FOTO: Susi Pudjiastuti, Kartini Modern Dengan Kaki Bertato

Kamis, 21 April 2016 14:48 Penulis: Arai Amelya
FOTO: Susi Pudjiastuti, Kartini Modern Dengan Kaki Bertato
Susi Pudjiastuti

Kapanlagi Plus - Pada hari Kamis (21/4) ini tentunya lagu Kartini jadi tembang yang paling dinyanyikan sebagai perayaan hari lahir sang tokoh Emansipasi perempuan. 112 tahun semenjak Kartini berpulang, bagaimana sosok perempuan Indonesia? Seandainya masih hidup, perempuan kelahiran Jepara itu mungkin bisa bangga. Saat ini perempuan Indonesia sudah bisa bersekolah tinggi hingga melakukan pekerjaan seperti kaum pria seperti guru, profesor, dokter, pemimpin perusahaan, menteri, hingga Presiden Indonesia.

Bicara soal pejabat negara, selain tentunya mantan Presiden Megawati Soekarno Putri, dalam beberapa tahun ini muncul perempuan yang begitu eksentrik. Dialah Menteri Kelautan dan Perikanan dari Kabinet Kerja, Susi Pudjiastuti. Apakah bu Susi layak disebut Kartini? Apakah Susi memiliki penampilan khas perempuan yang berbaju sopan, tutur kata lembut dan perilaku anggun?

Lahir di Pangandaran, perempuan berusia 51 tahun itu membuktikan kalau seorang perempuan bisa jadi apapun yang dia mau asal berani bermimpi dan berusaha. Putus sekolah saat kelas 2 SMA, Susi mungkin adalah satu-satunya Menteri di pemerintahan modern Indonesia yang cuma lulusan SMP. Namun apakah Susi sosok yang tak berpendidikan? Tidak. Bu Susi membuktikan kalau belajar bisa di mana saja. Meski tak bermodal gelar sarjana, Susi adalah salah satu Menteri yang mampu berbicara bahasa Inggris dengan lancar.

Putus sekolah, Susi menjual perhiasan dan meraih modal Rp 750 ribu untuk jadi pengepul ikan di Pangandaran. Usaha keras memang tak pernah bohong, bisnis Susi berkembang dan dia mendirikan pabrik pengolahan di tahun 1996. Tahun berlalu, bisnis PT ASI Pudjiastuti Marine Product meluas hingga ke pasar Asia dan Amerika. Susi memulai cikal bakal bisnis penerbangan demi mengantarkan produk hasil lautnya yang ternyata di kemudian hari malah jadi maskapai penerbangan perintis, Susi Air.

Dan yang paling sering disorot adalah soal tato di betis kaki kanannya. Kalau menurutmu itu hanya tato biasa, maka itu salah besar karena tato Susi bergambar burung Phoenix. Jika kamu tak tahu, Phoenix adalah burung api dari mitologi Mesir kuno yang disebut sebagai burung abadi. Karena Phoenix hanya bisa mati dari api yang membuatnya tubuhnya jadi abu, dan dari abu itu pula sang Phoenix terlahir kembali, terus-menerus.

Susi memang hanya satu dari segelintir perempuan Indonesia yang sukses menunjukkan bahwa mereka mampu. Kartini modern tak lagi perempuan bersanggul yang memakai kebaya dan duduk menuliskan pemikirannya. Kartini saat ini adalah perempuan yang mampu bekerja dengan cerdas serta ikhlas menggunakan hati. Lepas dari penampilan, pendidikan dan latar belakang keluarga, kalau kamu adalah perempuan yang sukses mewujudkan impian dan tetap menjaga martabat sebagai perempuan, maka kamu layak disebut sebagai Kartini. Selamat hari Kartini wahai perempuan Indonesia!

(kpl/aia)

Editor:

Arai Amelya



MORE STORIES




REKOMENDASI