FOTO: Geger! Beredar Jajanan Anak SD Berisi Kondom

Jum'at, 22 Januari 2016 10:18 Penulis: Arai Amelya
FOTO: Geger! Beredar Jajanan Anak SD Berisi Kondom
Ilustrasi anak SD © Merdeka

Kapanlagi Plus - Saat kamu SD dulu, tentu ada banyak sekali jajanan anak kecil yang membuat rindu. Sebut saja seperti es wawan, anak mas hingga krip-krip. Jajanan dengan harga murah yang sempat ngehits di tahun 90-an itu memang bikin kamu rindu masa-masa SD. Namun rupanya perkembangan zaman membuat jajanan anak SD saat ini jauh lebih berbahaya daripada dulu.

Sekarang kamu tentu sudah biasa mendengar berita bahwa ada jajanan anak SD yang mengandung pengawet atau pewarna yang berbahaya. Tentu saja orangtua harus benar-benar mengawasi anak-anak mereka yang SD agar tak salah jalur. Hanya saja, baru-baru ini orangtua dibuat gempar karena adanya jajanan untuk anak SD yang diduga berisi kondom dan mengajarkan tindakan asusila.

Yap, terdengar menjijikkan dan bikin kamu shock memang. Namun jajanan ini disinyalir diperjual belikan oleh pedagang yang kerap berjualan di SD-SD. Jajanan menghebohkan ini pertama kali tersebar melalui Yayasan Kita & Buah Hati. Dalam salah satu postingannya, mereka menulis, 'Setelah jajanan yang mengandung borax, pewarna kain, formalin serta zat berbahaya lainnya, juga jajanan yang mengandung narkoba dalam berbagai jenis, bentuk dan warna yang menarik, kini beredar jajanan anak berisi KONDOM susu dan parachute plastik dan batu. Jajanan ini tersebar di sekolah negeri dan perkampungan. Biasanya dibawa tukang agar-agar atau makanan ringan lainnya'.

Tentu saja informasi ini kemudian bikin resah orangtua. Salah satu pengguna Path, Karmilia Ayu ikut menjelaskan jika jajanan yang berbentuk kotak ini berisi susu bubuk dan kantong karet mirip kondom. Di mana anak-anak yang ingin memakan susu bubuk harus memasukkan susu di dalam kantong karet yang kemudian dikocok dan diminum. Ayu menduga kalau produsen jajanan ini membeli kantong karet bekas.

Sampai sejauh ini, belum dipastikan di mana saja jajan ini beredar. Yang jelas, anak-anak SD yang belum dibekali pendidikan seksual tentu akan penasaran dan salah arah dengan jajanan mesum ini. Apalagi jika memang benar menggunakan kantong karet mirip kondom bekas, jajanan itu sudah pasti berbahaya bagi kesehatan anak-anak generasi penerus bangsa.

Sungguh, semoga saja pihak produsen segera bisa ditemukan dan memberikan penjelasan mengapa membuat jajanan seperti ini. Bagaimana menurutmu?

(kpl/aia)

Editor:

Arai Amelya



MORE STORIES




REKOMENDASI