[Foto] Kritik Atas Kebiasaan Wanita Sakiti Diri Demi Kecantikan

Rabu, 09 April 2014 06:01 Penulis: Mahardi Eka Putra
[Foto] Kritik Atas Kebiasaan Wanita Sakiti Diri Demi Kecantikan
dok. Jessica Ledwidch.com


Kapanlagi Plus - Tiada hari tanpa mempercantik diri. Para wanita akan melakukan banyak hal untuk terus menjaga penampilan mereka tetap prima dan tanpa cacat. Berbagai hal seperti waxing, spa, manikur dan pedikur akan dilakukan demi kecantikan yang diinginkan.

Hal tersebut dipandang salah satu fotografer asal Inggris, Jessica Ledwidch sebagai sesuatu yang aneh. Oleh karenanya ia mewujudkan pendapatnya tersebut lewat beberapa foto yang mengkritik secara keras kebiasan wanita untuk mempercantik diri tersebut.

Ia melihat bahwa usaha mempercantik diri seringkali menyakiti sang wanita itu sendiri. Meski beberapa perawatan kecantikan dirasanya membuat tak nyaman atau menyakitkan, wanita tetap saja melakukan perawatan tersebut.  Ledwich pun ingin bercerita lewat foto-fotonya ini.

Tak perlu kaget melihatnya karena foto-foto tersebut sudah diedit tanpa ada model yang tersakiti.

1. Manikur berdarah-darah

Jessica Ledwidch melihat beberapa prosedur perawatan kecantikan sedikit tidak nyaman baginya. Salah satu yang ia soroti adalah perawatan manikur. Oleh karenanya ia membuat foto satu ini, di mana terlihat seorang wanita sampai rela memotong jarinya demi kesempurnaan kuku-kukunya.

Darah dan juga potongan jari dalam foto ini adalah bentuk ekstrem dari sang fotografer dalam menyoroti kebiasaan atau bahkan candu yang dialami wanita dalam merawat kecantikan kuku mereka. Para wanita rela kesakitan demi tampil bak model.

2. Poles dengan cara apa pun

Beberapa perawatan kecantikan yang dilakukan wanita bisa dikategorikan sangat berbaya. Dari banyak kasus semua itu berhubungan dengan perawatan kulit. Berbagai produk kecantikan sampai perawatan kulit dicari wanita untuk membuat kulit mereka bersih tanpa noda.

Untuk efek dramatisasi, gambar satu ini memperlihatkan seorang wanita sampai rela menggunakan penghalus body mobil untuk menghasilkan kulit yang sempurnya: mulus dan tanpa noda sedikit pun.

3. Pakai high heels itu wajib, meski...

Ada anggapan bahwa wanita yang memakai high heels terlihat lebih cantik dan anggun. Dari segi penampilan memang memakai sepatu high heels bakal membuat seseorang jadi lebih tinggi dan elegan cara berjalannya. Oleh karenanya tak sedikit wanita yang kerap mengenakan high heels demi penampilan yang cantik dan anggun.

Namun juga harus disadari bahwa kebiasaan mengenakan high heels terlalu lama bisa menyebabkan sakit pada kaki dan juga tulang punggung pemakainya. Hal itulah yang ingin disampaikan dalam foto ini. High heels itu setajam pisau, makin sering wanita memakainya makin sering pula kaki mereka tersakiti.

4. Demi eksotisme

Banyak media menyoroti bahwa wanita cantik adalah mereka yang punya kulit putih seperti yang banyak dipamerkan di majalah kecantikan dan mode dunia. Tak jarang wanita berusaha memutihkan diri untuk bisa merasa diri cantik. Akan tetapi beberapa wanita percaya bahwa kulit yang gelap dan hitam juga punya eksotisme tersendiri.

Sama halnya seperti memutihkan kulit, beberapa wanita juga memilih untuk menghitamkan kulit mereka. Paling tidak sampai tingkata coklat eksotis. Dan hal tersebut mereka lakukan dengan "membakar" diri mereka sendiri.

5. Tak masalah rombak sana-sini

Kecantikan itu memang didambakan oleh hampir semua wanita. Yang membedakan wanita satu dengan yang lainnya adalah keinginan mereka untuk mengagungkan kecantikan tersebut.

Beberapa wanita rela merombak wajahnya seperti montir merombak sebuah mesin. Tinggal dibetulkan di beberapa bagian untuk kemudian bisa tampil prima seperti yang diinginkan. Sampai-sampai kecantikan asli sang wanita bisa luntur karenanya.

6. Lemak lemak dan lemak

Lemak adalah musuh para wanita yang paling dihindari. Semakin sedikit lemak yang ada pada tubuh, maka semakin wanita tersebut merasa nyaman. Sedangkan untuk bagian tubuh tertentu, lemak justru dibutuhkan, supaya membuat bagian tubuh tersebut menjadi semakin menarik dan seksi.

Seandainya para wanita dipermudah untuk memindah lemak dengan alat sederhana, foto di atas menjadi gambarannya.

7. Kecantikan palsu

Sering wanita terjebak pada kecantikan yang dijadikan standar oleh masyarakat di sekitarnya sehingga ia memilih untuk mendandani dirinya seperti apa yang diinginkan oleh lingkungannya. Oleh karenanya tak jarang kecantikan yang dipakai semata "topeng" dari wajah aslinya.

Percayalah pada kecantikan yang kamu miliki saat ini. Jangan sampai terjebak untuk meniru kecantikan yang bukan milikmu.

(dai/dka)



MORE STORIES




REKOMENDASI