[Foto] Cuaca Ekstrem, Air Terjun Niagara Pun Ikut Beku!

Selasa, 14 Januari 2014 15:01 Penulis: Ratih Adiwardhani
[Foto] Cuaca Ekstrem, Air Terjun Niagara Pun Ikut Beku!
Foto: AFP


Kapanlagi Plus - Air terjun Niagara memang bukan air terjun yang terbesar di dunia. Namun air terjun ini tetap merupakan salah satu landmark yang menarik untuk dinikmati

Belakangan ini, air terjun yang biasanya mengalir deras di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada ini membeku akibat hembusan angin kutub (polar vortex) yang melanda wilayah tersebut. Peristiwa ini pun membuat penasaran bagi sejumlah warga Amerika Serikat dan Kanada. 

Kali ini, KapanLagi.com® mengumpulkan beberapa foto unik dimana air terjun Niagara mulai membeku. Seperti apa? langsung klik halaman berikut!

 

 

1. Imbas Polar Vortex

Belakangan, wilayah Amerika Serikat bagian utara dihujani salju dengan intensitas yang tak biasa. Hal ini bukan diakibatkan oleh badai salju, melainkan polar vortex.

Polar vortex adalah aliran udara dingin yang cukup besar di pusaran kutub yang berputar puluhan ribu kaki di bawah atmosfer. Biasanya aliran udara dingin ini hanya sampai ke beberapa wilayah Kanada. Namun kali ini aliran udara dingin ini sampai ke wilayah Amerika Serikat.

Bahkan aliran angin ini mampu membuat lebih dari 100 juta warga Amerika Serikat kedinginan. Tak terkecuali air terjun Niagara yang berada di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada yang kini ikut membeku.

2. Jadi Tontonan Warga

Melihat fenomena alam yang jarang terjadi ini, para wisatawan dan warga sekitar berlomba-lomba untuk mengabadikan momen ini. Pengawas lokasi setempat sempat menutup tempat ini namun akhirnya dibuka kembali karena ramai pengunjung.

Mengenakan pakaian tebal yang lengkap dan sembari menggigil menahan dingin, mereka memotret air terjun yang kini membeku ini. Beberapa di antara mereka merupakan wisatawan yang kebetulan berkunjung ke wilayah Amerika Serikat atau Kanada.

3. Pernah Beku Tahun 1900-an

Sebenarnya ini bukan pertama kalinya air terjun Niagara membeku. Sebelumnya, di tahun 1848 dan di awal tahun 1900-an air terjun setinggi ini 51 meter pernah mengalami hal yang sama. Kini di tahun 2014 peristiwa ini kembali berulang.

Dulu para pengunjung air terjun Niagara boleh bermain-main di sungai air terjun. Namun sekarang, untuk alasan keamanan, para pengunjung air terjun Niagara tidak diperkenankan turun ke wilayah sungai.

 

4. Minus 37 Derajat Celcius

Kencangnya perputaran angin kutub di wilayah Kanada dan AS membuat perubahan suhu yang cukup drastis di wilayah air terjun Niagara. Sejak peristiwa polar vortex ini terjadi, suhu di sekitar lokasi tercatat pernah drop mulai dari -16 derajat Celcius, -28 derajat Celcius, hingga -37 derajat Celcius.

Rendahnya suhu ini mengakibatkan pemerintah mengimbau apda masyarakat agar tidak banyak beraktivitas di luar rumah karena dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan dan keselamatan jiwa.

5. Mencair Sebagian

Sejak mulai beku pada pekan lalu, air terjun Niagara saat ini sudah mulai meleleh sebagian.Sebenarnya air terjun Niagara memang tidak membeku sepenuhnya, masih ada beberapa aliran air yang mengalir lancar menuju sungai. Namun karena tertahan oleh bongkahan es, aliran air ini hanya bisa mengalir dengan sangat pelan.

6. Fenomena Alam Biasa

Sebenarnya, fenomena polar vortex ini merupakan fenomena alam yang biasa. Namun baru kali ini polar vortex terjadi di Amerika dengan suhu di bawah nol derajat. Dalam kondisi normal, meski polar vortex terjadi saat musim dingin di kutub utara, suhu udara takkan berada di bawah nol derajat.

Dampak lain yang dirasakan oleh perubahan drastis suhu udara ini adalah lebih dari dua ribu penerbangan dari dan menuju Amerika Serikat harus ditunda.

 

(kpl/rth)



MORE STORIES




REKOMENDASI