Fenomena Konyol #AkuRapopo, Kamu Siap Ngakak?

Senin, 24 Maret 2014 12:01 Penulis: Arai Amelya
Fenomena Konyol #AkuRapopo, Kamu Siap Ngakak?


Kapanlagi Plus - Dengan jaman yang serba gadget dan teknologi seperti saat ini, memang media sosial memiliki peran yang cukup penting dalam kehidupan sosial masyarakat. Melalui media sosial pula, kamu akan menemukan banyak sekali trend-trend yang kini sedang ramai dibicarakan. Tak sedikit dari hal-hal tersebut merupakan fenomena konyol.

Setelah kalimat 'ciyus', 'miapah' dan 'cabe-cabean', kini dunia sosial media mengenal sebuah istilah unik 'aku rapopo'. Jika ditilik dari bahasanya, Aku Rapopo berasal dari bahasa Jawa yang berarti Aku Tidak Apa-Apa. Justru kini kalimat itu dijadikan sebuah istilah yang menggambarkan kegalauan anak muda sampai hal-hal yang mengocok perut. Seperti apa lucunya fenonema #Akurapopo ini? Dilansir berbagai sumber, berikut ini di antaranya.

1. Motor Sport Untuk Jualan

Apa ada yang salah dengan foto sang penjual makanan ini? Mungkin tidak karena dia bekerja dengan halal. Namun sepertinya kendaraan yang ditumpanginya, membuat beberapa orang menggelitik geli. Lihat saja, sang penjual makanan keliling ini memilih motor sport yang biasa dipakai anak-anak muda untuk tampil keren di jalan raya, alih-alih sepeda motor biasa. Melihat foto ini, seakan si motor sport berkata 'Tak usah dipikir. Aku tak apa-apa'.

Mungkin itu adalah perasaaan hati si sepeda motor sport karena jika biasanya dia menjadi tunggangan para anak muda menarik lawan jenis, kini dia memiliki tugas yang lain. Rapopo kan?

2. Cinta Bertepuk Sebelah Tangan

Kisah cinta bertepuk sebelah tangan memang selalu menyisakan sesuatu yang begitu miris. Bayangkan saja, kamu sudah menyimpan hatimu untuk seseorang dan menyukainya, tapi ternyata dia tak bisa membalas cintamu. Apa yang kamu rasakan? Mungkin galau dan begitu sedih. Seperti itulah akhirnya meme ini tercipta. Alih-alih memakai manusia, sang pembuat justru memilih seekor anjing yang seakan bersandar sedih.

Dengan tulisan 'Kalau kamu tidak menyukaiku, aku tak apa kok;. Sungguh. Pernah merasakan saat seperti itu? #KamuRapopo #KamuSabaro.

3. Sangat Rapopo

Pada dasarnya kalimat 'Aku Rapopo' memang merujuk pada seseorang yang sedang pada kondisi sulit dan sial namun ingin tetap terlihat tegar dan membuat orang-orang di sekelilingnya tenang karena dia memastikan dirinya tak apa-apa. Dan penjelasan itu sangat jelas terlihat dari foto ini.

Bayangkan saja, seseorang yang sudah tenggelam ke sebuah kubangan, alih-alih berteriak minta tolong dia justru mengacungkan kedua jempol tangannya seakan ingin bilang 'Aku tak apa-apa'.

4. Boneka Yang Setia

Pernahkah kamu ada di sebuah tempat sedang menikmati indahnya hari lalu tiba-tiba ada sepasang kekasih yang duduk di dekatmu dan tampak mesra? Bagi kamu yang memiliki kekasih mungkin kondisi itu tak masalah. Namun bagi beberapa jomblo yang sensitif, melihat sepasang kekasih memadu cinta di dekatnya yang sendiri mungkin sedikit menyesakkan hati.

Nah jika begitu, mungkin kamu bisa membawa sebuah boneka beruang besar bersamamu. Jadi saat ada sepasang kekasih sedang tampak mesra di dekatmu, peluklah boneka itu seakan mengatakan pada dunia bahwa kamu tak apa-apa.

