Kisah Arwah Penasaran Dibalik Legenda "Si Manis Jembatan Ancol"

Bagi yang lahir di era 90'an pasti sudah tak asing lagi dengan film "Si Manis Jembatan Ancol". Film yang rilis pada tahun 1993 ini dibintangi oleh Diah Permatasari dan Ozy Syahputra. Namun, untuk season keduanya, pemeran utama Mariam digantikan oleh Kiki Fatmala. Film ini berkisah mengenai petualangan Mariam (Diah Permatasari) dan sahabatnya sesama makhluk halus, Karina (Ozy Syahputra). Mereka berdua adalah penghuni jembatan ancol, walaupun sering kali jahil namun mereka kerap membantu orang bahkan hantu lain yang gentayangan.

Film SI MANIS JEMBATAN ANCOL merupakan salah satu film Indonesia yang sarat akan makna, meskipun dibumbui oleh adegan mistis dan komedi, setiap akhir adegan, film ini selalu membawa pesan moral tersendiri. Akibat hype film tersebut yang begitu tinggi pada masanya, sebentar lagi akan ditayangkan versi terbarunya. Yup, SI MANIS JEMBATAN ANCOL akan direboot dengan judul ADA SI MANIS DI JEMBATAN. Kali ini sosok cantik Dewi Perssik akan membintangi sinetron yang segera tayang di ANTV tersebut.

Namun, taukah kalian kalau sebenarnya kisah Si Manis Jembatan Ancol yang melegenda ini diangkat dari urban legend Betawi? Ternyata, kisah Mariam sendiri terinspirasi dari cerita mistis masyarakat sekitar Jembatan Ancol. Berikut kisahnya...

Jum'at, 20 Oktober 2017 11:23 Penulis: Tyssa Madelina

Pada tahun 1960an, ada suatu kisah disaat daerah Ancol masih berupa empang (tambak). Kisah ini diceritakan oleh pendayung perahu yang mengaku pernah bertemu dengan hantu Si Manis. Perempuan tersebut naik perahu malam-malam dan membayarnya dengan seutas daun.


Hak Cipta: Wisata Horor Indonesia/cvn
2/8



MOST POPULAR