Geger, 17 Mahasiswa IPB Mendadak Terjangkit Hepatitis A Massal

Selasa, 15 Desember 2015 17:55 Penulis: Lusi Vita
Geger, 17 Mahasiswa IPB Mendadak Terjangkit Hepatitis A Massal
Inilah kampus tempat belajar mahasiswa IPB yang mendadak terjangkit Hepatitis A ©Merdeka.com

Kapanlagi Plus - Saat ini di negara kita memang sedang mengalami musim pancaroba. Di mana, situasi ini bisa membuat kondisi tubuh kita jadi lebih mudah terserang penyakit. Apalagi penyakit yang dibawa musim seperti ini tidak hanya sakit flu atau demam saja. Melainkan penyakit-penyakit lain seperti Tifus, Demam Berdarah atau bahkan Hepatitis A.

Berbicara soal penyakit yang membutuhkan penanganan cepat tersebut. Baru-baru ini, sekitar 17 mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) yang tinggal di asrama atau kost sekitar kampus IPB Dramaga mendadak terserang penyakit Hepatitis A secara massal. Sehingga, ke-17 orang itu harus dirawat intensif di Rumah Sakit Karya Bhakti Pertiwi.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Merdeka.com menyebutkan kalau penderita penyakit yang mudah menyebar itu semakin bertambah selama kurun waktu dua minggu saja. Bahkan disebutkan bila seorang mahasiswa angkatan 49 Fakultas Kehutanan IPB, Senna, meninggal dunia di Medan setelah diopname selama empat hari di RS Karya Bhakti Pertiwi.

Senna sendiri waktu itu dipulangkan ke kampung halamannya karena tidak memiliki biaya untuk terus menjalani perawatan di Bogor. Menurut salah seorang penderita lainnya bernama Hikam mengatakan pada Merdeka.com kalau gejala awalnya adalah pusing dan mual.

Ilustrasi mahasiswa yang dirawat di rumah sakit ©Xinhuanet.comIlustrasi mahasiswa yang dirawat di rumah sakit ©Xinhuanet.com

"Awalnya mual, demam, mata kuning, pas masuk sini (RS Karya Bhakti Pertiwi) dokter bilang saya kena penyakit hepatitis," kata Hikam pada Merdeka.com di ruang Vanda III/1 Rumah Sakit Karya Bhakti Pertiwi, Dramaga, Kabupaten Bogor, Rabu (9/12).

Sementara itu, Kepala Kantor Hukum, Promosi, dan Humas IPB, Yatri Indah Kusumastuti, membenarkan sejumlah mahasiswa kampus itu dalam dua pekan terakhir banyak yang terserang hepatitis A.

"Memang ada sejumlah mahasiswa IPB yang terkena dan suspect hepatitis A. Untuk jumlah pasti mahasiswa yang terserang, hingga saat ini kita masih melakukan pendataan ulang," kata Yatri saat dikonfirmasi Merdeka.com.

Menurut Yatri, mahasiswa terjangkit hepatitis A berasal dari berbagai program studi dan semester. Namun, sebagian besar yang terjangkit adalah mahasiswa baru IPB yang tinggal di asrama IPB. Yatri melanjutkan untuk mengantisipasi, pihak IPB akan melakukan langkah-langkah dan pencegahan kasus hepatitis A, dengan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor.

"Kami langsung berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota dan Kabupaten Bogor untuk tindak lanjut secara komprehensif," tambah Yatri.

Waduh, semoga tidak ada penambahan penderita lagi dan penyebaran penyakit ini bisa dicegah ya.

(mdk/vit)

Editor:

Lusi Vita



MORE STORIES




REKOMENDASI