FOTO: Pahlawan Olimpiade 2016 Diarak Bikin Heboh Jakarta

Rabu, 24 Agustus 2016 10:48 Penulis: Arai Amelya
FOTO: Pahlawan Olimpiade 2016 Diarak Bikin Heboh Jakarta
© Twitter @SindotrijayaFM

Kapanlagi Plus - Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa-jasa pahlawan mereka. Di era modern ini, pahlawan memang tak harus mereka yang berjuang dengan senjata api di medan perang. Namun mereka yang berjuang di Olimpiade demi harusmnya nama Indonesia juga bisa disebut sebagai pahlawan bangsa.

Hal itulah yang terjadi sejak Selasa (23/8) sore kemarin hingga Rabu (24/8) pagi ini. Penduduk Indonesia tepatnya yang berada di Jakarta tengah heboh menyambut empat atlet hebat Nusantara yang berhasil membawa Indonesia bersinar di Olimpiade Rio 2016. Keempat orang itu adalah pasangan ganda campuran badminton yakni Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir (Owi-Butet) serta dua atlet angkat besi yaitu Sri Wahyuni dan Eko Yuli Irawan.

Saat para atlet dijemput di bandara Soetta © Twitter @SindotrijayaFMSaat para atlet dijemput di bandara Soetta © Twitter @SindotrijayaFM



Seperti yang sudah kamu tahu, Owi-Butet berhasil menyumbangkan medali emas cabang badminton usai mengalahkan pasangan ganda campuran Malaysia di babak final. Hasil Owi-Butet ini mengembalikan tradisi emas badminton Olimpiade setelah absen di Olimpiade London 2008 dan cuma menyumbang medali perak. Sementara Sri membuka kontingen Indonesia meraih medali di Olimpiade Rio 2016 lewat angkat besi putri kelas 48 kg. Lalu Eko memberi tambahan perak lewat angkat besi putra kelas 62 kg.

Usai Olimpiade Rio resmi ditutup pada Minggu (21/8) kemarin, kontingen Indonesia pun pulang. Bisa ditebak, saat tiba di bandara Soekarno-Hatta hari Selasa (23/8) sore, para pahlawan olahraga ini langsung diarak hingga gedung Kemenpora RI. Dan hari Rabu (24/8) pagi, keempat atlet hebat ini dibawa menuju Istana Negara untuk berjumpa Presiden Jokowi.

Wajah keempat peraih medali Olimpiade Rio 2016 © Twitter ‏@bucheonpride Wajah keempat peraih medali Olimpiade Rio 2016 © Twitter ‏@bucheonpride



Disiarkan oleh beberapa stasiun TV swasta, keempat peraih medali Olimpiade itu menaiki bus bandros di sepanjang jalanan utama Jakarta. Dari foto-foto yang beredar, warga di sekitar jalur yang dilewati pun tak henti-hentinya berteriak memanggil Owi, Butet, Sri dan Eko. Tak mau kalah, netizens pun meramaikan jejaring sosial dengan topik #ParadePahlawanOlahraga, membuktikan bahwa apresiasi rakyat Indonesia kepada atlet-atlet luar biasa mereka sudah semakin besar.

Sekali lagi, terimakasih untuk Owi, Butet, Sri dan Eko! Semoga di Olimpiade Tokyo 2020 nanti, semakin banyak pahlawan olahraga yang mampu mengharumkan nama Indonesia.

(kpl/aia)

Editor:

Arai Amelya



MORE STORIES




REKOMENDASI