Foto-Foto Terakhir Para Tokoh Dunia Sebelum Mereka Meninggal

Jum'at, 21 Februari 2014 05:01 Penulis: Mahardi Eka Putra
Foto-Foto Terakhir Para Tokoh Dunia Sebelum Mereka Meninggal
dok. istimewa


Kapanlagi Plus - Jadilah saksi sejarah dengan melihat foto-foto terakhir para tokoh dunia ini sebelum mereka meninggal. Saat foto-foto diambil, tentunya tidak ada yang tahu dan menyangka bahwa foto tersebut mengabadikan saat-saat terakhir sang tokoh.

Semua foto ini, layaknya foto lainnya, mengambil gambar sang tokoh dengan natural tanpa editan dan juga pose-pose yang berlebihan. Seperti apakah momen-momen terakhir para tokoh ini? Kita lihat foto-fotonya berikut yang telah dikumpulkan oleh Oddee.com.

 

1. Steve Jobs

Menjelang kematiannya, pendiri Apple, Steve Jobs terlihat begitu rapuh dan sangat kurus. Ia bahkan perlu bantuan dari asistennya untuk hanya sekadar berjalan ke mobil. Gambar ini diambil saat Jobs sedang berada di rumahnya di California pada 26 Agustus 2011.

2. Mahatma Gandhi

Tokoh kemanusiaan dan perdamaian dari India, Mahatma Gandhi sedang dalam perjalanannya untuk berdoa bersama ketika Nathuram Godse, pria yang menjadi pembunuh Gandhi menghadangnya dalam perjalanan. Pembunuh tersebut menembakkan tiga peluru dari pistol Beretta 9 mm ke dada Gandhi. Pertemuan tersebut tertangkap kamera.

Momen tragis yang menjadi akhir hidup Gandhi ini dimasukkan dalam filmnya sebagai adegan pembuka. Dalam film tersebut Gandhi diperankan oleh Ben Kingsley.

3. John Lennon

Foto terakhir John Lennon ini bikin bulu kuduk merinding. Pasalnya dalam foto tersebut tampak juga sang pembunuh Lennon, Mark David Chapman. Pria yang menembak Lennon dan mengakhiri pentolan The Beatles tersebut meminta tanda-tangan kepada sang idola. Hanya selang beberapa jam sebelum akhirnya Lennon ditembak dan tewas.

Dan lagi coba perhatikan bahwa foto ini didominasi warna hitam.

4. Freddy Mercury

Foto terakhir dari vokalis band legendaris Queen, Freddy Mercury siapa yang menyangka bahwa diambil bukan saat di atas panggung. Freddy terlihat rapi di taman depan rumah. Foto ini terkesan cerah meski sejatinya Freddy terlihat pucat.

Ini diambil tepat di tahun 1991 sebelum Freddy meninggal karena komplikasi pneumonia dan juga AIDS yang menggerogotinya.

5. Steve Irwin

Steve Irwin secara ironis meninggal karena sengatan ikan pari saat ia sedang meneliti hewan air tersebut di tahun 2006. Irwin biasanya jago dalam hal berinteraksi dengan binatang, karena memang itulah pekerjaannya. Ia berkeliling Australia untuk meneliti dan mengabarkan kepada dunia tentang keunikan para binatang tersebut.

Foto ini diambil bersama ahli biologi kelautan Chris Jones di atas boatnya dua hari sebelum kematiannya di tahun 2006. 

 

6. The Beatles

Personel The Beatles belum semuanya meninggal, hanya saja ini adalah foto terakhir mereka sebagai satu band utuh. Band yang pernah menjadi fenomena dan menginvasi dunia ini berfoto bersama untuk terakhir kalinya pada 22 Agustus 1969.

Meski menjadi fenomena, personil band rock and roll ini kerap berselisih paham karena perbedaan ide dan juga konflik internal lainnya.

7. Hitler

Ingin tahu seperti apa diktator paling terkenal di dunia, Hitler sebelum akhir hayatnya? Foto ini bisa memberimu sedikit gambaran. Ini diambil tepat 2 hari sebelum kematiannya.

Hitler sedang bediri di luar bunkernya di Berlin. Saat itu ia sedang mengamati dampak kerusakan bom dari lawan perangnya. Atau mungkin ia sedang mencari udara segar karena punya firasat bahwa hidupnya tak lama lagi? Siapa yang tahu.

8. Albert Einstein

Albert Einstein adalah seorang ilmuwan. Oleh karenanya tak heran foto-fotonya tak terlalu mencolok. Termasuk fotonya yang satu ini, ia sedang berdiri dengan sweater dan juga rambut acak-acakan di depan rumah Princetonnya, Maret 1955. 

Foto ini lantas menjadi foto bernilai tinggi karena ini adalah foto terakhir sang ilmuwan besar sebelum ia terserang penyakit aortic aneurysm yang merenggut nyawanya.

9. Marylin Monroe

Foto ini diambil pada saat Marylin Monroe berkunjung bersama Frank Sinatra dan pianis jazz Buddy Greco. Mereka menghabiskan akhir pekan bersama dalam kesempatan tersebut. Monroe jelas menikmati momen akhir pekan tersebut, lihat senyum yang ditunjukkannya lewat foto ini.

Sayang beberapa waktu kemudian, tepatnya pada 5 Agustus 1962, aktris seksi yang menjadi fenomena dunia ini ditemukan tewas di sebuah kamar hotel akibat overdosis obat terlarang.

10. Jim Morrison

Dalam foto terakhirnya, pentolan The Door, Jim Morrison terlihat menghabiskan waktu bersama dengan kekasihnya Pamel Courson. Mereka berdua diajak teman mereka ke sebuah desa kecil di Saint-Leud'Esserent.

Dari banyak foto yang diambil pada momen liburan tersebut, foto ini dipercaya sebagai foto terakhir sang musisi. Lima hari dari foto ini diambil, sang musisi ditemukan tewas.

11. James Dean

James Dean digandrungi banyak remaja putri dan pemudi di eranya karena ia menjadi aktor muda yang bisa menciptakan tren dan juga banyak pengaruh lainnya. Ia pun tetap menjaga gayanya dengan menaiki mobil-mobil sport yang ngetren di zamannya.

Salah satu mobil yang pernah dibelinya adalah Porsche perak yang dinaikinya ke pom bensin ini. Pose kerennya bersama mobil ini dipercaya sebagai foto terakhirnya karena beberapa hari kemudian ia tewas dalam sebuah kecelakaan. Mobil Prosche ini hanya dimilikinya selama 9 hari saja.

12. Jimi Hendrix

Pacar Jimi Hendrix sengaja memotret sang gitaris dengan gitar elektrik kesayangannya, Black Betty. Seperti yang kita tahu, Jimi adalah salah satu gitaris legendaris yang pernah dikenal dunia. Pacar Jimi Hendrix tak akan menyangka bahwa foto yang diambilnya tersebut bakal menjadi kenang-kenangan paling berharga lantaran Jimi meninggal beberapa hari setelah foto ini diambil. 

(odd/dka)



MORE STORIES




REKOMENDASI