Dijamin, Kata-Kata Ini Bakalan Bisa Bikin Kamu Tampak Pintar

Jum'at, 14 November 2014 17:00 Penulis: Arai Amelya
Dijamin, Kata-Kata Ini Bakalan Bisa Bikin Kamu Tampak Pintar
KapanLagi.com®


Kapanlagi Plus - Manusia adalah makhluk sosial. Apapun yang akan mereka lakukan dalam dunia ini pasti tak lepas dari yang namanya orang lain. Untuk itulah manusia butuh yang namanya komunikasi agar semua terjadi dengan benar dan tanpa salah paham.

Namun ada kalanya seseorang memilih padanan kata yang dianggap cukup sulit bagi orang lain. Pemilihan kata-kata yang cenderung asing itu adalah untuk terlihat lebih berkelas, lebih disegani dan yang pasti lebih pintar. Padahal lucunya tidak semua orang yang menggunakan kata-kata sulit itu memahami apa maksud ucapannya.

Hanya saja kalau kamu saat ini sedang dalam tahap ingin membuat orang lain terpesona, maka tak ada salahnya kamu mencoba mengobrol dengan pilihan kata yang terdengar pintar ini. Penasaran, dilansir langsung dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), apa aja sih kata dalam bahasa Indonesia yang bisa bikin kamu tampak pintar?

1. ANEKDOT

Dalam KBBI dijelaskan bahwa Anekdot adalah cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan. Biasanya kata anekdot bisa mengenai orang penting atau terkenal dan dijelaskan berdasarkan kejadian yang sebenarnya. Kamu pun bisa mengucapkan anekdot sebagai sebuah kata-kata yang mampu menjadikan dirimu tampak pintar di teman-temanmu.

Misalkan saat temanmu bertanya seperti apakah kisah film yang dibintangi oleh Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari, kamu bisa menjawabnya dengan santai 'Film drama romantis sih, tentang anekdot pak Habibie'. Dijamin, temanmu bakal terpesona dengan pilihan katamu.

2. HEGEMONI

Dalam KBBI, Hegemoni adalah sebuah pengaruh kepemimpinan, dominasi, kekuasaan dan sebagainya suatu negara atas negara lain (atau negara bagian). Kalau menurutmu kata ini sangat terdengar sulit dipadukan, maka coba saja kamu ucapkan ketika berjumpa dengan teman perempuanmu yang begitu tergila-gila dengan drama Korea.

Dengan santai dan pasang wajah cerdas, ucapkan, 'Kamu jangan terlalu suka dengan Lee Min Ho atau Super Junior. Itu semua adalah hegemoni Korea Selatan kepada generasi muda Indonesia'. Dijamin, temanmu yang suka drama Korea itu bakal langsung menonton Ganteng-Ganteng Serigala karena kata-katamu yang cerdas.

3. KONTEKSTUAL

Dalam KBBI, Kontekstual berarti berhubungan dengan konteks atau isi. Kata-kata ini tentu sangat sering kamu dengar dalam sebuah perkuliahan atau buku-buku tebal yang bisa membuatmu berat saat membawanya. Namun jangan salah, kontekstual bisa juga kamu pakai saat mengomentari sinetron Indonesia.

Contoh saja saat ibumu sedang asyik di depan TV, 'Bunda, sinetron Tukang Bubur Naik Haji ini secara kontekstual sudah tak masuk akal. Si tukang buburnya sudah pergi ke Mekkah dan tak pernah ada dalam cerita'. Dijamin, ibumu pasti akan langsung mematikan TV dan memilih memasak karena kata-katamu yang terdengar cerdas.

4. MANIFESTASI

Dalam KBBI, Manifestasi adalah perwujudan sebagai suatu pernyataan perasaan atau pendapat tetapi juga bisa berarti perwujudan atau bentuk dari sesuatu yang tidak kelihatan. Biasanya kalimat-kalimat seperti ini kerap dipakai (bukan oleh Vicky Prasetyo) oleh para menteri di jajaran Kabinet. Namun kata Manifestasi juga bisa kamu gunakan dalam obrolan ringan lho.

Seperti contohnya waktu kamu mau mengungkapkan cintamu kepada kekasihmu, 'Lagu Selimut Tetangga milik Repvblik ini akan kunyanyikan padamu sebagai manifestasi cintaku yang akan selalu setia padamu, pujaanku'. Dijamin, kekasihmu akan percaya kalau kamu tak akan pernah selingkuh.

5. PARADIGMA

Dalam KBBI, Paradigma adalah daftar semua bentukan dari sebuah kata yang memperlihatkan konjugasi dan deklinasi kata tersebut. Maknanya saja sulit? Memang, tetapi paradigma juga bisa berarti sebuah kerangka berpikir yang berakar dan bisa menuntut seseorang untuk bertindak dalam kehidupan sehari-hari.

Nah, kamu tak perlu bingung dengan paradigma. Karena kata ini bisa terdengar sangat manis dan normal kalau kamu ucapkan kepada temanmu, 'Cuaca hujan dan dingin tetapi banyak cewek masih pakai hot pants. Mungkin memang paradigma wanita jaman sekarang sudah berubah'. Dijamin, para gadis akan langsung mengenakan celana panjang mendengar kalimat pintarmu.

6. BAHWASANYA

Dalam KBBI, Bahwasanya adalah sebuah kata penghubung yang digunakan untuk menguatkan isi atau uraian kata atau kalimat yang di depan. Kamu mungkin sering mengucapkan bahwa, tapi cobalah kali ini kamu ganti dengan bahwasanya agar kamu terdengar jauh lebih pintar terutama di depan gebetan.

Contohnya, 'Kamu jangan terlalu deket sama temen cowokmu ya. Kamu harus tahu bahwasanya aku suka denganmu jadi tolong jaga hatimu'. Dijamin, cewek gebetanmu itu bakal terpesona dengan pilihan katamu yang sangat pintar. Selamat mencoba!

(kpl/aia)

Editor:

Arai Amelya



MORE STORIES




REKOMENDASI