5. Kegalauan Mahasiswa

Menjadi mahasiswa memang menyenangkan. Memiliki teman-teman baru yang berasal dari berbagai tempat dan menemukan berbagai hal yang unik serta berbeda. Namun ada yang bilang jika kebahagiaan seorang mahasiswa itu sirna saat skripsi sudah di depan mata. Apalagi ketika teman-temanmu sudah selangkah lebih maju yakni lebih dahulu lulus sementara kamu masih belum diwisuda.

Mungkin ekspresi menangis Peter Parker ini sangatlah tepat menggambarkannya. Saat teman-temanmu sudah diwisuda dan kamu belum, tabahkan hatimu. Karena kamu pasti tak apa-apa.

6. Messi Yang Rapopo

Di lapangan sepakbola mungkin persaingan seorang Christiano Ronaldo dan Lionel Messi selalu sama kejar-mengejar. Bahkan ada kalanya seorang Ronaldo harus mengakui jika Messi memiliki bakat bermain sepakbola yang setingkat di atasnya. Namun lepas dari sepakbola terutama untuk hubungan dengan para wanita, Messi harus mengakui Ronaldo lebih piawai.

Lihat saja bagaimana kondisi ini terjadi. Saat dua orang wanita tampak lebih memilih berbincang dengan Ronaldo padahal Messi duduk tak jauh daripada dirinya. Apalagi Messi sendiri. Ooh Messi, kamu pasti tak apa-apa kok.

7. Pohon Pun Tak Apa

Jika selama ini kamu menilai orang yang tak memiliki kekasih itu menyedihkan, kamu jangan menilai seperti itu. Karena ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk ikut bahagia. Ketika kamu melihat sepasang kekasih berciuman dan kamu adalah seorang jomblo, carilah sebatang pohon. Peluk pohon itu lalu ciumlah pula pohon itu. Tunjukkan pada dunia kalau kamu tegar dan katakan jika kamu tak apa-apa. Semangat!

8. Mantan Menikah = Rapopo

Hubungan cinta antara dua insan manusia memang tak selamanya berlangsung bahagia. Ada kalanya ketika cinta itu harus berakhir maka yang muncul adalah sebuah perasaan pedih yang menyiksa hati. Tapi kamu tak boleh bersedih terlalu lama. Mantan biarkanlah menjadi mantan dan berlalu. Hanya saja, ada kalanya ketika mantan kamu tiba-tiba memberi kabar bahwa dia akan menikah.

Bagi kamu yang ada dalam kondisi masih jomblo sementara si mantan sudah menikah terlebih dahulu, kamu tak boleh terlihat sedih. Yakinkan dirimu kalau kamu tak apa-apa dan semua akan indah pada waktunya, mblo.

9. LDR Yang Menyiksa

Apakah singkatan dari LDR? Benar jika kamu menjawabnya Long Distance Relationship atau Hubungan Jarak Jauh. Bagi beberapa orang, kisah cinta LDR kerap kali menyiksa karena sudah jarang bertemu karena jarak yang memisahkan, kerap kali rentan dengan perselingkuhan dan pengkhianatan. Meskipun tak semua LDR berakhir perpisahan dan menyiksa.

Hany saja kalau LDR itu berubah arti menjadi Lho Diselingkuhi Rek, mungkin kisah itu akan menjadi sesuatu yang menyiksa hati. Pernah mengalami hal itu? Tetaplah tenang dan berdamai. Karena kamu pasti #Rapopo.

10. Forever Alone

Pria ini adalah contoh seorang jomblo (atau single) dengan rasa kepercayaan diri sangat tinggi dan benar-benar bermental kuat. Lihat saja, ketika dia menghadiri sebuah pesta dansa dan di mana orang-orang tampak mesra berdansa dengan kekasih mereka masing-masing, si pria ini justru memeluk dirinya sendiri seakan berkata 'Aku tak apa-apa'.

Benar memang. Karena menjadi seseorang yang sendiri itu tak apa-apa. Eits, jangan sampai menangis ya.

(kpl/aia)

Editor:

Arai Amelya



MORE STORIES




REKOMENDASI