Devanosa, Hijaber Backpacker Yang 14 Bulan Singgahi 29 Provinsi

Selasa, 05 Januari 2016 08:18 Penulis: Arai Amelya
Devanosa, Hijaber Backpacker Yang 14 Bulan Singgahi 29 Provinsi
Devanosa saat di danau Tolire, Ternate, Maluku Utara © Instagram @devanosa

Kapanlagi Plus - Bagi kamu pengguna aktif Instagram dan doyan banget sama yang namanya travelling, nama Dewi Patlia Novitasari mungkin cukup asing. Namun jika menyebut nama akunnya yakni @devanosa, pasti akan ada banyak di antara kamu yang follow perempuan berhijab ini. Yap, sosok Devanosa kini memang lebih tepat disebut sebagai penginspirasi para traveller backpacker yang ingin mendapatkan pengalaman seindah dirinya.

Bukan tanpa alasan mengapa Deva cukup populer, karena dia adalah seorang anak Indonesia yang begitu nekat mengejar mimpi berkeliling negeri ini dan berhasil mewujudkannya. Sudah hobi jalan-jalan sejak kecil, perempuan yang lahir di kota Sampit, kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah inipun mulai menggilai travelling pada tahun 2007.

Sebagai backpacker solo, Deva pun harus tangguh membawa barang sendirian © Instagram @devanosaSebagai backpacker solo, Deva pun harus tangguh membawa barang sendirian © Instagram @devanosa

Hingga akhirnya pada bulan Oktober 2014, Deva membuat keputusan yang cukup berani yakni mengundurkan diri sebagai karyawan perusahaan finance di Kalimantan dan memulai mengejar mimpi berkeliling Indonesia. Tak main-main saat itu perempuan kelahiran 4 November 1989 ini masih berusia 25 tahun dan menjadi seorang backpacker seorang diri lho!

"Untuk saya travelling bukan lagi sekedar hobi. Travelling itu passion dalam hidup. Yang bikin saya suka travelling adalah banyak sekali ilmu pengetahun yang bisa saya temukan lewat jalan-jalan. Jadi bukan hanya sekedar senang semata. Sebetulnya juga jadi solo backpacker ini bukan pilihan sih, tapi nasib hahahaha. Soalnya sulit cari travelmate untuk perjalanan lama dengan itinerary yang sangat tentatif," ungkap Deva dalam wawancara via email dengan KapanLagi.com® beberapa waktu lalu ini.

Papua sepertinya cukup membuat Deva jatuh cinta © Instagram @devanosaPapua sepertinya cukup membuat Deva jatuh cinta © Instagram @devanosa

Dianggap cukup gila dan nekat, Deva beruntung punya keluarga yang sangat mendukung impiannya itu meskipun dengan catatan dia tak meminta biaya orangtua untuk berkeliling Indonesia. Hasilnya selama 14 bulan menjelajah Indonesia, Deva sudah menginjakkan kakinya di 29 provinsi di Indonesia belum termasuk pulau-pulau dan daerah terpencil lainnya.

"Tujuan saya adalah seluruh provinsi di Indonesia. Kebetulan di 2015 saya lebih banyak menjelajah pulau Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Nanti di 2016 ini saya bakal ke Sumatera dan Kalimantan. Saya memilih keliling Indonesia karena kan sesuai dengan tagline pariwisata Indonesia, 'Kenali Negerimu, Cintai Negerimu'," ungkap perempuan yang sudah 14 bulan tak pulang ke rumah karena menjelajah Indonesia bagian timur ini. Keren ya!

(kpl/aia)

Editor:

Arai Amelya



MORE STORIES




REKOMENDASI