Dibutuhkan Translator Emoji, Kayak Gimana Sih?

Rabu, 14 Desember 2016 14:35 Penulis: Agista Rully
Dibutuhkan Translator Emoji, Kayak Gimana Sih?
© huffingtonpost.co.uk

Kapanlagi Plus - Karena hampir semua orang menggunakan smartphone, emoji kini sudah tidak asing lagi. Emoji seringkali digunakan dalam percakapan via chat. Biasanya emoji ini semakin membuat pesan tampak menarik dibaca. Tanpa emoji, pesan akan tampak serius banget. Sepakat?

Kini emoji sudah seperti bahasa pada umumnya. Bahkan sekarang dibuka lowongan pekerjaan sebagai penerjemah emoji! Asyik kan? Emoji dianggap sebagai bahasa yang semakin berkembang, penggunaan yang berbeda di tiap negara juga menjadikan emoji perlu diterjemahkan sesuai dengan kearifan lokal. Oleh sebab itu, sebuah perusahaan di Inggris membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat menjadi penerjemah emoji.

Today Translation membutuhkan karyawan sebagai penerjemah emoji © buzzfeed.comToday Translation membutuhkan karyawan sebagai penerjemah emoji © buzzfeed.com

Pekerjaan ini tidak hanya menerjemahkan atau mengartikan sederet emoji saja. Dalam pekerjaan ini dilibatkan juga penelitian terhadap perkembangan emoji yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. CEO Today Translation, Jurga Zilinskiene, mengatakan bahwa ide penerjemah emoji ini muncul ketika seorang klien memintanya untuk menerjemahkan emoji yang diterimanya melalui pesan chat.

Pada faktanya, penggunaan emoji memang berbeda antara satu negara dengan negara lainnya. Seperti emoji malaikat, di banyak negara emoji tersebut identik dengan hal baik, malaikat. Tapi di China emoji tersebut menunjukkan kematian seseorang. Begitu juga dengan emoji OK, di Amerika atau Indonesia mungkin dianggap sebagai hal wajar. Di Brazil, emoji OK merupakan gesture sejenis mengacungkan jari tengah di Amerika.

Penggunaan emoji berbeda di masing-masing negara menjadi alasan dibutuhkannya penerjemah emoji © buzzfeed.comPenggunaan emoji berbeda di masing-masing negara menjadi alasan dibutuhkannya penerjemah emoji © buzzfeed.com

Tugas penerjemah emoji ini nantinya adalah menerjemahkan masing-masing gambar ke dalam bahasa Inggris atau bahasa ibu mereka dan disesuaikan dengan budaya dari tempat asal masing-masing. Oleh sebab itu, penelitian lebih lanjut mengenai penggunaan emoji ini mensyaratkan "penutur asli" sebagai penerjemah emoji.

Singkatnya, menjadi penerjemah emoji adalah pekerjaan yang susah-susah gampang. Gampang karena hanya mengartikan gambar emoji lalu dapat uang. Susah karena harus menyesuaikan makna emoji dengan budaya lokal. Kamu berminat? Kalau berminat langsung saja kunjungi web resmi Today Translation.

(kpl/buz/agt)

Editor:

Agista Rully



MORE STORIES




REKOMENDASI