Fotografer Satu Ini Dilarang Masuk Korea Utara Lagi Karena ..

Kamis, 15 Desember 2016 13:10 Penulis: Agista Rully
Fotografer Satu Ini Dilarang Masuk Korea Utara Lagi Karena ..
express.co.uk

Kapanlagi Plus - Masuk ke Korea Utara memang susah-susah gampang, apalagi keluar dari sana hidup-hidup. Eits, sebetulnya tidak seseram itu sih. Tapi memang peraturan Korea Utara terhadap turis asing sangatlah ketat. Turis tak bisa sembarangan mengambil foto atau melakukan hal-hal yang biasa dilakukan di negaranya.

Apa jadinya kalau peraturan tersebut dilanggar? Seseorang tidak akan diperbolehkan masuk ke Korea Utara. Mungkin bagi orang biasa hal tersebut biasa saja dan bahkan tidak berpengaruh. Berbeda lagi dengan orang-orang yang memang memiliki jiwa petualang dan memiliki keperluan diplomatis khusus dengan negara yang dipimpin Kim Jong Un tersebut.

Entah nasib fotografer ini beruntung atau justru malang. Karena mengunggah foto tentara Korea Utara yang sedang tidur, fotografer bernama Eric Lafforgue dilarang kembali ke Korea Utara. Alasannya agak menggelikan ya?

Dengan caption sederhana, Dengan caption sederhana,

Meski terdengar menggelikan dan foto yang diunggahnya begitu sederhana, ternyata fotografer tersebut memang telah melanggar salah satu aturan yang diperuntukkan khusus bagi turis Korea Utara. Apapun namanya, melanggar peraturan tetaplah melanggar peraturan bukan?

Di Korea Utara, terdapat larangan mengambil foto tentara Korea Utara baik ketika mereka sedang bertugas atau sedang bersantai. Pengambilan foto tentara yang bersantai terutama dianggap akan merusak citra tentara Korea Utara sebagai tentara terkuat di dunia. Kim Jong Un tidak mau dong pasukannya diremehkan.

Akibat dari menyebarnya foto sederhana tersebut, fotografer yang telah berkunjung 6 kali ke Korea Utara ini harus menerima konsekuensinya. Ya, Eric Lafforgue tak akan pernah lagi bisa mengunjungi Korea Utara untuk mengungkap kehidupan sehari-hari masyarakat di sana hingga 52 tahun ke depan. Kasihan tidak?

(kpl/mir/agt)

Editor:

Agista Rully



MORE STORIES




REKOMENDASI