggara yang menawarkan solusi sehari-hari dengan layanan transportasi, pengiriman barang dan makanan, pembayaran mobile dan hiburan digital. Dengan filosofi platform terbuka yang dimilikinya, Grab menyatukan para mitra untuk membuat hidup lebih baik bagi masyarakat di Asia Tenggara.

 

 

 

 

 

 

 

(kpl/zki)



MORE STORIES




REKOMENDASI