Fisikawan Stephen Hawking Meninggal Dunia di Usia 76 Tahun

Rabu, 14 Maret 2018 13:00 Penulis: Dhefa Mauren Roos Mary
Fisikawan Stephen Hawking Meninggal Dunia di Usia 76 Tahun
(credit : kapanlagi.com/afp)

Kapanlagi Plus - Fisikawan ternama, Stephen Hawking, dikabarkan meninggal dunia hari ini (14/3) di usianya yang ke-76 tahun. Dilansir dari The Guardian, kabar duka tersebut datang pertama kali dari ketiga anak Hawking, yakni Lucy, Robert dan Tim.

Ketiganya mengutarakan bahwa ayah mereka meninggal di kediamannya di Cambridge. "Kami sungguh berduka atas kepergian ayah kami hari ini," kata mereka. Di mata mereka, Hawking adalah sosok ayah, ilmuwan, serta sosok yang humoris. Terlepas dari statusnya sebagai sosok yang tenar dan mendunia, Hawking tetaplah ayah yang dekat bagi mereka. 

"Hawking adalah ilmuwan dan orang yang luar biasa, dan warisannya akan terus hidup seterusnya. Keberanian, kegigihan, kepintaran dan selera humornya menginspirasi seluruh orang di penjuru dunia," ungkap mereka. 

Hawking tidak hanya tenar karena teori fisika yang dilontarkannya. Ia pun punya kutipan-kutipan penuh cinta yang selalu dikenang oleh anak-anaknya. "Dunia ini tak akan pernah sama tanpa orang kau cintai berada di sisimu," kata Hawking. Dari situ anak-anaknya merasa bahwa mereka bakak semakin kehilangan sang ayah. "Kami akan merindukannya (Hawking) selamanya," ujar mereka. 

Diketahui Hawking didiagnosa menderita penyakit motor neurone sejak berusia 21 tahun. Bahkan ia sempat divonis bahwa hidupnya tak lama lagi, yakni sekita 2 sampai 3 tahun. Namun Hawking dapat membuktikan bahwa ia dapat bertahan sampai lebih dari 50 tahun terhitung sampai sebelum kabar meninggalnya hari ini.

Kisah hidup Hawking yang menginspirasi pun telah diangkat dalam sebuah film berjudul THEORY OF EVERYTHING. Dimana film tersebut dibuat berdasarkan memoir yang ditulis oleh istri pertama Hawking, Jane Wilde. Dalam film tersebut sosok Hawking diperankan oleh aktor Eddie Redmayne. Perannya dalam fil tersebut pun meraih penghargaan Oscar dengan kategori best actor.

(credit video: Vidio Liputan 6)

(kpl/ren)



MORE STORIES




REKOMENDASI