Geger, Pabrik Kimia Shandong Yang Meledak Potensi Sebarkan Racun!

Senin, 24 Agustus 2015 09:18 Penulis: Lusi Vita
Geger, Pabrik Kimia Shandong Yang Meledak Potensi Sebarkan Racun!
Ilustrasi Via ©Dailymail

Kapanlagi Plus - Ledakan dan kebakaran yang menimpa sebuah pabrik kimia yang terletak di kawasan Shandong pada hari Sabtu malam yang lalu meninggalkan kecemasan dan duka sendiri dari warga serta korban. Setidaknya kini telah dilaporkan jumlah korban dalam musibah tersebut.

Yakni ada satu orang korban yang meninggal dan 9 orang lainnya mengalami luka berat. Meski tidak sedahsyat ledakan di Tianjin beberapa minggu lalu. Namun, musibah ledakan dan kebakaran ini terjadi berturut-turut sampai sekitar 3 kali dalam bulan Agustus.

Inilah yang jadi pertanyaan dari seluruh warga di China tersebut. Karena, bencana beruntun yang seolah-olah karena kelalaian dari manusia ini seperti tidak murni. Sedangkan, kurangnya sikap transparan yang dilakukan pemerintah tersebut semakin membuat geram masyarakat, seperti yang dilansir melalui Shanghaiist.

Inilah musibah ledakan dan kebakaran di salah satu pabrik kimia, Shandong ©ShanghaiistInilah musibah ledakan dan kebakaran di salah satu pabrik kimia, Shandong ©Shanghaiist

Apalagi, bagaimana mungkin kecelakaan beruntun menimpa lokasi dan sasaran yang hampir serupa yakni kalau tidak tempat penyimpanan bahan kimia, industri atau bahkan pabrik bahan kimia. Seperti yang terjadi di Shandong, tempat yang meledak dan terbakar itu diketahui memproduksi zat adiponitrile.

Zat yang bisa digunakan dalam produksi benang nilon untuk produksi tekstil, industri benang, serat, dan engineering plastics ini memang mudah terbakar. Dan ketika bereaksi dengan api, zat ini akan mengeluarkan gas dan cairan beracun.

Sehingga, tak heran juga bila pabrik yang menyimpan banyak tangki yang terbakar ini memakan waktu berjam-jam lamanya saat dipadamkan. Apalagi, pabrik ini juga diketahui hanya berjarak sekitar 1 km dari pemukiman penduduk. Di mana banyak rumah yang rusak akibat insiden tersebut. Bagaimana menurutmu tentang kejadian kebakaran dan ledakan yang beruntun di China ini?

(sha/vit)

Editor:

Lusi Vita



MORE STORIES




REKOMENDASI