[FOTO] Pose di Bangkai AirAsia, Polisi & TNI Panen Hujatan

Selasa, 13 Januari 2015 13:06 Penulis: Arai Amelya
[FOTO] Pose di Bangkai AirAsia, Polisi & TNI Panen Hujatan
AirAsia ©RakyatTimes

Kapanlagi Plus - Jatuhnya pesawat AirAsia QZ8501 pada 28 Desember 2014 lalu memang menjadi sebuah duka mendalam bagi dunia penerbangan. Tak hanya di Indonesia, seluruh dunia juga mengungkapkan duka kepada seluruh keluarga korban pesawat yang membawa 162 orang itu.

Hampir tiga minggu semenjak pesawat itu dipastikan jatuh di perairan Pangkalanbun, tim BASARNAS pun satu-persatu mulai menguak misteri. Tercatat puluhan jenazah sudah diangkat dari lautan dan menjalani proses identifikasi. Bahkan terbaru, si kotak hitam yang memuat FDR (Flight Data Recorder) dan CVR (Cockpit Voice Recorder) disebut telah ditemukan.

Salah satu keberhasilan lain adalah Kopaska, salah satu bagian anggota TNI yang menyelam di lautan Jawa berhasil menemukan sekaligus mengangkat serpihan ekor pesawat nahas itu. Namun di sela kebahagiaan anggota Kopaska yang pangkatnya langsung dinaikkan oleh Panglima TNI, Jenderal Moeldoko itu, ada sebuah aksi yang dianggap mencoreng keberhasilan Indonesia.

Foto anggota TNI ini tersebar di Getty Images via ©MerdekaFoto anggota TNI ini tersebar di Getty Images via ©Merdeka

Sebuah foto tersebar di media asing yang langsung menuai kecaman. Mirror melaporkan bahwa kala serpihan pesawat QZ8501 itu berada di kapal evakuasi, ada personel TNI yang tengah berpose di depan serpihan pesawat sambil tersenyum lebar. Tak cuma anggota TNI, beberapa anggota Polri juga berfoto di puing pesawat itu.

Anggota polisi yang berpose di depan bangkai QZ8501, foto diambil jurnalis ANTARA via ©MerdekaAnggota polisi yang berpose di depan bangkai QZ8501, foto diambil jurnalis ANTARA via ©Merdeka

Dengan segera foto-foto narsis yang dianggap tak pantas itu langsung dinilai negatif. Media global penyedia foto, Getty Images bahkan dengan berani menulis 'Tak pantas: Seorang pria berpose di depan puing AirAsia QZ801)'. Banyak yang menyayangkan bahwa anggota TNI dan Polri melakukan pose di depan puing QZ8501 karena dianggap bisa melukai perasaan keluarga korban yang kini masih banyak belum mengetahui kondisi keluarga mereka.

Nah, kalau kamu apa pendapatmu soal aksi narsis anggota TNI dan Polri di depan puing QZ8501 itu?

(mdk/aia)

Editor:

Arai Amelya



MORE STORIES




REKOMENDASI